Bahan Ajar Digital Teks Fabel Bermuatan Nilai-Nilai Karakter untuk Siswa SMP/MTs
DOI:
https://doi.org/10.32528/bb.v10i1.3060Kata Kunci:
Bahan Ajar Digital, teks fabel, nilai-nilai karakterAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital teks fabel yang bermuatan nilai-nilai karakter siswa SMP/MTs. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluate). Langkah-langkah penelitian ini terdiri atas, analisis kebutuhan, mendesain bahan ajar digital teks fabel yang bermuatan nilai-nilai karakter, pengembangan bahan ajar digital teks fabel yang bermuatan nilai-nilai karakter, implementasi produk bahan ajar digital teks fabel yang bermuatan nilai-nilai karakter, dan evaluasi bahan ajar digital teks fabel yang bermuatan nilai-nilai karakter. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan data dari hasil kuesioner validasi ahli model pembelajaran, ahli media, praktisi, dan implementasi dalam pembelajaran. Perolehan data dianalisis secara deskriptif analisis dengan menggunakan skala Likert dan uji Paired Sample T-Test. Hasil uji validasi oleh ahli materi memperoleh nilai 2,9; uji validasi oleh ahli media memperoleh nilai 3,2; uji validasi oleh guru bahasa Indonesia memperoleh nilai 3,53; Hasil implementasi bahan ajar digital teks fabel yang bermuatan nilai-nilai karakter untuk siswa SMP/MTs memperoleh respon positif dari siswa dengan memperoleh skor 3,5. Simpulan dari penelitian ini menunjukan secara keseluruhan, penelitian ini membuktikan bahwa pengembangan bahan ajar digital teks fabel bermuatan nilai-nilai karakter mampu menjawab kebutuhan siswa dan memberikan dampak positif terhadap proses dan hasil pembelajaran di SMP/MTs kelas VII
Referensi
Ali, M. (2020). Pe$mbe$lajaran Bahasa Indone$sia Dan Sastra (Basastra) Di Se$kolah Dasar. PE$RNIK : Jurnal Pe$ndidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pe$rnik.v3i2.4839
Alpe$ri, M. (2019). Pe$ran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Me$mpe$rsiapkan Ke$mandirian Be$lajar Pe$se$rta Didik Role$ of Sigil Digital Le$arning Mate$rials in Pre$paring the$ Stude$nts ’ Le$arning Inde$pe$nde$nce$. Jurnal Te$knodik, 23(2), 99–110.
Amir, I., Nursalam, N., & Mustafa, I. (2022). Tantangan Imple$me$ntasi Nilai-Nilai Profil Pe$lajar Pancasila dalam Pe$mbe$lajaran Bahasa Indone$sia pada Kurikulum Me$rde$ka Be$lajar. GHANCARAN: Jurnal Pe$ndidikan Bahasa Dan Sastra Indone$sia, 204–215. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7587
Andriyanti, E$., Sudartinah, T., & Se$tiawan, B. (2023). Me$nulis buku ajar di te$ngah pe$rke$mbangan artificial inte$llige$nce$ (ai). Humanika, 23(2), 167–174. https://doi.org/10.21831/hum.v23i2.66386
Botty, M. (2018). Hubungan Kre$ativitas De$ngan Hasil Be$lajar Siswa Ke$las V Mata Pe$lajaran Bahasa Indone$sia Di Mi Ma’had Islamy Pale$mbang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 41–55. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2265
Darihastining, S., Susilo, J., Hidayat, R., Sulistyowati, H., Maisaroh, S., Chalimah, C., & Faris, A. (2023). Javane$se$ language$ le$arning assistance$ through digital me$dia for te$ache$rs and stude$nts. Diksi, 31(2), 143–154. https://doi.org/10.21831/diksi.v31i2.61570
Farhrohman, O. (2017). Imple$me$ntasi Pe$mbe$lajaran Bahasa Indone$sia di SD/MI. Primary: Jurnal Ke$ilmuan Dan Ke$pe$ndidikan Dasar, 9(1), 23–34.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Mode$l Addie$ (Analysis, De$sign, De$ve$lopme$nt, Imple$me$ntation and E$valuation) Dalam Pe$mbe$lajaran Pe$ndidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pe$ndidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Iye$, R., Kamasiah, & He$ndrawan. (2024). Kajian Studi Pustaka te$ntang Me$tode$ Pe$ngajaran Ce$rita Rakyat dalam Pe$mbe$lajaran di SD. Jurnal Wawasan Sarjana, 3(1), 51–60.
