Penerapan Metode Field Trip Melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Penulisan Teks Laporan Hasil Observasi di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32528/bb.v7i1.5Kata Kunci:
menulis, teks laporan hasil observasi, google classroomAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode field trip melalui diskusi daring Google Classroom. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan tes pada teknik pengumpulan datanya. Objek penelitian ini sejumlah 20 siswa SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 85. Siswa dapat menulis laporan hasil observasi secara lengkap sesuai struktur teks. Akan tetapi, dalam penulisan struktur tersebut, masih terdapat beberapa siswa yang memiliki kendala dalam menyebutkan simpulan dan definisi umum. Kendala tersebut menunjukkan bahwa perlu peningkatan kemampuan pengembangan paragraf berdasarkan objek yang diamati. Selain itu juga ditemukan kecenderungan menulis judul sama dengan objek pengamatan atau tema.
Referensi
Akhadiah, S. (2012). Pembinaan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Alwasilah, A. (2005). Pokoknya Menulis. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Atikah, R., Prihatin, R., Hernayati, H., & MIsbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 16. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/988
Hammi, Z. (2017). Implementasi Google Classroom pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Tesis Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/31039/
Ismawati, E. (2010). Perencanaan Pengajaran Bahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Kemendikbud. (2013). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kosasih. (2016). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurhikma, A. (2018). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Makassar. Makassar: Artikel Skripsi tidak Diterbitkan, http://eprints.unm.ac.id/9428/1/3.ArtIikel%20AMALIA.pdf.
Putri, A., Yulistio, D., & Utomo, P. (2021). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah Korpus, 50. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/view/13449/7618
Riduwan. (2008). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Roesiayah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rosidah, A. (2020, Maret Rabu). Publikasi Artikel: LPMP Provinsi DKI Jakarta. Diambil kembali dari LPMP Provinsi DKI Jakarta: https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-google-classroom-untuk-pembelajaran-online/
Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Suherli. (2017). Buku Teks Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
Sulistyorini, L., & Anistyasari, Y. (2020). Studi Literatur Analisis Kelebihan dan Kekurangan LMS terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK. IT-EDU, 179. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36692
Suri, M., & Nelliraharti, N. (2020). Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education Science (JES), 171-172. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/1231
Yulia, W. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Metode Field Trip. Jurnal Ilmiah Diksatrasia, 349. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/view/642
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.