Pengembangan E-Modul Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia pada Mahasiswa Poltekes Kemenkes dan Unipa Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.32528/bb.v10i2.3056Kata Kunci:
Pengembangan e-modul, Android, Bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan e-modul berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia pada mahasiswa Poltekes Kemnkes dan Unipa Surabaya. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul bahasa Indonesia berbasis android, mendeskripsikan kelayakan e-modul, dan mendeskripsikan tingkat efektivitasnya. Rendahnya minat dan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah bahasa Indonesia karena ketidakmenarikan mata kuliah Bahasa Indonesia dengan kebutuhan akademik mahasiswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian pengembangan research and development (R&D) model ADDIE terdapat lima tahapan dalam Model ADDIE antara lain, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket; 1) angket validasi modul, 2) angket validasi ahli perancangan e-modul, 3) angket proto tipe e-modul, 4) angket dosen pengampu Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dan Poltekes Kemenkes Surabaya, dan 5) angket mahasiswa yang menempuh mata kuliah Bahasa Indonesia di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dan Poltekes Kemenkes Surabaya. Selanjutnya teknik penganalisisan data peneliti menggukan teknik analisis kuantitatif dengan mengacu pada pedoman penskoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Arimbi dapat digunakan dengan baik dan dapat membantu siswa dalam belajar bahasa Indonesia sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Indonesia, terutama dalam materi kata dan pembentukan kata, kalimat yang efektif, dan paragraf.
Referensi
Al Rasyid, M., & Partana, C. P. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Android pada Materi Kesetimbangan Kimia untuk Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(4), 670. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i4.14737
Aminatun, T., Subali, B., Prihartina, I., Masing, F. A., Dwiyani, A., Nindiasari, T., Sidiq, A., & Luthfi, M. (2016). Pengembangan E-Module Berbasis Android Mobile Materi Ekosistem Lokal Nusa Tenggara untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa SMA. Snps, 223–230.
Asmianto, et al. (2022). Jurnal Sosial Internasional. International Journal of Social Service and Research, Ic, 12–19.
Azkiya, H., Tamrin, M., Yuza, A., & Madona, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427.
Budihardjo, M. F., & Prapanca, A. (2023). Pengembangan E-Modul Berplatform Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan Untuk Siswa Kelas XI. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Educatio, 8(2), 25–34.
Diana, P. Z. (2021). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(2), 153–160.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01–17.
Farawansah, V. Y., & Makmur, T. (2022). E-Modul Berbasis Android dalam Mendukung Aktivitas Belajar Mandiri Peserta Didik. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 11(1), 29–34.
Firda, F., Hamdu, G., & Nugraha, A. (2023). Pengembangan e-Modul topik penjernihan air berbasis Education for Sustainable Development (ESD) di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1579–1585.
Fitriani, F., & Indriaturrahmi, I. (2020). Implementasi E-Modul Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Web. In Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram, 168–172.
Hidayatullah, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Morfologi Bahasa Indonesia Berbasis Android. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia., 6(1), 238–247.
Ilham, S., Hakim, R., & Hardian, N. (2020). The Development Of An Android-Based E-Module In The History Of Da’wah Course In State Islamic Universities. International Journal of Educational Dynamics (IJEDs), 3(1), 21–29.
Ilmi, R., Arnawa, I. M., Yerizon, & Bakar, N. N. (2021). Development of an Android-Based for Math E-Module by using Adobe Flash Professional CS6 for Grade X Students of Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012026
Izzah, N. F., Pradoko, A. M. S., & Syukur, S. W. (2021). The Development of Android Application-Based E-Module Learning Media on the Makassar Flute Learning Material for Year 8 Junior High School Students. Proceedings of the 4th International Conference on Arts and Arts Education (ICAAE 2020), 552(Icaae 2020), 228–233. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210602.045
Khairul, K., Haryati, S., & Yusman, Y. (2018). Aplikasi Kamus Bahasa Jawa Indonesia dengan Algoritma Raita Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(1), 1–6.
Kusmiarti, R., Paulina, Y., Rustinar, E., Zakaria, J., Puspidalia, Y. S., & Hasbullah, A. (2023). Respon mahasiswa dan dosen terhadap modul sintaksis bahasa Indonesia berbasis STEAM. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 176–188.
Kusmiarti, R., Paulina, Y., Rustinar, E., Zakaria, J., Puspidalia, Y. S., & Hasbullah, A. (2023). Respon mahasiswa dan dosen terhadap modul sintaksis bahasa Indonesia berbasis STEAM (Vol. 9, Issue 1). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa.
