Penerapan Tampilan Aplikasi Pemesanan Restaurant ‘Bookresv‘ Untuk Meningkatkan Pengalaman Fine Dining

Authors

  • Yunian Rafi Hidayat Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32528/justindo.v9i2.1433

Keywords:

pengalaman, pelanggan, kepuasan pelanggan, fine dining

Abstract

Penelitian ini mendalami pengembangan aplikasi "Bookresv" untuk pemesanan restoran dengan pendekatan eksplanatori dan deskriptif, menggunakan metode Design Thinking. Dalam fase Empathy, penelitian merinci pemahaman mendalam terkait kebutuhan dan permasalahan pengguna melalui wawancara dan analisis user persona. Tahap Define menghasilkan user persona dan journey map, yang menjadi dasar bagi ide-ide kreatif pada fase Ideate. Dalam fase Prototype, desain UI dibuat dengan brand guidelines, color palette, typography, user flow, dan wireframe untuk menghasilkan tampilan aplikasi dari low fidelity hingga high fidelity. Usability Testing dilakukan untuk memastikan keberhasilan, kegunaan, dan efektivitas penggunaan aplikasi "Bookresv." Hasilnya, aplikasi mendapatkan skor rata-rata 91 dalam System Usability Scale (SUS), kategori "Good." Meskipun responden memberikan umpan balik positif terkait kemudahan penggunaan dan kegunaan aplikasi, terdapat beberapa catatan, seperti kesulitan menekan tombol dan kebutuhan optimalisasi fitur. Secara keseluruhan, penelitian ini menggarisbawahi potensi "Bookresv" untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam pengalaman pemesanan restoran online. Rekomendasi perbaikan dari hasil pengujian usability dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan selanjutnya.

References

Felix, A., & Rembulan, G. D. (2023). Analysis of Key Factors for Improved Customer Experience, Engagement, and Loyalty in the E-Commerce Industry in Indonesia. *Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT)*, 5(2sp), 196–208.

Kedah, Z. (2023). Use of E-Commerce in The World of Business. *Startupreneur Bisnis Digital (SABDA)*, 2(1). doi: 10.34306/sabda.v2i1.273.

Lutfiani, N., Sunarya, P. A., Millah, S., & Aulia Anjani, S. (2022). Penerapan Gamifikasi Blockchain dalam Pendidikan iLearning. *Technomedia Journal*, 7(3), 399–407. doi: 10.33050/tmj.v7i3.1958.

Meilinda, V., Anjani, S. A., & Ridwan, M. (2023). A Platform-Based Business Revolution Activates Indonesia’s Digital Economy. *Startupreneur Business Digital (SABDA Journal)*, 2(2), 155–174.

Mentayani, N. P. A., Satwika, I. P., Pramesti Dwi Putri, I. G. A., Paramitha, A. A. I. I. I., & Tiawan, T. (2022). Analisis Dan Perancangan User Interface Sistem Informasi Pembayaran Mahasiswa STMIK Primakara Berbasis Web. *Technomedia Journal*, 7(1), 78–89. doi: 10.33050/tmj.v7i1.1850.

Method,” in Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing, 2020. doi: 10.1088/1742- 6596/1477/2/022022.

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). *Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen)*, 7(1), 43–53.

Prawira, M., Sukmana, H. T., Amrizal, V., & Rahardja, U. (n.d.). A Prototype of Android-Based Emergency Management Application. [Online]. Available: https://maps.googleapis.com/maps/api/distancematrix/js

Rahardja, U. (2023). The Economic Impact of Cryptocurrencies in Indonesia. *ADI Journal on Recent Innovation (AJRI)*, 4(2), 194–200. doi: 10.34306/ajri.v4i2.869.

Rahardja, U., Hongsuchon, T., Hariguna, T., & Ruangkanjanases, A. (2021). Understanding impact sustainable intention of s-commerce activities: The role of customer experiences, perceived value, and mediation of relationship quality. *Sustainability (Switzerland)*, 13(20). doi: 10.3390/su132011492.

Rowena, J., Wilujeng, F. R., & Rembulan, G. D. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dalam Menciptakan Kepuasan Publik di Kantor Pelayanan Publik, Jakarta Utara. *JIEMS (Journal of Industrial Engineering and Management Systems)*, 13(1).

Sudaryono, Rahardja, U., & Masaeni. (2020). Decision Support System for Ranking of Students in Learning Management System (LMS) Activities using Analytical Hierarchy Process (AHP) Method. In *Journal of Physics: Conference Series*. Institute of Physics Publishing. doi: 10.1088/1742-6596/1477/2/022022.

Sudrartono, T. (2020). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Perkembangan Ukm Di Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Bandung. *Eco-Iqtishodi: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah*, 2(1), 59–74.

Zebua, S., & Chakim, M. H. R. (2023). Effect of Human Resources Quality, Performance Evaluation, and Incentives on Employee Productivity at Raharja High School. *APTISI Transactions on Management (ATM)*, 7.

Published

2024-08-01

Issue

Section

Articles