Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Mengevaluasi Informasi dalam Teks Negosiasi di SMA
DOI:
https://doi.org/10.32528/bb.v10i2.3463Kata Kunci:
analisis kebutuhan, media pembelajaran, teks negosiasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan media pembelajaran mengevaluasi informasi dalam teks negosiasi di SMAN 15 Padang. Analisis kebutuhan tersebut meliputi analisis kebutuhan pembelajaran, tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik, dan lingkungan belajar untuk mengevaluasi informasi dalam teks negosiasi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskripsi, data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket dianalisis secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik di SMAN 15 Padang, dari segi kebutuhan belajar memerlukan akses dengan teknologi berupa video simulasi negosiasi dengan animasi interaktif yang memvisualisasikan proses negosiasi; dari segi tujuan pembelajaran, peserta didik memerlukan media yang membantu mereka mengurai struktur teks negosiasi, menilai argumen, dan praktik negosiasi; dari segi karakteristik peserta didik, peserta didik umumnya menyukai media visual dan gamifikasi sehingga memerlukan media yang dapat memfasilitasi beragam gaya belajar peserta didik; dan dari segi lingkungan belajar, peserta didik memerlukan akses ke media interaktif, google docs untuk evaluasi bersama, dan ruang kelas yang nyaman. Dengan demikian, siswa membutuhkan media pembelajaran yang kontekstual/relevan dengan kehidupan sehari-hari, partisipatif/menuntut siswa untuk berkreasi, adaptif dengan gaya belajar mereka yang beragam, dan adanya umpan balik seperti kuis untuk mengukur keterampilan mereka.
Referensi
Albina, M., & Pratama, K. B. (2025). Peran Tujuan Pembelajaran dalam Perencanaan Pembelajaran: Dasar untuk Pembelajaran yang Efektif. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 55–61. https://doi.org/10.62383/hardik.v2i2.1233
Annafilah, A. A., Wahyuni, E. A., Adhani, D. N., & Lisdiana, L. (2025). Analisis Kebutuhan Siswa terhadap Media Pembelajaran Pop Up Book Konteks Lorjuk. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(1), 374–384.
Astika, G. (2005). The Role of Needs Analysis in English for Specific Purposes. TEFLIN Journal, 10(1), 31–47.
Ayuni, M. D., Dwijayanti, I., Roshayanti, F., & Handayaningsih, S. (2023). Analisis Karakteristik Peserta Didik Melalui Asesmen Diagnostik (Studi Kasus: Kelas 6 SDN Pandean Lamper 04). INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 3961–3976.
Azzahra, A., Mawarsari, V. D., & Suprayitno, I. J. (2025). Inovasi Pendidikan Inklusif: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi untuk Siswa Tunarungu. Journal Genta Mulia, 16(11), 75–87.
Benamen, R. B., Buchori, A., & Purwosetiyono, D. (2025). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Menggunakan Kerangka Design Thinking untuk Meningkatkan Numerasi. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 13–20.
Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. JEE: Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776
Dewi, G. A., Saputra, H. J., & Wati, L. E. (2024). Analisis Lingkungan Belajar Abad-21 di SDN Bendungan Semarang. EDUTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 68–73. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329
Dewi, R. K. (2021). Analisis Karakteristik Siswa untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 5(2), 255–262. https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.525
Farmi, E. R. (2020). Analisis Lingkungan Belajar Siswa Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Kota Jambi. Schrödinger: Journal of Physics Education (SJPE), 1(1), 07–12. https://doi.org/10.37251/sjpe.v1i1.24
Febriani, D. D., Mahanani, R. T., S, A. F. N., Satria, F. A., Yapono, M. S. R., & Mahmud, E. A. (2025). Analisis Lingkungan Positif dalam Mendukung Pembelajaran Efektif dan Pengelolaan Kelas yang Harmonis di SMA Negeri 1 Gedeg. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1), 270–279. https://doi.org/10.61132/bima.v3i1.1568
Ferrary, C. H., Kurniawan, A., Safitri, R. Y., Hikmah, U. N., Krismawati, B. M., Rahmawati, K., & Darmawan, I. (2020). Urgensi Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 8(5), 3985–3997. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8708
Gawa, D. M. T. (2022). The Exploration of Need Analysis in English Language Teaching: Teaching Reading Skill. IJET, 11(1), 9–17. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku dan Karakteristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim: Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638
Hariyati, F., & Nugraheni, N. (2022). Analisis Keragaman Karakteristik Peserta Didik dengan Target Pemenuhan Kurikulum Merdeka di Kelas V SDN Ngaliyan 02 Semarang. Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 13(1), 18–28.
