Archives
-
TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 6 No. 2 (2023)Pada edisi ini, jurnal TARLIM berisi 9 artikel dari hasil penelitian dan kajian kritis. Pada edisi ini, artikel-artikel yang diterbitkan meliputi masalah-masalah dan kajian penelitian berupa The Effectiveness of Implementing the Shafi'i Method to Improve Quran Reading Skills for Women's Recitation groups, Implementasi Penilaian Otentik Sikap dalam Kurikulum Ismuba, Pengaruh Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar Siswa, dan Media Pembelajaran terhadap Kualitas Pembelajaran Fikih, Sosialisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Film Animasi Nussa Rara The Movie Dalam Membentuk Karakter Solidaritas, Pembinaan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Habituasi Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Robbani Malang, Membangun Konsep Mengajar Berbasis Keilmuan Pendidikan Islam. Peningkatan Hasil Dalam Pembelajaran Bagi Siswa PAI Dengan Menggunakan Media Powtoon, Inovasi Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka Untuk Peningkatan Soft Skill Mahasiswa, Policy Policy for Implementing The Merdeka Curriculum in ISMUBA Subject In The Era Social Dusruption and Society Revolustion 5.0.
-
TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 7 No. 2 (2024)Pada edisi ini, jurnal TARLIM berisi 12 artikel dari hasil penelitian dan kajian kritis. Pada edisi ini, artikel-artikel yang diterbitkan meliputi masalah-masalah dan kajian penelitian berupa judul : Analisis Konsep Pendidikan Anak Dalam Buku “Kaifa Nurabbi Awladana” Relevansi Dan Implementasinya Di Era Digital, Moderasi Beragama sebagai Pendekatan dalam Pendidikan Islam Indonesia, Internalisasi Mujahadah An-Nafs (Pengendalian Diri) dalam Memperkuat Akhlakul Karimah Peserta Didik, Memberdayakan Perempuan Melalui Pendidikan Islam : Perspektiif dan Tantangan Kontemporer, Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence pada Pembelajaran Al-Islam di Digital Technology Class Program, Self Awareness Berbasis Nilai-Nilai Religius Dalam Mengatasi Stres Akademik Mahasiswa Aktivis, Analisis Kebermanfaatan Aplikasi YouTube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Milenial, Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa, Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kesadaran Tadarus Al Qur’an Siswa, Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Perilaku Baik Siswa, dan Manajemen Fundraising Sebagai Upaya Meningkatkan Peranan Masjid At-Taqwa Muhammadiyah Sebagai Pusat Dakwah Islam, dan Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Disiplin Sholat Siswa . demikan keduabelas tema yang kami publis dalam edisi kali ini.
-
TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 6 No. 1 (2023)Pada edisi ini, jurnal TARLIM berisi 8 artikel dari hasil penelitian dan kajian kritis. Pada edisi ini, artikel-artikel yang diterbitkan meliputi masalah-masalah dan kajian penelitian berupa Correlation Of Learning Interest To Student Learning Outcomes In Fikih. Islamic Religious Education Learning Guidance For Tunalaras Children. The Role of Islamic Religious Education Teachers in Preventing Radicalism On Learners. The Educational Method in the Perspective of Al-Quran. Strengthening Student Character Through Curriculum Development Based On Social Reconstruction. Application of the Deliberation Method for the Study of the Book of Fiqh In Improving Santri's Critical Thinking Ability. Implementation of Anti-Extremism Islamic Education in Knitting Harmony. Self Liking Manifestations In The Construction Of Self Esteem.
-
TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 7 No. 1 (2024)Pada edisi ini, jurnal TARLIM berisi 9 artikel dari hasil penelitian dan kajian kritis. Pada edisi ini, artikel-artikel yang diterbitkan meliputi masalah-masalah dan kajian penelitian berupa judul : Harmony In the Classroom: Integrating the Values of Appreciation and Empathy Through Learning and The Anti-Bullying Campaign in Schools, Strategi Pembelajaran Agama Islam Terhadap Akhlakqul Karimah Siswa Sekolah Dasar, Impelementasi Metode Terjemah Lafdziyah Pada Pembelajaran Al Qur’an di Majelis Ta’lim Robbaniy Jember, Peran Agama Islam Terhadap Masyarakat Muslim Perspektif Syekh Ali Jaber, Pelaksanaan Proses Tasmi' Seraya Menambah dan Menjaga Bobot Hafalan Al-Qur'an Siswa, Homeschooling Policy And Its Relevance To Strengthening Islamic Education In Indonesia In The Digital Era, Implementasi Nilai Agama Islam Bagi Santri Usia Dini di TAUD Saqu Jember, Strategi Menghafal Al Qur’an pada Mahasiswa: Pendekatan Metode Talqin, dan tentang Konsep Ilmu dan Pendidikan dalam Perspektif Surat Al-Mujadalah Ayat 11. demikan ke sembilan tema yang kami publis dalam edisi kali ini.
-
TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 8 No. 1 (2025)Kami ucapkan Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga jurnal TARLIM menerbitan edisi Vol. 8 No. 1 Maret 2025. Terbitnya Jurnal TARLIM Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jember diharapkan dapat meningkatan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah. Pada edisi ini, jurnal TARLIM berisi 12 artikel dari hasil penelitian dan kajian kritis. Pada edisi ini, artikel-artikel yang diterbitkan meliputi masalah-masalah dan kajian penelitian berupa Educational Evaluation: Analyzing The Quality Of Summative Tests At Modern Junior High School, The Effect of Teacher Discipline and Learning Interest on Student Achievement, Penerapan Hidden Curriculum Sebagai Bentuk Pengembangan Karakter Peserta Didik, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Kristen dalam Membentuk Sikap Toleransi, Resiliensi Jiwa dalam Pendidikan Islam: Interpretasi QS. AZ-Zumar ayat 53 pada Optimisme Harapan Hidup Penuntut Ilmu, Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran PAI, Pemanfaatan Digitalisasi Pesantren Melalui Sistem Administrasi dan Pelaporan Pendidikan Berbasis Aplikasi Santri App, Reference of Religious Education Among the Panyabungan Community: An Analysis of the Selection of Tahfidz Schools and the Challenges Faced, Curriculum Design For Non-Formal Diniyah Madrasah at Pondok Pesantren, Upaya Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Melalui Program Jum’at Amal, Penerapan Latihan Memanah Dan Berkuda Sebagai Upaya Meningkatkan Kognitif Anak Di Pusat Riadah Wadiannour dan Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap Religius Murid di Tadika Suria Edukids Center.