TRANSFORMASI DIGITAL UMKM: PERAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEBERLANJUTAN KEUANGAN MELALUI PERTUMBUHAN PENJUALAN
Keywords:
Digital Transformation, Digital Marketing, Sales Growth, Finansial Sustainability, MSMEsAbstract
Studi ini menguji dampak pemasaran digital terhadap keberlanjutan finansial UMKM, dengan pertumbuhan penjualan sebagai variabel mediasi. Latar belakang studi ini menekankan pentingnya transformasi digital dalam meningkatkan daya saing dan ketahanan finansial UMKM dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Metodologi penelitian menggunakan teknik kuantitatif dengan menggunakan survei. Sampel dipilih berdasarkan kriteria UMKM yang telah beroperasi minimal dua tahun dan menerapkan metode pemasaran digital. Berdasarkan parameter tersebut, 192 UMKM teridentifikasi di Jawa Timur. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui SmartPLS untuk menguji korelasi langsung dan tidak langsung antar variabel. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital secara substansial meningkatkan pertumbuhan penjualan dan keberlanjutan finansial. Pertumbuhan penjualan terbukti meningkatkan keberlanjutan finansial. Variabel pertumbuhan penjualan secara signifikan memediasi hubungan antara pemasaran digital dan keberlanjutan finansial. Temuan ini menguatkan paradigma Resource-Based View (RBV), yang menggarisbawahi pentingnya kemampuan digital sebagai aset strategis untuk mencapai keunggulan kompetitif dan stabilitas keuangan yang berkelanjutan.




