Penerapan Media Mading Bahasa Teks Ceramah (MAHATERA) Terhadap Kemampuan Keterampilan Menulis Teks Ceramah
DOI:
https://doi.org/10.32528/bb.v10i2.3663Kata Kunci:
, Keterampilan Menulis, Media Pembelajaran, Bahan Ajar Teks CeramahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah peserta didik melalui penerapan media Mahatera (Mading Bahasa Teks Ceramah) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XI SMK Muara Ilmu dengan jumlah peserta didik sebanyak 25. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes keterampilan menulis teks ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Mahatera (Mading Bahasa Teks Ceramah) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah peserta didik secara signifikan. Nilai rata-rata peserta didik SMK Muara Ilmu Pada tahap prasiklus memperoleh nilai rata-rata 47, tahap siklus II dengan nilai rata-rata 70 dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 85. Kemampuan keterampilan menulis teks ceramah pada peserta didik kelas XI pada pembelajaran tahap prasiklus mengalami kurang dan tidak mencapai ketuntasan di atas KKM, pembelajaran tahap siklus I mengalami kenaikan 36% dari 8%, dan pada tahap pembelajaran siklus II mengalami kenaikan 92% dari tahap prasiklus sampai tahap siklus II. Selain itu, peserta didik menunjukkan peningkatan antusiasme, partisipasi aktif, dan kemampuan berpikir dalam menata isi ceramah yang sistematis, menggunakan bahasa persuasif, serta mengembangkan kreativitas dalam media mading. Dengan demikian, media Mahatera (Mading Bahasa Teks Ceramah) terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks ceramah dan layak dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Referensi
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penelitian Program. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Ernaninda, 2019. Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam. Vol 2 No.1 April 2019
Fadilah Aisyah, dkk. 2023. Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaaran. Journal of Student Research. Vol. 1, no 2
Kemendikbud. (2016). Buku Guru Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas IX Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mufarikha. 2022. Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Peserta didik Kelas V MI Ghozaliyah Melalui Media Audio. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Mateandrau) vol.1 No.2 Nov 2022
Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Sinthania, D., Hafida, L., Bano, V. O., Susanti, E. E., Mardhani, A. J., Amruddin, A., Syahrul Alam, M. D., Lisya, M., & Ahyar, D. B. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka
Sahuni, S., Budiningsig, I., & P, L. M. (2020). Interaksi Media Pembelajaran dengan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab. Akademika, 9(2), 43-52
Salatifah Siti Amalia, dkk. 2023. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Kreativitas Mahapeserta didik. Vol.1 No.3
Sari, L. K. (2019). Pengembangan Pembelajaran Menulis Teks Ceramah dengan Model Problem Based Learning Dipadukan Media Gambar pada Peserta didik Kelas XI SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 59-72
Suyanto, Slamet. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Universitas Negeri Yogyakarta
Titania dan Fransiscus, S. (2020). Kata Kerja Mental dalam Teks Pidato Presiden Pada Peringatan HUT Ke-74 RI sebagai Bahan Ajar Kebahasaan Teks Ceramah di SMA. Jurnal Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (1), 90-101.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.