Respon Siswa terhadap Pendekatan Whole Language dengan Media Pembelajaran Padlet pada Materi Menulis Nonfiksi
DOI:
https://doi.org/10.32528/bb.v10i1.3067Kata Kunci:
aplikasi padlet, menulis nonfiksi, respon siswa, whole language approachAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon siswa terhadap penerapan pendekatan whole language dengan media interaktif padlet pada materi menulis nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Desain penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif untuk menganalisis angket yang berisi respoon siswa yang melibatkan 25 siswa X KCS dengan 16 pernyataan dan 5 pilihan jawaban. Hasil dari angket tersebut menyatakan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan whole language dengan media padlet memperoleh persentase 82% atau dapat dikatakan memperoleh respon sangat positif dari siswa. Secara keseluruhan diperoleh bahwa penggunaan pendekatan dan media tersebut dapat memotivasi dan menarik minat siswa untuk belajar. Oleh karena itu, seluruh persentase tiap-tiap aspek berada di atas 61% yang artinya pendekatan dan media ini efektif digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia.
Referensi
Alviolita, N. W., & Huda, M. (2019). Media Pop Up Book dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 49. https://doi.org/10.30659/j.7.1.49-57
Arlianti, Pangestika, R. R., & Ngazizah, N. (2021). Analisis Respon dan Keaktifan Peserta Didik terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan Zoom. JuDha_PGSD: Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 94–103.
Febrianti, S., Amin, F. H., & Nawir, N. (2021). Penggunaan Padlet untuk Peningkatan Prestasi Caption Teks Peserta Didik di MAS Annajah Jakarta. Jurnal Pemikikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 29–36.
Fitri, S. W., Wikanengsih, W., & Rostikawati, Y. (2022). Analisis Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Tiktok sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa SMP. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 77–86. https://doi.org/10.22460/parole.v5i1.10781
Hadana, H. S., Utomo, A. P. Y., Sa’adah, N., & Ardyasti, T. (2023). Implementasi Media Canva pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Negosiasi Kelas X SMA Negeri 11 Semarang. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 1(1), 126–142. https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i1.113
Hairina, D. E., Widiyowati, I. I., & Erika, F. (2020). How creativity, autonomy and visual reasoning contribute to cognitive learning in a STEAM hands-on inquiry-based math module. Thinking Skills and Creativity, 29, 153–160. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.07.003
Handayani, W. S. (2022). Penggunaan Padlet dalam Mereviu Buku untuk Meningkatkan Literasi Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 499–520. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.700
Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 59–66. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6182
Ifrida, F., & Huda, M. (2023). Digital Learning of Euphemism and Dysphemism Based on Indonesian Literary Works. Dalam M. H. Hikmat, Y. Sidiq, N. Ishartono, Y. Sulistyono, Patmisari, & Susiati (Ed.), Proceedings of the International Conference on Learning and Advanced Education (ICOLAE 2022) (Vol. 757, hlm. 740–760). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-086-2_65
Inayah, N., Triana, L., & Retnoningrum, D. (2023). Pendekatan Culturally Responsive Teaching Menggunakan Media Game Kahoot pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding SRADA III. Seminar Nasional Literasi dan Pedagogi III, Tegal.
Kohar, D. (2022). Respon Peserta Didik terhadap Model Pembelajaran Berbasis Otak (Mpbo) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 36–51. https://doi.org/10.33369/diksa.v8i1.22656
Kuswandi, S., Rudiyana, & Delia Putri, N. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Tahsinia, 2(1), 97–109. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.280
Nurfitriany, A., Mustika, I., & Suhara, A. M. (2022). Tanggapan Siswa terhadap Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif secara Daring Dengan Berbantuan Google Classroom. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(4), 243–252. https://doi.org/10.22460/p.v5i4p243-252.11126
Rohmah, R. D., Mustikawati, M., Huda, M., & Syaadah, H. (2022). Identifikasi Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19422
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wicayanti, N., & Huda, M. (2022). Relevansi Strategi dan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Daring di Kelas XII SMA Islam Karangrayung. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 61. https://doi.org/10.29300/disastra.v4i1.5082
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.