Penerapan Media Papan Gulir Pintar dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi
DOI:
https://doi.org/10.32528/bb.v10i2.3665Kata Kunci:
Media Papan Gulir Pintar, Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media papan gulir pintar dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII.7 SMPN 18 Kota Tangerang Selatan. Permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya keterampilan menulis peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya variasi dalam media pembelajaran serta kurangnya motivasi dalam menulis.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan gulir pintar dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi peserta didik dalam kegiatan menulis. Secara kuantitatif, terdapat peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis dari 64 pada tahap prasiklus menjadi 78 pada siklus I, dan meningkat lebih lanjut menjadi 90 pada siklus II. Selain itu, peserta didik menunjukkan kreativitas yang lebih baik dalam menyusun teks deskripsi, dengan penggunaan diksi yang lebih variatif dan struktur kalimat yang lebih jelas. Umpan balik dari guru dan peserta didik juga menunjukkan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Referensi
Agustian, G. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Papan Huruf. The Journal of Economics and Finance of Education, 28(4), 51–81. http://kess.kedi.re.kr
Anditasari, R., Martutik, & Andajani, K. (2018). Pengembangan Media Berbasis Permainan Edukatif pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 107–114. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Jurnal Auladuna. A Bantam Books, 14, 72–73.
Lestari, D. A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Menelaah Struktur Dan Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi Di Smp Al-Kautsar Bandar Lampung. Universitas Bandar Lampung. Skripsi
Nasirun, M., Indrawati, & Supraptim, A. (2021). Studi Tingkat Pemahaman Guru PAUD Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Muhammad. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 26–36.
Nurrita, T. (2018). Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Al-Quran, Hadist, Syariahh Dan Tarbiyah, 03, 171–187.
Permanasari, D. (2017). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2), 156–162. https://doi.org/10.26638/jp.444.2080
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.