Analisis User Interface dan User Experience Pada SIA Mobile UM Jember dengan Metode User Experience Questionnaire

Authors

  • Muhammad Rivansyah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Deni Arifianto Universitas Muhammadiyah Jember
  • Wiwik Suharso Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/justindo.v8i2.623

Keywords:

UEQ, User Experience Questionnaire, Mobile, user interface, User Experience

Abstract

SIA UMJ Mobile adalah singkatan dari Sistem Informasi Akademik berbasis mobile Universitas Muhammadiyah Jember. Aplikasi ini merupakan sistem informasi akademik berbasis Android yang dimiliki oleh universitas Muhammadiyah Jember. Fungsinya adalah membantu mahasiswa dalam mencari informasi tentang perkuliahan dengan akses yang dapat diakses di berbagai tempat dan waktu. Dalam penelitian ini dilakukan analisis UI dan UX pada Sistem Informasi Akademik UMJ Mobile yang berfungsi menilai tingkat keberhasilan UI dan UX. Untuk menilai tingkat keberhasilan UI dan UX penulis menggunakan metode perhitungan User Experience Questionnaire (UEQ) dan menghasilkan nilai rata-rata skala UEQ yaitu: Attractiveness (0,414), Perspicuity (0,528), Efficiency (0,381), Dependability (0,326), Stimulation (0,109), dan Novelty (-0,013). Apabila nilai ini diukur dengan mean rata-rata dari berbagai kumpulan data analisis tools UEQ, maka aplikasi tersebut dapat dikategorikan sebagai bad. Metode perhitungan UEQ ini mudah digunakan dan dapat mengukur pengalam pengguna dari berbagai aspek penilaian.

References

Anggara, D.A., Harianto, W. and Aziz, A. (2021) ‘Prototipe Desain User Interface Aplikasi Ibu Siaga Menggunakan Lean Ux’, Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 4, pp. 58–74.

Darmayanti, Y.I. (2017) ‘Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Studi Kasus Teknik Informatika ITN Malang’, Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 1(2), pp. 17–22.

Fitriana, D.E., Yanto, A.F. and Budiman, J. (2020) ‘Analisis User Experience ( UX ) Fitur Marketplace Facebook’, Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, 8(2), pp. 47–66. Available at: http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/151.

Kresnanto, M.A., Hanggara, B.T. and Prakoso, B.S. (2020) ‘Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile Booking Hotel dengan menggunakan Metode User Experience Questionnaire ( UEQ ) ( Studi pada RedDoorz dan Airy )’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(10), pp. 3637–3646.

Kusuma Putri, I., Hadi Wijoyo, S. and Tyroni Mursityo, Y. (2019) ‘Analisis Usability dan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi pemesanan Budget Hotel Menggunakan User Experience questionnaire (UEQ) (Studi Kasus Pada Airy Rooms)’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(7), pp. 6748–6756. Available at: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5800/2754.

Muhyidin, M.A., Sulhan, M.A. and Sevtiana, A. (2020) ‘Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma’, Jurnal Digit, 10(2), p. 208. doi:10.51920/jd.v10i2.171.

Oktafina, A. et al. (2021) ‘Evaluasi Usability Website Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Studi Kasus: (Website Dinas Pekerjaan Umum Kota Xyz)’, Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 15(2), pp. 134–146. doi:10.35457/antivirus.v15i2.1553.

Pratama, A.P. and Kamisutara, M. (2021) ‘Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile Menggunakan Flutter Di Universitas Narotama Surabaya’, Network Engineering Research Operation, 6(2), p. 145. doi:10.21107/nero.v6i2.238.

Rahman, M. and Dasuki, M. (2022) ‘Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Rukun Islam Dan Kumpulan Do’a Berbasis Android’, JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, 1(1), pp. 1–7. doi:10.35316/justify.v1i1.1958.

Schrepp, M. (2019) User Experience Questionnaire Handbook. 10 (03.05., URL: https://www. researchgate.net/publication/303880829{_}User{_}Experience{_}Questionnaire {_}Handbook{_}Version{_}2.(Accessed: 02.02. 2017). 10 (03.05. Available at: www.ueq-online.org.

Published

2023-08-14

Issue

Section

Articles