Kiriana, I. N. (2021). Incre$ase$ Stude$nt Le$arning Inte$re$st in Covid-19 with Digital Te$aching Mate$rials. Journal of E$ducation Te$chnology, 5(2), 322. https://doi.org/10.23887/je$t.v5i2.33997
Kusmana, S., Gloriani, Y., & Nurzaman, B. (2023). The$ Ne$e$d for Digital Te$aching Mate$rials of Poe$try Te$xts for Junior High Schools Base$d on the$ Cre$ative$ Proce$ss. Inte$rnational Journal of E$le$me$ntary E$ducation, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.11648/j.ije$e$du.20231201.11
Kusmana, S., Mulyaningsih, I., Suryaman, M., & Se$ptiaji, A. (2021). Pe$nge$mbangan Bahan Ajar Te$ks Fabe$l Be$rmuatan Ke$arifan Lokal Untuk Pe$mbe$lajaran Bahasa Indone$sia (De$ve$lopme$nt Of Fable$s Te$xt Te$aching Mate$rials With Local Authe$nticity For Indone$sian Language$ Le$arning). Sawe$rigading, 27(1), 55–65.
Kusmana, S., & Nurzaman, B. (2021). Bahan Ajar Ce$rita Rakyat se$bagai Pe$rancah Pe$ndidikan Karakte$r (Folklore$ Te$aching Mate$rials as a Characte$r E$ducation Scaffold). Indone$sian Language$ E$ducation and Lite$rature$, 6(2), 351. https://doi.org/10.24235/ile$al.v6i2.8778
Kuswandi, S., Rudiyana, & De$lia Putri, N. (2020). Pe$ne$rapan Pe$nde$katan Konte$kstual Dalam Pe$mbe$lajaran Bahasa Indone$sia Untuk Me$ningkatkan Ke$mampuan Me$nulis Puisi Be$bas Pada Siswa Ke$las V Sd. Jurnal Tahsinia, 2(1), 97–109. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.280
Maisarah, Ayudia, I., Prase$tya, C., & Mulyani. (2023). Analisis Ke$butuhan Me$dia Digital Pada Pe$mbe$lajaran IPA di Se$kolah Dasar. Jurnal Pe$ngajaran Se$kolah Dasar, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.314
Purnasari, P. D., & Sade$wo, Y. D. (2020). Pe$manfaatan Te$knologi Dalam Pe$mbe$lajaran Se$bagai Upaya Pe$ningkatan Kompe$te$snsi Pe$dagogik. Publikasi Pe$ndidikan, 10, 10–31. https://pdfs.se$manticscholar.org/0a56/29e$7a0c1602f5368b5ba7aab6d63c74e$8744.pdf
Saddhono, K., Ridwan, M., Suhe$rman, A., Anwar, K., & Putri, N. Q. H. (2020). The$ De$ve$lopme$nt of Inte$ractive$ E$-book of Te$aching Indone$sian for Spe$ake$r of Othe$r Language$ (TISOL) Containing Local Wisdom with Scie$ntific-The$matic Approach. Journal of Physics: Confe$re$nce$ Se$rie$s, 1573(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1573/1/012002
Sari, Y. D. K., Chamisijatin, L., & Santoso, B. (2019). Pe$ningkatan Ke$te$rampilan Me$mbaca Puisi Siswa Ke$las Iv De$ngan Mode$l De$monstrasi Didukung Me$dia Vide$o Pe$mbe$lajaran Di Sdn 1 Sumbe$rsari Kota Malang. Re$fle$ksi E$dukatika : Jurnal Ilmiah Ke$pe$ndidikan, 9(2). https://doi.org/10.24176/re$.v9i2.3181
Sulistianta, H., Sulistianta, H., Azhar, S., & Nurhidayah, D. (2024). Physical E$ducation Le$arning Me$dia: How Important Is It For The$ Succe$ss Of The$ Le$arning Provide$d? Adv He$alth E$xe$rc, 4(1), 17–24.
Susilo, J., Muliawati, H., Rosmaya, E$., & Rachmawati, U. (2023). Me$tode$ Pe$e$r Te$aching Be$rbasis Le$sson Study dalam Me$ningkatan Kompe$te$nsi Inte$rpe$rsonal Mahasiswa (Le$sson Study-Base$d Pe$e$r Te$aching Me$thods in Improving Stude$nt Inte$rpe$rsonal Compe$te$nce$). Indone$sian Language$ E$ducation and Lite$rature$, 8(2), 347. https://doi.org/10.24235/ile$al.v8i2.11373
Susilo, J., Rohmawati, N., & Haryadi. (2021). Pe$nge$mbangan Pe$nilaian Ote$ntik pada Pe$mbe$lajaran Te$ks E$ksposisi Ke$las XI. Jurnal Tuturan, 10(2), 102–112.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.