Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Aspek Membaca Teks Eksplanasi dengan Metode Resitasi untuk Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 9 Surabaya

Authors

  • Dian Rachmawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ervina Rosidah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Sakti Sakti Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32528/bb.v8i1.304

Keywords:

learning outcomes; explanatory texts; recitation method

Abstract

 

 

References

Apriyanni. 2022. Pengaruh Metode Resitasi Dan Model Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V di SD Negeri 76 Kota Bengkulu. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Tadri, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Bintari,Ni Luh Gede Riwan Putri. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasar Kan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Volume 3, Nomor 1.

Darjowidjojo, Soenjono. 1994. Butir-butir Renungan Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing. Makalah disajikan dalam Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing. Salatiga: Univeristas Kristen Satya Wacana.

Degeng, I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP dan IPTDI.

Depdiknas 2007. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Gesrianto A, Jamaluddin. 2017. Analisis Sikap Bahasa dan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Bosowa International School. Jurnal Nalar Pendidikan Volume 5, Nomor 1, Jan-Jun 2017. Hal. 64-73.

Rohmanurmeta, Fauzatul Ma'rufah. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bahastra Vol. 37. No. 1

Rosyida, Fathia. 2018. Pengaruh Kemampuan Membaca dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jpe (Jurnal Pendidikan Edutama) Vol. 5 No. 1.

Sobandi, Rizki. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Pangandaran. Jurnal Diksatrasia Volume 1, Nomor 2.

Zulhafizh, dkk. 2013. Kontribusi Sikap Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2.

Published

26-07-2023

How to Cite

Rachmawati, D., Rosidah, E., & Sakti, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Aspek Membaca Teks Eksplanasi dengan Metode Resitasi untuk Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 67–78. https://doi.org/10.32528/bb.v8i1.304