Analisis Konsep Pendidikan Anak Dalam Buku “Kaifa Nurabbi Awladana” Relevansi Dan Implementasinya Di Era Digital

Analisis Konsep Pendidikan Anak Dalam Buku Kaifa Nurabbi Awladana Relevansi dan Implementasinya di Era Digital

Authors

  • Muh Fathan Mubiina Munief Fajri Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nurul Humaidi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Fahrudin Mukhlis Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2165

Keywords:

Education, Muhammad Bin Jamil Zainu, Kaifa Nurabbi Awladana

Abstract

Pemahaman tentang pendidikan karakter anak dalam konteks ajaran Islam di Indonesia mengalami penurunan yang signifikan, terutama dengan maraknya penggunaan media sosial sebagai sumber utama informasi. Tujuan dari Penelitian ini adalah menganalisis, mengkaji relevansi serta implementasi konsep pendidikan anak dalam Islam di era digital berdasarkan buku Kaifa Nurabbi Awladana karya Muhammad Bin Jamil Zainu. Beberapa metode pendidikan yang dibahas antara lain keteladanan, pembiasaan, dialog, cerita, dan praktik langsung. Penekanan diberikan pada peran penting keluarga, terutama orang tua, dalam membentuk karakter anak yang berakhlak mulia dan memiliki pemahaman agama yang kuat. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan deskriptif-analitis, mengkaji sumber-sumber primer dan sekunder yang relevan. Pembahasan berpusat pada tafsir Surat Luqman ayat 13-19 sebagai landasan pendidikan anak, yang mencakup aspek tauhid, akhlak, dan ibadah. Pembahasan dalam penelitian ini dibandingkan dengan penelitian sebelumnya terletak pada kontekstualisasi konsep pendidikan anak dalam Islam, khususnya yang diuraikan dalam buku "Kaifa Nurabbi Awladana" karya Muhammad Bin Jamil Zainu, terhadap tantangan era digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pendidikan anak yang diuraikan dalam buku tersebut masih sangat relevan dan dapat diadaptasi untuk menghadapi kompleksitas dunia modern, dengan tetap berpegang pada prinsip-prinsip Islam.

References

Al-Hamed, M., Singal. 2019. ‘Embedding Education for Children with Disabilities into Early Childhood Education Systems in Pakistan and Bangladesh. Journal of Human Development and Capabilities: 400–417

Aziz Abdullah, Al-Fauzan. 2007. ‘Fiqh Sosial’: h. 206-207

Bening, Tiara Permata, and Sutrisno. 2021. ‘Pembiasaan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Digital’, Prosiding: 104–22

Cahyono, Aris Dwi. 2020. ‘Membangun Komunikasi Efektif Dalam Menentukan Keberhasilan Pembelajaran’, PPPPTK BOE Malang <https://bbppmpvboe.kemdikbud.go.id/bbppmpvboe/berita/detail/membangun-komunikasi-efektif-dalam-menentukan-keberhasilan-pembelajaran>

Elfan Fanhas. 2015. MODEL-MODEL PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR`ANBerdasarkan Kisah Para Nabi, Rasul Dan Shalihin, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., I

Fika Fitrotin Karomah, and Ali Rahmat. 2022. ‘Model Pendidikan Karakter Dalam Kisah Luqman Al-Hakim’, Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10.1: 101–20 <https://doi.org/10.52185/kariman.v10i1.203>

Hasanah, Ainul. 2015. ‘URGENSI PENDIDIKAN MORAL DAN AKHLAK Abstrak : Abstract ’:, ’Anil Islam, 8.64: 25–47

Huda, H., Utomo, A. P., & Nursyamsiyah, S. (2023). EPISTEMOLOGI SEKOLAH MUHAMMADIYAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA ISLAM DITENGAH MASYARAKAT NON-MUSLIM. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2), 268-281.

Huda, H. (2022, August). Konstruksi Nilai Multikultural Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. In Proceeding Annual Conference on Islamic Religious Education (Vol. 2, No. 1).

Huda, H. (2018). Optimalisasi Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).

HQQ. 2021. ‘Kontekstualisasi Tafsir Surat Luqman Ayat 13-19 Dalam Pendidikan Anak Di Era Digital’, Journal of Chemical Information and Modeling <http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/11780/>

Imam Musbikin ; 2010. ‘Buku Pintar Paud ( Dalam Perspektif Islam)’, Yogyakarta Kanisius 1990, 239 hlmilu <https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=260718>

Indra. [n.d.]. ‘PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF MUHAMMAD BIN JAMIL ZAINU DALAM BUKU KAIFA NURABBI AULADANA’

Juwita, Dwi Rinjani. 2018. ‘Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millennial’, At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7.2: 282–314

Khasanah, Ahlamatul. 2022. ‘Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Berbakti Kepada Orang Tua Prespektif Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 14’, Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 2.1: 1–11 <https://doi.org/10.32699/alphateach.v2i1.3371>

M. Cholil Nafis dan Abdullah Ubaid. 2024. ‘Membangun Keluarga Maslahah’, 1: 4–6

Ma’rufi, A. 2018. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti, Repository.Uinjkt. Ac.Id <https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61783>