Haryani, D., Ria, S., & Yuliani, H. (2025). Analisis Kebutuhan APK Quizz Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Khalifah Abu Bakar di Kelas VII SMP NU Palangkaraya. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 158–168.
Hidayatullah, A. A., Ramadhanti, D., & Helda, T. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menangah Atas: Apa Kata Siswa? Journal of Social and Scientific Education, 2(1), 12–21. https://doi.org/10.58230/josse.v2i1.302
Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi Guru untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3302–3313. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2287
Kurniawati, D., & Djono. (2024). Analisis Peserta Didik dan Konteks pada Model Desain Pembelajaran Dick and Carey. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(2), 518–532.
Markus, & Vega, N. De. (2023). Students’ Needs Analysis in Teaching and Learning Process of English Subject for Eleventh Grade Students at SMA PATRA. Enormous: English Education Journal, 2(1), 140–150.
Maulida, I. (2024). The Need Analysis of Material Design in English Teaching on ESP Program. Open Journal Systems, 18(11), 3071–3078.
Pratiwi, I. A., Efendi, A., & Sulistiyo, B. (2024). Analisis Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XII RPL pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Negeri 2 Karanganyar. Ijolii: Indonesian Journal of Learning and Instruction Innovation, 2(2), 96–101.
Putri, M. S., Ramadhanti, D., & Rusli, S. M. (2024). Factors that Influence Student Learning Processes and Outcomes in Implementing the Independent Curriculum. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 25(1), 64–73. https://doi.org/10.24036/komposisi.v25i1.127975
Putri, V. A., Aziz, A., & Suprayitno, I. J. (2025). Analisis Kebutuhan Siswa Kelas VIII terhadap Media Animasi Interaktif dalam Pembelajaran Teorema Pythagoras. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(1), 273–281. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i1.1346
Ramadhanti, D., & Yanda, D. P. (2022). Pembelajaran Menulis Teks: Suatu Pendekatan Kognitif. Yogyakarta: Deepublish.
Ramdhan, P. M., Andayaresmi, B. U., & Salsabila, F. (2025). Analisis Lingkungan Belajar di Kampus Universitas Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 964–971. 38+Amelia+Intan+Prasasti+Hal+723-726
Rizqi, S., Abni, N., Ahmadi, A., & Maulida, S. (2024). Integrasi Media Digital dalam Pembelajaran Literasi Sastra Anak di Tingkat Sekolah Dasar. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 171–183. https://doi.org/10.32528/bb.v9i2.2551
Simarmata, S. R., Fuldiaratman, Yusnaidar, & Syamsul. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis STEM-PjBL Pada Materi Termokimia untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 1328–1336. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.461
Tambunan, N., & Siagian, I. (2020). Analisis Lingkungan Belajar dan Aktivitas Belajar Daring Siswa SMP pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 2, 371–382. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/download/4763/752
Taufik, A. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik. El-Ghiroh, XVI(01), 1–13.
Tiyas, A., Widayanti, Haryati, T., Puspitasari, R., & Suneki, S. (2024). Analisis Karakteristik Peserta Didik Melalui Asesmen Diagnostik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan Model PBL Kelas XI SMKN 4 Semarang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 9294–9299.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.