Refleksi Nilai Pengembangan Diri dalam Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat untuk Penguatan Kepribadian Guru

Penulis

  • Rizki Amalia Sholihah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Amin Tohari

DOI:

https://doi.org/10.32528/bb.v10i1.3059

Kata Kunci:

pengembangan diri, guru, kepribadian guru, seni bersikap bodo amat, Mark Manson

Abstrak

Penelitian ini membahas pengembangan kompetensi kepribadian guru berdasarkan nilai pengembangan diri dari buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson. Latar belakang kajian ini adalah pentingnya pengembangan kompetensi guru, khususnya kompetensi kepribadian, yang menjadi salah satu aspek utama dalam profesi pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pengembangan diri dalam buku tersebut dapat diterapkan untuk meningkatkan kompetensi kepribadian guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka dengan metode analisis konten. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan dianalisis secara sistematis dengan mengidentifikasi, mengelompokkan, dan menyusun ulang pembahasan dari berbagai sub bab untuk menghasilkan pembahasan baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kompetensi kepribadian guru merupakan kebutuhan mendasar. Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi ini adalah melalui pembelajaran dari buku motivasi. Buku karya Mark Manson ini menawarkan nilai-nilai pengembangan diri yang dapat menjadi referensi bagi guru dalam meningkatkan kompetensi kepribadiannya. Nilai-nilai utama yang dirangkum dari buku tersebut adalah kesadaran diri, penerimaan diri, dan pengembangan diri. Nilai-nilai tersebut kemudian diterapkan dalam konteks pendidikan yaitu kesadaran diri sebagai pendidik yaitu guru perlu memahami peran, tanggung jawab, dan dampak mereka terhadap siswa. Kemudian penerimaan diri sebagai pendidik yaitu guru harus menerima kekurangan dan kelebihan diri untuk menciptakan kepercayaan diri yang sehat. Lalu pengembangan diri yaitu guru perlu terus belajar dan beradaptasi untuk meningkatkan kualitas pribadi dan profesionalnya. Dengan penerapan nilai-nilai ini, guru dapat memperkuat kompetensi kepribadian mereka, yang berdampak positif pada kualitas pendidikan.

Referensi

Abdulrois, M. (2022). Aspek Spiritualitas dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Babad Ponorogo Karya Purwowijoyo dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Adzani, C., & Sukendro, G. G. (2020). Representasi Konsep Diri Remaja Perempuan Pembaca Buku “Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat” dari Mark Manson. Koneksi, 4(2), 200–206.

Andrean, A. M., & Sudaryanto, M. (2024). Nilai-nilai Kehidupan dalam Buku “Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat” Karya Mark Manson. Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa, 2(1). http://conference.fib.unsoed.ac.id/ojs/index.php/kokadoma/article/view/305

Anitimo, S. S., Muda, L., & Datunsolang, R. (2024). Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Melalui Metode PJBL (Project Based Learning) Pada Mata Pelajaran Prakarya. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 287–299.

Izza’aturrohman, M., & Sufanti, M. (2021). Nilai Didaktis Dalam Buku Non Fiksi “Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat” Karya Mark Manson Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA [PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/95283

Manson, M. (2016). The Subtle Art of Not Giving a F*ck: A Counterintuitive Approach to Living a Good Life. HarperCollins.

Manson, M. (2022). Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat (A. F. Susanto, Ed.; F. Wicaksono, Penerj.; Cetakan Ketiga). Gramedia.

Muttalib, A., & Zulmaizar, M. M. (2020). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan pada Film Rudy Habibie Karya Hanung Bramantyo Menggunakan Teori Struktural. Journal Peqguruang: Conference Series, 2(2), 270–275. https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruang/article/view/1133

Prastyaningrum, I., & Imansari, N. (2016). Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah teori medan. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 1(2), 56–61.

Rahman, A., Naldi, W., Arifin, A., & Mujahid, F. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Np 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. Analisis Uu Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Dan Implikasinya Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Di Indonesia, 4(1), 98–107.

Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan psikologi proses pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, J. (2013). Guru profesional: Pedoman kinerja, kualifikasi & kompetensi guru. Ar-Ruzz Media.

Ulum, B. B. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat Karya Mark Manson dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam [PhD Thesis, UIN SUNAN KALIJAGAbdulrois, M. (2022). Aspek Spiritualitas dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Babad Ponorogo Karya Purwowijoyo dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Adzani, C., & Sukendro, G. G. (2020). Representasi Konsep Diri Remaja Perempuan Pembaca Buku “Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat” dari Mark Manson. Koneksi, 4(2), 200–206.

Andrean, A. M., & Sudaryanto, M. (2024). Nilai-nilai Kehidupan dalam Buku “Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat” Karya Mark Manson. Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa, 2(1). http://conference.fib.unsoed.ac.id/ojs/index.php/kokadoma/article/view/305

Anitimo, S. S., Muda, L., & Datunsolang, R. (2024). Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Melalui Metode PJBL (Project Based Learning) Pada Mata Pelajaran Prakarya. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 287–299.

Izza’aturrohman, M., & Sufanti, M. (2021). Nilai Didaktis Dalam Buku Non Fiksi “Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat” Karya Mark Manson Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA [PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/95283

Manson, M. (2016). The Subtle Art of Not Giving a F*ck: A Counterintuitive Approach to Living a Good Life. HarperCollins.

Manson, M. (2022). Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat (A. F. Susanto, Ed.; F. Wicaksono, Penerj.; Cetakan Ketiga). Gramedia.

Muttalib, A., & Zulmaizar, M. M. (2020). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan pada Film Rudy Habibie Karya Hanung Bramantyo Menggunakan Teori Struktural. Journal Peqguruang: Conference Series, 2(2), 270–275. https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/peqguruang/article/view/1133

Prastyaningrum, I., & Imansari, N. (2016). Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah teori medan. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 1(2), 56–61.

Rahman, A., Naldi, W., Arifin, A., & Mujahid, F. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Np 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. Analisis Uu Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Dan Implikasinya Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Di Indonesia, 4(1), 98–107.

Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan psikologi proses pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, J. (2013). Guru profesional: Pedoman kinerja, kualifikasi & kompetensi guru. Ar-Ruzz Media.

Ulum, B. B. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat Karya Mark Manson dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam [PhD Thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48517

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2025

Cara Mengutip

Sholihah, R. A., & Tohari, A. (2025). Refleksi Nilai Pengembangan Diri dalam Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat untuk Penguatan Kepribadian Guru . BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 84–97. https://doi.org/10.32528/bb.v10i1.3059