Implementasi Lean UX pada Perancangan Desain UI/UX Aplikasi E-Commerce SuperIndo Berbasis Web

Authors

  • Aaqilah Hanna Qoonitah Universitas Gadjah Mada
  • Firma Syahrian Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.32528/justindo.v10i1.2599

Keywords:

UI/UX, Usability Testing, UEQ, Heuristic Evaluation, Completion Rate

Abstract

Kehadiran e-commerce merupakan salah satu indikasi dari perkembangan teknologi. Mahkota Taiwan Co., LTD melakukan pengembangan sistem terintegrasi bernama SuperIndo yang digunakan untuk mempermudah proses bisnis dan memperluas jangkauan pemasaran. Dalam melakukan perancangan sistem, diperlukan desain atau tampilan yang menarik untuk merepresentasikan identitas perusahaan guna meningkatkan citra merk dan menarik pengguna sehingga berpotensi menjadi pelanggan. Pada proses perancangannya melibatkan metode Lean UX dan dilanjutkan dengan pengujian Usability Testing, pengukuran menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),  dan perhitungan Completion Rate yang dilakukan kepada 30 user tester untuk mengukur  aspek Efficiency (Efisiensi) dan Satisfication (Kepuasan) dalam dua kali iterasi. Heuristic Evaluation dilakukan bersama evaluator profesional untuk melakukan evaluasi dan memberikan penilaian terhadap rancangan sistem dengan menggunakan Heuristic Evaluation Questionnaire (HEQ). Hasil dari proyek akhir ini berupa rancangan sistem aplikasi e-commerce berbasis website untuk pelanggan dalam bentuk prototype. Hasil pengujian sistem memperoleh peningkatan nilai MAUS pada iterasi kedua sebanyak 4.71%, peningkatan pada seluruh variabel UEQ, dan peningkatan Completion Rate sebesar 0.3%. Harapan dari perancangan desain atau tampilan sistem ini adalah dapat diimplementasi dalam pengembangan sistem untuk mempermudah proses bisnis, memperluas jangkauan pemasaran, dan meningkatkan citra merk perusahaan, sedangkan untuk pengguna adalah mempermudah akses dan proses untuk melakukan pembelian produk dari perusahaan tersebut.

References

Jain, V., Malviya, B., & Arya, S. (2021). An Overview of Electronic Commerce (e-Commerce). Journal of Contemporary Issues in Business and Government, 27(3). https://doi.org/10.47750/cibg.2021.27.03.090

Kelana, N. M., & Heroza, R. I. (2022). Implementation of Design Thinking Methods in Information Systems Academic Guidance at the Information Systems Department Faculty of Computer Science Sriwijaya University. Jurnal Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA), 6(1), 1–8. https://doi.org/10.34012/jurnalsisteminformasidanilmukomputer.v6i1.2797

Malik, R. A., & Frimadani, M. R. (2022). UI/UX Analysis and Design Development of Less-ON Digital Startup Prototype by Using Lean UX. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 6(6), 958–965. https://doi.org/10.29207/resti.v6i6.4454

Pratama, W. S. A., & Indriyanti, A. D. (2023). Perancangan Design UI/UX E-Commerce TRINITY Berbasis Website Dengan Pendekatan Design Thinking. JEISBI, 04(01).

Rahmi, R., Made, I., Pradnyana, A., Windu, M., & Kesiman, A. (2019). USABILITY TESTING BERBASIS ISO 9241-11 PADA APLIKASI SALAK BALI (STUDI KASUS : POLRES BULELENG). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(3).

Ramos-Vega, M. C., Palma-Morales, V. M., Pérez-Marín, D., & M. Moguerza, J. (2021). Stimulating children’s engagement with an educational serious videogame using Lean UX co-design. Entertainment Computing, 38, 100405. https://doi.org/10.1016/J.ENTCOM.2021.100405

Santoso, H. B., Schrepp, M., Yugo Kartono Isal, R., Utomo, A. Y., & Priyogi, B. (2016). Measuring user experience of the student-centered E-learning environment. Journal of Educators Online, 13(1), 1–79.

Schrepp, M. (2023). User Experience Questionnaire Handbook. URL: Https://Www. Researchgate. Net/Publication/303880829{_}User{_}Experience{_}Questionnaire{_}Handbook{_}Version{_}2.(Accessed: 02.02. 2017), 1–15. www.ueq-online.org

Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2017). Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4(4), 40. https://doi.org/10.9781/ijimai.2017.445

Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. 6th Edition. Wiley.

Shang, Y., & Zong, Y. (2024). Role of e-commerce for promoting sustainability in the mining sector. Resources Policy, 90, 104794. https://doi.org/10.1016/J.RESOURPOL.2024.104794

Sihombing, R. F., & Suarli, P. P. (2023). Evaluasi Usability Pada Aplikasi Digiroomm by Auto 2000 Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Indonesian Journal of Computer Science, 12(6), 3771–3781. https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i6.3506

Suranto, N. A. & B. (2020). Adopsi Metode Lean UX Untuk Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Startup Safir. 6(2), 4176–4181.

Published

2025-03-06

Issue

Section

Articles