Analisis Kebutuhan Dan Kesiapan Implementasi Teknologi Informasi Pada Unit Usaha Koperasi As-Sakinah ‘Aisyiyah

Authors

  • Yusril Izzi Arlisa Amiri Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nanda Kurnia Wardati Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/justindo.v10i1.2523

Keywords:

implementasi TI, IT readiness, kebutuhan IT, koperasi, proses bisnis

Abstract

Penggunaan teknologi informasi memiliki tujuan untuk mempermudah penggunanya dalam menyelesaikan masalah, mendorong kreativitas, dan meningkatkan efisiensi dalam berbagai aktivitas. Desain teknologi informasi perlu disesuaikan dengan kebutuhan informasi organisasi, dengan mempertimbangkan semua aspek terkait dan menyediakan infrastruktur teknologi informasi yang diperlukan. Oleh karena itu, perlu adanya analisis kebutuhan implementasi teknologi informasi agar sesuai dengan tujuan dan proses bisnis organisasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kebutuhan dan kesiapan implementasi teknologi informasi di Toko As-Sakinah ‘Aisyiyah. Pendekatan metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menerapkan studi kasus untuk menjawab rumusan masalah pada penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap informan penelitian. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya diolah menggunakan analisis deskriptif, yaitu melalui analisis pendekatan konseptual, analisis frekuensi kebutuhan dan analisis nilai kepentingan kebutuhan. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan kebutuhan SI/TI yang termasuk dalam kategori generic critical, yaitu E-Catalogue, Media Sosial (WhatsApp, Instagram, Tiktok), dan E-Commerce. Toko As-Sakinah ‘Aisyiyah memenuhi 3 elemen IT readiness, sehingga E-Catalogue yang menjadi pilihan utama dalam implementasi TI dapat diterapkan.

References

Annisa, L. H. (2022). Analisis Kebutuhan dan Implementasi Teknologi Informasi Menggunakan PCF pada Proses Bisnis UMKM di Indonesia. Journal of Digital Business and Management, 1(1), 15–25.

Arjita, U. A. (2020). Pengenalan Teknologi Informasi. In Bahan Ajar Diklat Fungsional Pranata Komputer Tingkat Ahli. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Pusat Statistik RI (PUSDIKLAT BPS RI).

Damayanti. (2020). Rancang Bangun Sistem Pengukuran Keselarasan Teknologi dan Bisnis untuk Proses Auditing. Jurnal Teknokompak, 14(2).

ER, M. (2018). Business Process Management : Konsep Dan Implementasi (1st ed.). Andi.

Habiburrahman. (2017). Analisis Tingkat Kesiapan Implementasi Teknologi Informasi di Perpustakaan Pusat UIN Sumatera Utara Medan. UIN Sunan Kalijaga.

Kusmayadi, E. (2022). Pengenalan Teknologi Informasi. In Kajian Software (3rd ed.). Universitas Terbuka.

Laia, F., Tjahjadi, D., & Juliane, C. (2022). Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Pelayanan Kantor Kecamatan Dengan Menggunakan The Open Group Architecture Framework (TOGAF). Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(2), 1135–1144.

Pradana, M. H. E. (2017). Pengembangan Arsitektur Proses Bisnis Sebagai Model Referensi Dalam Penerapan Teknologi Informasi UMKM Garmen Berskala Kecil (Studi Kasus: UMKM Garmen di Jawa Timur). Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Pramadyanto, M. R. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awarness Brand Fashion Streetwear Urbain Inc. Komuniti. Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 14(1), 69–92.

Rosianti, N. C., ER., M., & Nisafani, A. S. (2017). Analisis Tingkat Kematangan Proses Bisnis dan Kesiapan Teknologi Informasi Studi Perusahaan Garmen Mikro, Kecil, dan Menengah di Jawa Timur. JURNAL TEKNIK ITS, 6(2).

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 49–54.

Siswoyo, A. A. (2017). Analisis Kebutuhan SI/TI untuk Mendukung Proses Bisnis Usaha Kecil pada Industri Garmen di Jawa Timur dengan Metode Business Object Oriented Modeling (Multi Studi Kasus). Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Yuliandhari, R., Isyanto, P., & Yani, D. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran pada Pelaku Usaha UMKM Tanaman Hias Twyla Flower Karawang. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 227–231.

Published

2025-03-06

Issue

Section

Articles