Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama melalui Model Project-Based Learning Berbantuan Media Flipbook pada Siswa Kelas XI TPK SMK
DOI:
https://doi.org/10.32528/bb.v10i2.3748Kata Kunci:
Project-Based Learning; flipbook; menulis teks drama; SMK; pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks drama siswa kelas XI TPK SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo melalui penerapan model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan media flipbook. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi-evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes menulis teks drama, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus, hanya 26,8% siswa yang mencapai ketuntasan dengan rata-rata nilai 55,2. Setelah penerapan PjBL dan media flipbook, terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus I (ketuntasan 65,7%, rata-rata nilai 70,4) dan siklus II (ketuntasan 86,5%, rata-rata nilai 82,3). Penerapan model PjBL berbantuan flipbook terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas tulisan siswa dari segi struktur dramatik, pengembangan tokoh, dialog, serta meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media digital interaktif dan pendekatan berbasis proyek dalam pembelajaran menulis kreatif di SMK.
Referensi
Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, T., Alfina, N., Sitepu, S., & Ardiyanti, R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN DI ABAD KE 21 (Vol. 16).
Amin Makruf, M., & Mahendra, M. (2025). MENULIS PUISI MELALUI MEDIA FLIPBOOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI NGROTO BULUKERTO WONOGIRI.
Duke, N. K., Halvorsen, A. L., Strachan, S. L., Kim, J., & Konstantopoulos, S. (2021a). Putting PjBL to the Test: The Impact of Project-Based Learning on Second Graders’ Social Studies and Literacy Learning and Motivation in Low-SES School Settings. American Educational Research Journal, 58(1), 160–200. https://doi.org/10.3102/0002831220929638
Duke, N. K., Halvorsen, A. L., Strachan, S. L., Kim, J., & Konstantopoulos, S. (2021b). Putting PjBL to the Test: The Impact of Project-Based Learning on Second Graders’ Social Studies and Literacy Learning and Motivation in Low-SES School Settings. American Educational Research Journal, 58(1), 160–200. https://doi.org/10.3102/0002831220929638
Gulbahar H. Beckett_ - A Paradigm Shift for Language Education Project-Based Learning and Teaching (Routledge Research in Language Education)-Routledge (2024). (n.d.).
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020a). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020b). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Heny Nirmayani, L., Putu, N., & Dewi, C. P. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 378–385. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index
Kress, G. , & van L. T. (2006). Reading Images: The Grammar of Visual Design (2nd ed.). (2nd ed). Routledge.
Laur, Dayna. (2013). Authentic learning experiences : a real-world approach to project-based learning. Eye on Education.
Markula, A., & Aksela, M. (2022). The key characteristics of project-based learning: how teachers implement projects in K-12 science education. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 4(1). https://doi.org/10.1186/s43031-021-00042-x
Maros, M., Korenkova, M., Fila, M., Levicky, M., & Schoberova, M. (2023). Project-based learning and its effectiveness: evidence from Slovakia. Interactive Learning Environments, 31(7), 4147–4155. https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1954036
Parawangsa, A., Mega Diana, S., Guru Sekolah Dasar, P., Universitas Lampung, F., Sumantri Brojonegoro No, J., Meneng, G., & Lampung, B. (n.d.). Pengaruh model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan kemampuan menulis teks narasi pada peserta didik kelas IV sekolah dasar.
Perayani, K., & Rasna, I. W. (2022). PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PODCAST BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL). In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia (Vol. 11, Issue 1).
Setyorini, E., & Sukarmin, H. (2024). Efektivitas Penggunaan Flipbook sebagai Media Pembelajaran Interaktif di SMA/SMK: Tinjauan Literatur The Effectiveness of Using Flipbook as an Interactive Learning Media in SMA / SMK: A Literature Review. 21(1).
Steenhuis, H.-Jan., & Roland, Lawrence. (2018). Project-based learning : how to approach, report, present, and learn from course-long projects. Business Expert Press.
Sucini, E., Saripudin, A., & Raya Palembang-Prabumulih Indralaya Ogan Ilir, J. (2022). PENGGUNAAN E-MODUL BERBANTUAN FLIPBOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS NASKAH DRAMA BERBASIS CERITA RAKyAT (The Use of Flipbook-based E-Modules in Improving Student’s Ability to Write Folklore Drama Texts) (Vol. 28, Issue 2).
Unair, F., & Baca, R. (n.d.). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama melalui Model Project.docx.
Yani Tarigan, I., Amalia, N., Hasibuan, M. S., Program, P., Profesi, G., Tahun, P., & Bahasa, -Pendidikan. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks (Irma Yani Tarigan, dkk.) | 300 Madani. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(7), 2986–6340. https://doi.org/10.5281/zenodo.8225223
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.