About the Journal
Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam merupakan Jurnal yang berisi tentang hasil penelitian dan kajian ilmiah yang berkaitan dengan Pendidikan Islam. Tarlim dikelolah oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jember. Tarlim diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember yang memiliki E-ISSN: 2621-847x, P-ISSN:2615-7225.
Author yang submit artikel ke OJS tarlim akan diterima oleh editor internal atau eksternal, apabila artikel sesuai dengan scope dan fokus, template sesuai dengan pedoman jurnal tarlim, dan tingkat plagiasinya dibawah 24 %, maka artikel akan diteruskan ke reviewer untuk di reviuw terkait isi dan substansi artikel, jika reviewer menyarankan untuk diteruskan maka akan masuk ke tahap editing. Jika komentarannya perlu direvisi maka akan dikembalikan ke author untuk direvisi dan kirim ulang ke editor melalui OJS Jurnal Tarlim : terbit setiap bulan Maret dan September
Current Issue

Kami ucapkan Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga jurnal TARLIM menerbitan edisi Vol. 8 No. 2 September 2025. Terbitnya Jurnal TARLIM Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jember diharapkan dapat meningkatan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah. Pada edisi ini, jurnal TARLIM berisi 14 artikel dari hasil penelitian dan kajian kritis. Pada edisi ini, artikel-artikel yang diterbitkan meliputi masalah-masalah dan kajian penelitian berupa : The Role of the Islamic Religious Education Curriculum in Character Development: A Study of Challenges and Educational Impact in Indonesia, Kawin Cai: Interaksi Agama Islam dan Budaya, Konsep Pendidikan Multidisipliner Berbasis Paradigma Twin-tower di Lingkungan Pesantren, The Dynamics Of Islamic Religious Education In The Era Of Khulafur Rasyidin, Efektivitas Pemanfaatan Media Artificial Intelligence pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Ketahanan Ṣaḥīḥ Al-Bukhārī Terhadap ‘Illah: Studi Hadis Safar Perempuan Dalam Perspektif Pendidikan Karakter, Rekonseptualisasi Peran Guru dalam Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Kurikulum Merdeka, Upaya Membentuk Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Keagamaan pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Model Evaluasi Kompetensi Spiritual Digital Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Industri 4.0, Peningkatan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas 2 Melalui Media Pembelajaran Interaktif Wordwall, Implementasi Metode Ziyadah dan Muroja’ah dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santriwati di Pondok Pesantren Maslakul Qur’an Cluwak Pati, Implementasi Hafalan Hadist Pendek Untuk Meningkatkan Pembentukan Karakter Santri, Penanaman Nilai Moderasi beragama Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Ekstrakurikuler, hasil penelitian dengan judul Peran Pendidikan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Konsistensi Sikap Keagamaan Anak Melalui Pendidikan Agama Islam.