PENGARUH GREEN ACCOUNTING, CSR, DAN INOVASI BERKELANJUTAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR ENERGI PERIODE 2019-2023

Authors

  • Anisah Nisa Universitan Buana Perjuangan Karawang
  • Rohma Septiawati Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Meliana Puspitasari Universitas Buana Perjuangan karawang

DOI:

https://doi.org/10.32528/jiai.v10i1.3115

Keywords:

Green Accounting, CSR, Inovasi Berkelanjutan, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pengaruh Green Accounting, Corporate Social responsibility (CSR), dan inovasi berkelanjutan terhadap nilai perusahaan, pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019-2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan sampel yang terdiri dari 50 perusahaan manufaktur di sektor energi yang terdaftar Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Green Accounting (X1) terhadap nilai perusahaan memiliki T-statistik sebesar 0,5639 dengan tingkat signifikansi 0,05, sehingga hipotesis pertama (H1) ditolak. Di sisi lain Corporate Social Responsibility (CSR), (X2) menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dengan T-statistik sebesar 2,089 dan P-value sebesar 0,037, yang berarti hipotesis kedua (H2) diterima. Adapun inovasi berkelanjutan (X3) yang menunjukkan dampak positif terhadap nilai perusahaan, namun dengan T-statistik sebesar 0,091 dan P-value 0,928, hubungan ini tidak signifikan positif, sehingga hipotesis ketiga (H3) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan inovasi berkelanjutan yang kurang efektif dapat meningkatkan biaya operasional tanpa memberikan keuntungan yang jelas bagi nilai perusahaan, terutama bagi perusahaan yang memiliki sumber daya keuangan terbatas.

Downloads

Published

2025-04-30