About the Journal
Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam merupakan Jurnal yang berisi tentang hasil penelitian dan kajian ilmiah yang berkaitan dengan Pendidikan Islam. Tarlim dikelolah oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jember. Tarlim diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember yang memiliki E-ISSN: 2621-847x, P-ISSN:2615-7225.
Author yang submit artikel ke OJS tarlim akan diterima oleh editor internal atau eksternal, apabila artikel sesuai dengan scope dan fokus, template sesuai dengan pedoman jurnal tarlim, dan tingkat plagiasinya dibawah 24 %, maka artikel akan diteruskan ke reviewer untuk di reviuw terkait isi dan substansi artikel, jika reviewer menyarankan untuk diteruskan maka akan masuk ke tahap editing. Jika komentarannya perlu direvisi maka akan dikembalikan ke author untuk direvisi dan kirim ulang ke editor melalui OJS
Jurnal Tarlim : terbit setiap bulan Maret dan September
Current Issue

Kami ucapkan Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga jurnal TARLIM menerbitan edisi Vol. 8 No. 1 Maret 2025. Terbitnya Jurnal TARLIM Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jember diharapkan dapat meningkatan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah. Pada edisi ini, jurnal TARLIM berisi 12 artikel dari hasil penelitian dan kajian kritis. Pada edisi ini, artikel-artikel yang diterbitkan meliputi masalah-masalah dan kajian penelitian berupa Educational Evaluation: Analyzing The Quality Of Summative Tests At Modern Junior High School, The Effect of Teacher Discipline and Learning Interest on Student Achievement, Penerapan Hidden Curriculum Sebagai Bentuk Pengembangan Karakter Peserta Didik, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Kristen dalam Membentuk Sikap Toleransi, Resiliensi Jiwa dalam Pendidikan Islam: Interpretasi QS. AZ-Zumar ayat 53 pada Optimisme Harapan Hidup Penuntut Ilmu, Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran PAI, Pemanfaatan Digitalisasi Pesantren Melalui Sistem Administrasi dan Pelaporan Pendidikan Berbasis Aplikasi Santri App, Reference of Religious Education Among the Panyabungan Community: An Analysis of the Selection of Tahfidz Schools and the Challenges Faced, Curriculum Design For Non-Formal Diniyah Madrasah at Pondok Pesantren, Upaya Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Melalui Program Jum’at Amal, Penerapan Latihan Memanah Dan Berkuda Sebagai Upaya Meningkatkan Kognitif Anak Di Pusat Riadah Wadiannour dan Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap Religius Murid di Tadika Suria Edukids Center.