Pandangan Dunia Kahlil Gibran dalam Novel Sayap-Sayap Patah

Penulis

  • Akhmad Dzukaul Fuad Universitas Negeri Malang
  • Taufik Dermawan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.32528/bb.v7i1.10

Kata Kunci:

pandangan dunia, struktur tematik, dialetik, oposisi biner

Abstrak

Struktur novel sayap-sayap patah terdiri dari sepuluh bagian yang menggambarkan tahapan perjalanan cinta sang “aku”. Tokoh aku merupakan representasi dari pengarang, yang dalam novel lain dia menyebut dirinya dengan “sang Nabi”. Seolah Kahlil Gibran tak ingin berpisah dengan struktur yang ia ciptakan. Penggambaran figur aku dalam setiap tahapan menampilkan dialektika konflik antar struktur yang membentuk tema kesenjangan sosial. Penulis mengkaji struktur teks dalam novel sayap-sayap patah sebagai struktur tematik, struktur teks dimaknai sebagai tema-tema sosial yang membentuk kelas sosial. Realitas sosial masyarakat dalam novel sayap-sayap patah melahirkan oposisi biner kelas sosial berdasarkan pendidikan dan agama. Pengelompokan kelas sosial berdasarkan pendidikan membedakan terpelajar dan barbar, sedangkan pengelompokan kelas berdasarkan agama membedakan imam dan jamaat. Novel sayap-sayap patah memposisikan keberpihakan pengarang pada pemuda yang gagal memperjuangkan cintanya akibat ketidakadilan dan kemunafikan yang dibungkus dengan penafsiran dan otoritas atas nama dogma agama.   

Referensi

Alavi, Z., Jalil Masoudifard, & Jahromi, M. M. T. (2014). Journal of Applied Science and Agriculture. Journal of Applied Science and Agriculture, 9(11), 104–108. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.1038.6311&rep=rep1&type=pdf

Boucher, G. (2011). Book Reviews: Book Reviews. Critical Sociology, 37(4), 493–497. https://doi.org/10.1177/0261018311403863

Dermawan, T. (2017). Santri World Views: Study on Ronggeng Dukuh Paruk Trilogy As Representation of Islamic Moderate Thought. 2(9), 14–34. https://ephjournal.org/index.php/hss/article/view/136

Faruk. (1988). Strukturalisme Genetik dan Epistimologi Sastra.Yogyakarta: PDLukmanOffset

Gibran, K. (2003). Sayap-Sayap Patah (terjemahan). Yogyakarta: Diva Press

Kadir, H. (2013). Ekspresi Pandangan Dunia Kelompok Sosial Pengarang Dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Litera, 12(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v12i01.1336

MaiBoy, S., Anwar, K., & Ferdinal, F. (2021). Author World’s View in Sabariah Novel: Study of Lucien Goldmann’s Genetic Structuralism. Journal Polingua: Scientific Journal of …, 10(2), 49–54. http://polingua.org/index.php/polingua/article/view/181

Muniroch, S. (2007). Understanding Genetic Structuralism. Lingua, 2. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/humbud/article/view/560/921

Musdawati, M. (2016). Kekerasan Simbolik dan Politik Perempuan di Aceh. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 18, 28. https://doi.org/10.22373/substantia.v18i0.8980

Nurhasanah, Dewi. (2015) Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann Dalam Novel Orang-orang Proyek Karya Ahmad Tohari. Humaniora: Language, Art, People, and Communication 6 (1), 135-146.

Nursida, I. (2012). Majaz Dalam Novel Al-Ajnih } Ah } Al-Mutakassirah. Alfaz (Arabic Literatures for Academic Zealots), 9(2), 1–22.

Putri, D. (2016). the Shift of Minangkabau Cultural Values in the Novel Persiden By Wisran Hadi (a Genetic Structuralism Approach). Humanus, 15(2), 120. https://doi.org/10.24036/jh.v15i2.6514

Saputra, H. S., Sariono, A., Maslikatin, T., Hariyadi, E., Umniyyah, Z., SWW, L. D. P. W., ... & Zamroni, M. (2020). Lokalitas: Pandangan-Dunia Dan Ekspresi Kultural Masyarakat Pemiliknya. Humaniora Dan Era Disrupsi Teknologi Dalam Konteks Historis, 1(1), 359–368. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/issue/view/1031

Seema, J. (2012). The world view of khaketla’s novel mosadi a nkhola. South African Journal of African Languages, 32(1), 71–78. https://doi.org/10.2989/SAJAL.2012.32.1.10.1133

Sève, L. (1972). The Structural Method and the Dialectical Method. International Journal of Sociology, 2(2–3), 195–240. https://doi.org/10.1080/15579336.1972.11769550

Subiyadi, A. (2019). Najib Mahfudz’s World View On Islamic Spirituality And Politics : Genetic Structuralism Analysis. E-Journal.Iainpekalongan.Ac.Id, 5(2), 235. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/Hikmatuna/article/view/2176

Sutardi, Herman J Waluyo, Retno Winarni, N. E. W. (2013). Online International Interdisciplinary Research Journal, {Bi-Monthly}, ISSN2249-9598, Volume-III, Issue-V, Sept-Oct 2013. V, 499–507.

Utami, M. W., & Sayuti, S. A. (2019). Genetic Structuralism Analysis in Short Story Pusaka Tinggi by Darman Moenir Text Structure, Social Structure and World View Perspective. 297(Icille 2018), 243–248. https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.51

Wulandari. (2015). GENDER DALAM SASTRA ( Studi Semiotik-Feminisme dalam Novelet al-Ajnihah al-Mutakassirah Karya Kahlil Gibran ). Tesis.

Zimmerman, M. (2019). Regents of the University of California LUCIEN GOLDMANN : FROM DIALECTICAL THEORY TO GENETIC STRUCTURALISM Author ( s ): Marc Zimmerman Source : Berkeley Journal of Sociology , Vol . 23 ( 1978-1979 ), pp . 151-182 Published by : Regents of the University of California Stable URL : https://www.jstor.org/stable/41035264 FROM DIALECTICAL THEORY TO GENETIC STRUCTURALISM *. 23, 151–182.

Unduhan

Diterbitkan

31-03-2022

Cara Mengutip

Fuad, A. D., & Dermawan, T. (2022). Pandangan Dunia Kahlil Gibran dalam Novel Sayap-Sayap Patah . BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 85–100. https://doi.org/10.32528/bb.v7i1.10