Masruroh, Latifatul. 2015. ‘METODE PENDIDIKAN DALAM AL- QUR ’ AN’, 1.1: 43–52

Muh. Faiz Fawwaz Asir, Aden Herawati. 2020. ‘Konsep Akhlak Dalam Islam’, Akhlak Dalam Islam, 2.2: 6

Mukhtarillah, Aidi. 2013. ‘Kondisi Masyarakat Arab Pada Saat Al-Qur’an Di Turunkan’, Kementerian Agama Provinsi Bengkulu: 1–20

Mukodi, Mukodi. 2011. ‘Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Surat Luqman’, Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19.2: 429–50 <https://doi.org/10.21580/ws.19.2.166>

Mulyana, Deddy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial, Revisi (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2006) https://lib.ui.ac.id/detail.jsp?id=128776>

Ninla Elmawati. 2014. ‘Konsep Ikhlas Dalam Buku Tasawuf Modern Karya Buya Hamka’, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5.2: 40–51 <https://doi.org/10.47453/eduprof.vli2.23.2>

Nufus, Fika Pijaki, Siti Maulida Agustina, Via Laila Lutfiah, and Widya Yulianti. 2018. ‘Konsep Pendidikan Birrul Walidain Dalam Qs. Luqman (31): 14 Dan Qs. Al – Isra (17) : 23-24’, Jurnal Ilmiah Didaktika, 18.1: 16 <https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3082>

Octianti, Delvi. 2020. ‘Konsep Pendidikan Birrul Walidain Dalam Surat Al-Isra’ Ayat 23-24 Dan Cara Merealisasikannya Pada Era Milenial’: 78

Putra, Kurlianto Pradana, Suprihatin Suprihatin, and Oni Wastoni. 2022. ‘Makna Sakinah Dalam Surat Al-Rum Ayat 21 Menurut M. Quraisy Syihab Dalam Tafsir Al-Mishbah Dan Relevansinya Dengan Tujuan Perkawinan Dalam Kompilasi Hukum Islam’, MASLAHAH (Jurnal Hukum Islam Dan Perbankan Syariah), 12.2: 15–34 <https://doi.org/10.33558/maslahah.v12i2.3203>

Qablana, Man, Hamka Haq, and Fiqhi. 2017. ‘Metode Pemahaman Hadis Jaringan Islam Liberal Husaen Pinang’, 7.2: 113–38

Riyani, Irma, and Yeni Huriani. 2017. ‘Reinterpretasi Asbāb Al-Nuzūl Bagi Penafsiran Alquran’, Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2.1: 113–30 <https://doi.org/10.15575/jw.v2i1.863>

Robeah Ferawati. 2011. ‘Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut Al Quran’

Sari, D W, M S Putri, and N Nurlaili. 2023. ‘Relevansi Pendidikan Islam Di Era Digital Dalam Menavigasi Tantangan Modern’, Science and Education Journal (SICEDU), 2.2: 372–80 <https://sicedu.org/index.php/sicedu/article/view/129>

Sarina. 2017. Konsep Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 13-19, Universitas Islam Negri Alaudin Makassar, LIII

Septina, Atika, Muyasaroh Muyasaroh, Dwi Noviani, and Destri Wulandari. 2023. ‘Al-Qur’an Dan Urgensinya Dalam Kehidupan Manusia’, Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4.3: 127–35 <https://doi.org/10.59059/tarim.v4i3.211>

Syafri, Ulil Amri. 2018. ‘27 Implementasi Surat Lukman Ayat 12-19 Dalam Pembentukan Akhlak Siswa SDIT Pondok Duta’, Prosiding Bimbingan Konseling: 238–48

Syamsir, Syamsir. 2016. ‘Pendidikan Karakter Ala Luqmanul Hakim’, Tingkap, 12.1: 98 <https://doi.org/10.24036/tingkap.v12i1.7454>

Ulfah, Ende Nurul. 2021. ‘KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM KARANGAN ABDULLAH NASHIH ULWAN’

Unique, Aflii. 2016. ‘Pendidikan Akhlak’: 1–23

Waangsir, Agussalim. 2023. ‘Fungsi Komunikasi Keluarga Berdampak Pada Perkembangan Kedisiplinan Anak’, Jssha Adpertisi Journal, 2.2: 20–28 <https://doi.org/10.62728/jsshha.v2i2.378>

Wardatul, Farisah. 2021. ‘KONSEP MENDIDIK ANAK DALAM KITAB KAIFA NURABBI AUL ĀD AN Ā KARYA MUHAMMAD BIN JAMIL ZAINU DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PADA K-13’ <http://repositori.staialanwar.ac.id/351/1/1-HALAMAN AWAL.pdf>

Zainū, Muḥammad Jamīl. 1991. ‘Kaifa Nurabbī Aulādanā’ (mesir: maktabah noor), p. 69

Zubaedy, M. 2018. ‘Konsep Pendidikan Anak Menurut Qs. Luqman Ayat 13-19’, Didaktika Jurnal Kependidikan: 135–50

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Munief Fajri , M. F. M., Humaidi , N., & Mukhlis , F. (2024). Analisis Konsep Pendidikan Anak Dalam Buku “Kaifa Nurabbi Awladana” Relevansi Dan Implementasinya Di Era Digital: Analisis Konsep Pendidikan Anak Dalam Buku Kaifa Nurabbi Awladana Relevansi dan Implementasinya di Era Digital. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 7(2), 123–142. https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2165