Pengaruh Media Terasio Terhadap Kemampuan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas VIII

Penulis

  • Alfiani Salsabila Universutas Muhammadiyah Jakarta
  • Khaerunnisa Khaerunnisa Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32528/bb.v10i2.3623

Kata Kunci:

Kata Kunci: Media Terasio, Teks Laporan Hasil Observasi, Keterampilan Menulis

Abstrak

Pendidikan memiliki peran sentral dalam membentuk generasi yang cerdas dan berdaya saing. Salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran, yang berfungsi untuk mendukung keterlibatan peserta didik dalam menyerap materi secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Terasio terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik kelas VIII SMP YAPIA Pondok Aren. Media Terasio merupakan media berbasis website dengan desain berupa sangkar burung yang dirancang untuk mendukung pembelajaran interaktif dan kolaboratif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain posttest-only control design, melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Sampel terdiri dari 54 peserta didik yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, dengan analisis data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik di kelas eksperimen memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai signifikan uji-t sebesar 0,000 < 0,05 membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Terasio terhadap peningkatan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media Terasio mampu meningkatkan motivasi, keaktifan, dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menulis, serta menjadikan proses pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna.

Referensi

Adhi Kusumastuti. & Ahmad Mustamil Khoiron. Taofan Ali Achmadi. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Sleman. Deepublis

Arikunto, S., Kurniawan, M., & Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2024). Metodologi Penelitian. 1–200. file:///C:/Users/Toshiba/Downloads/metode penelitian bab 1-compressed.pdf

Elma, E. R., Sri Suneki, & Ngurah Ayu Nyoman Murniati. (2023). Analisis Kreatifitas Belajar Siswa Menggunakan Media Puzzle Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas 1. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4666–4673. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1171

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Laia, E. (2023). Analisis Struktur Teks Laporan Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Susua Tahun Pelajaran 2021/2022. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 13–23. https://doi.org/10.57094/kohesi.v3i2.848

Meliyawati. (2023). Media Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta. Deepublish digital.

Muhajirin, Risnita, & Asrulla. (2024). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Tahapan Penelitian. Journal Genta Mulia, 15(1), 82–92.

Nurhikmah, Y., Awan Asri, S., & Ayuningru, S. (2020). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 305–315. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/509

Putri, A. L., Yulistio, D., & Utomo, P. (2021). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah Korpus, 5(1), 45–51. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.13449.

Saleh & Syahruddin, D. (2023). Media Pembelajaran. 1–77. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran

Soesana, A., Subakti, H., Karwanto. Fitri, A., Kuswandi, S., Sastri, L., Falani, I., Novita, A., Hasibuan, A. F., Lestari, H. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Zulfikar, R., Sari, P. F., Fatmayati, A., Wandini, K., Haryati, T., Jumini, S., Nurjanah., Annisa, S., Kusumawardhani, B. O., Mutiah, R., Linggi, I. A., Fadilah Hafid. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif (Teori, Metode dan Praktik). Bandung. Widina Media Utama.

Unduhan

Diterbitkan

25-09-2025

Cara Mengutip

Salsabila, A., & Khaerunnisa, K. (2025). Pengaruh Media Terasio Terhadap Kemampuan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas VIII. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(2), 194–203. https://doi.org/10.32528/bb.v10i2.3623