Kusumayanti, D., & Astuti, C. C. (2021). Android Based E-Module Development on Computer Learning and Basic Networks Class X TKJ. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 5(1), 24–30. https://doi.org/10.21070/jicte.v5i1.1335
Mayeni, R., Amarullah, T. A. H., Vratiwi, S., Putra, D. A., Rahayu, I. D., & Hidayatullah, R. R. (2023). Pengembangan E-Modul Flipbook MKU Bahasa Indonesia Berbasis Flip PDF Professional pada Materi Menulis Karya Ilmiah untuk Mahasiswa Prodi TIK STKIP Pesisir Selatan. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 89–97.
Mayeni, R., Amarullah, T. A. H., Vratiwi, S., Putra, D. A., Rahayu, I. D., & Hidayatullah, R. R. (2023). Pengembangan E-Modul Flipbook MKU Bahasa Indonesia Berbasis Flip PDF Professional pada Materi Menulis Karya Ilmiah untuk Mahasiswa Prodi TIK STKIP Pesisir Selatan. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 89–97.
Nazara, A. W., Halang, B., & Rezeki, A. (2022). Respon siswa terhadap modul elektronik subkonsep sistem peredaran darah manusia berbasis problem based learning (Vol. 6, Issue 2, pp. 3804–3811). https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.2978
Noprina, W., Handayani, D. F., & Deswarni, D. (2022). Need Analysis of Android E-Module based on Problem Based Learning Integrated of Anti-Bullying. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL, 4(3), 220–232.
Oktavia, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Bahasa Indonesia Berbasis Web di SMK Negeri 2 Wajo. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar.
Pendit, S. S. D., Amelia, C., Pilok, N. A., & Sari Sitepu, M. (2022). Pengembangan E-Modul Discon Berbasis Android (E-Modul Disroid) Materi Bunyi Bagi Siswa Sekolah Dasar. Scaffolding:Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 175–191.
Pendit, S. S. D., Amelia, C., Pilok, N. A., & Sari Sitepu, M. (2022). Pengembangan E-Modul Discon Berbasis Android (E-Modul Disroid) Materi Bunyi Bagi Siswa Sekolah Dasar. Scaffolding:Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 175–191.
Prabowo, I. A., Wijayanto, H., Yudanto, B. W., & Nugroho, S. (2020). E-BOOK Ajar Pemrograman Mobile Berbasis Android. In Angewandte Chemie International Edition. https://eprints.sinus.ac.id/762/1/Buku_Ajar-Pemrograman_Android.pdf
Pratama Putra, A., & Susilowibowo, J. (2021). E-Modul Berbasis Android Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Program Aplikasi Accurate Accounting V5 untuk Siswa Kelas XI A. Urnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 250–256. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
Pratiwi, T. M., & Mulyati, Y. (2020). Penerapan modul berbasis android dalam pembelajaran menulis cerpen. In Seminar Internasional Riksa Bahasa, 502–506.
Purwoko, Riawan, Y. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E -Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–8.
Putri, A. N., & Muhartati, E. (2018). Respon mahasiswa terhadap penggunaan modul berbasis guided inquiry pada matakuliah teknik dan manajemen laboratorium biologi. Pedagogi Hayati, 2(1), 38–41. https://doi.org/10.31629/ph.v2i1.270
Putri, E. N., Rahmawati, L. E., Sufanti, M., & Mansoor, H. S. (2024). Teacher and Student Responses to Educational Games Based on the Fisher Yates Shuffle Algorithm in Learning Advertising Texts, Slogans and Posters (Vol. 10, Issue 1). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa.
Setyawan, W. (2022). Pengembangan E-Modul Teks Eksposisi Berbasis HOTS Menggunakan Sigil bagi Peserta Didik Kelas X SMK. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Malang).
Susetyo, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berbasis Android. Pena Literasi, 3(1), 1–9.
Sutopo, & Setiadi, B. R. (2020). Metal casting engineering courses assisted by digital smart modules: An assessment of experts and users. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 9(5). https://doi.org/10.36941/ajis-2020-0085
Ulimaz, A. (2021). Respon mahasiswa terhadap modul praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran daring mata kuliah teknologi pengolahan limbah. Jurnal Humaniora Teknologi, 7(1), 21–26. https://doi.org/10.34128/jht.v7i1.98
Widiastutik, T. (2021). Pengembangan E-Modul Bahasa Indonesia Kelas Xii Dengan Flip Pdf Profesional Sebagai Alternatif Pembelajaraan Di Tengah Pandemi Covid 19. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 35–41.
Wijayanti, N. K. A., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). E-Modul Literasi Berbasis Cerita Rakyat Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 75–84.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.