Implementasi Budaya Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bagi Pemelajar BIPA Level 2

Penulis

  • Kholifatul Husna Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Khaerunnisa Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32528/bb.v7i1.8

Kata Kunci:

pembelajaran keterampilan berbicara, budaya, BIPA level 2

Abstrak

Program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) memberikan kesempatan pada orang asing untuk mempelajari bahasa Indonesia sebagai pintu gerbang untuk mengenal Indonesia lebih dalam lagi. Kebudayaan yang hidup dalam masyarakat setempat memberi kesempatan bagi orang asing untuk melihat dan memahami kekayaan budaya Indonesia yang beragam. Dengan semakin banyaknya orang asing mengunakan bahasa Indonesia, semakin terbuka kesempatan bagi bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa internasional. Strategi kebudayaan yang dapat dilakukan dalam mengenalkan Indonesia dalam pembelajaran BIPA Level 2 adalah melalui penerapan budaya yang menjadi ujung tombak dari kebudayaan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) pengimplementasi budaya dalam pembelajaran keterampilan berbicara bagi pemelajar BIPA Level 2; (2) kendala yang dialami dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada pemelajar BIPA Level 2; (3) upaya mengatasi kendala pembelajaran keterampilan berbicara pada pemelajar BIPA Level 2. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode proses dan teknik purposive (selektif/sengaja) dalam melakukan pengambilan sample. Teknik pengambilan data yang diterapkan, yaitu (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) analisis dokumen. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) penerapan budaya dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada pemelajar BIPA Level 2 berjalan dengan baik, (2) kendala-kendala dalam pembelajaraan keterampilan berbicara pada pemelajar BIPA Level 2 dapat dibedakan kedalam empat sumber kesulitan, yaitu: (a) peserta didik yang sangat heterogen baik dari sisi budaya kemampuan, dan karaktermenyulitkan para pengajar untuk menyampaikan materi secara seimbang, (b) budaya pemelajar yang masih belum dapat menyesuaikan dengan budaya di Indonesia, (c) minat dan motivasi pemelajar yang masih kurang dalam mempelajari bahasa Indonesia, dan (d) penguasaan bahasa Indonesia yang dimilikioleh para pemelajar sangat beragam. (3) upaya mengatasi kendala-kendala tersebut, yaitu dengan (a) membuat variasi pada model dan materi pembelajaran, (b) memberikan materi yang bersinggungan dengan budaya-budaya di Indonesia, (c) memberikan motivasi pada pemelajar secara intens.

Referensi

Aitchison, J. (2003). Teach Yourself Linguistics. McGraw Hill, 3, 306.

Junaidi, F., Andhira, R., Mustopa, E., S-, M., & Belakang, L. (2017). Implementasi pembelajaran bipa berbasis budaya sebagai strategi menghadapi mea. The 1st education and language International Conference, 317–324.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2021). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dalam Jaringan.

Ningrum, R. K., Waluyo, H. J., & Winarni, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai upaya internasionalisasi universitas di indonesia. The 1st Education and Language International Conference Proceedings, 726–732. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1294

Nur, M. A. R. (2019). Bipa Sebagai Strategi Kebudayaan Dan Implementasinya Dalam Metode Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. DIKSI Universitas Negeri Yogyakarta, 11(1), 91–116.

Pengembangan Bahasa, B., Perbukuan, D., Pendidikan, K., Kebudayaan, D., Diperdagangkan, T., Indonesia, S., Diplomasi, B., Indonesia Bagi Penutur, B., & Bipa, A. (2019). Republik Indonesia MILIK NEGARA.

Rohimah. (2018). Dya Fatkhiyatur Rohimah. Jurnal Humaniora, 2(2), 199–211.

Sulaeman, A., & Dwihudhana, W. (2019). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) pada Mahasiswa Semester 7 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 2(1), 59–70. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i1.327

Tomalin dan Stempleski, 1993. (2017). Aspek Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global, 0812178003, 55–70.

Widianto, E. (2016). Pilihan Bahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 124–135.

Diterbitkan

08-03-2022

Cara Mengutip

Husna, K. ., & Khaerunnisa. (2022). Implementasi Budaya Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bagi Pemelajar BIPA Level 2. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 39–54. https://doi.org/10.32528/bb.v7i1.8