Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kesadaran Tadarus Al Qur’an Siswa

Authors

  • Ahmad Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ode Mohamad Man Arfa Ladamay Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2440

Keywords:

Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tadarus Al-Qur’an

Abstract

SMP Muhammadiyah 4 Kebomas Merupakan sekolah yang memiliki siswa yang latar belakang yang mempunyai kemampuan di bidang yang berbeda-beda, ada yang bagus di bidang umumnya dan ada pula yang bagus di bidang keagamaannya. Oleh karana itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan Strategi pembelajaran PAI dalam menumbuhkan kesadaran tadarus al-Qur’an siswa SMP Muhammadiyah 4 kebomas dengan menggunakan metode tajdied yang di gunakan di SMP Muhammadiyah 4 Kebomas dalam pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan jenis penelitian yang dipakai ialah deskritif kualitif. Informan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observsi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan pengumpulan data akan di analisis menggunakan metode analisis datanya ialah deskriptif kualitatif. subjek penelitian berasal dari siswa dan guru PAI sekaligus ketua Ismuba. Sumber lain yang di gunakan peneliti ialah melalui dokumen dan jurnal jurnal seluruh kegiatan di SMP Muhammadiyah 4 kebomas. Dalam penelitian metode tajdied yang di gunakan, dapat terbukti sebagai metode utama yang efektif dan efisien untuk perkembangan belajar membaca dan menghafal al-Qur’an. Dan untuk kegiatan pembiasaan yang di lakukan yakni setiap hari sebelum masuk ke kelas masing-masing masing dengan pembagian siswa secara berkelompok yang sesuai dengan kemampuannya dengan  menggunakan sistem kasikal, guru membaca ayat yang di pelajari atau di hafalkan lalu siswa akan merespon apa yang di baca oleh guru tersebut dan itu di lakukan secara berulang-ulang. Hasilnya dengan menggunakan metode yang seperti itu bagi siswa terbukti sangat efesien. Terlihat dari hasil perubahan atau perkembangan setiap siswa yang sudah mengikuti program ini sudah banyak perkembangan baik dari segi membaca al-Qur’an ataupun menghafalkan al-Qur’an.

References

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan akhlak menurut imam Al-Ghazali. At-Ta'dib, 10(2). Hasan, Muhammad, et al. "Pendidikan Dan Sunber Daya Manusia : Menggagas Peran Pendidikan Dalam Menbentuk Modal Manusia." Penerbit Tahta Media (2023).

Hasan, M., Nasution, N., Sofyan, S., Guampe, F. A., Rahmah, N., Mendo, A. Y., ... & Atirah, A. (2023). Pendidikan Dan Sunber Daya Manusia : Menggagas Peran Pendidikan Dalam Menbentuk Modal Manusia. Penerbit Tahta Media.

Purba, F. (2016). Pendekatan dalam Studi Al-Quran: Studi tentang Metode dan Pendekatan Al-Quran. Jurnal As-Salam, 1(2), 27-38.

Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113-124.

Muchith, M. S. (2017). Guru PAI yang profesional. Quality, 4(2), 200-217.

Syarifah, N. A., Nur, T., & Herdiyana, Y. (2022). Implementasi Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Siswa di MTs Al-Imaroh Cikarang Barat. FONDATIA, 6(3), 691-701.

Sriyono, S., Andhim, M., & Ridwan, M. (2024). Paradigma Ilmu Integratif Perspektif Kuntowijoyo. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 22(1), 39-49.

Ridwan, M., & Sukamto, S. (2023). Pendampingan Manajemen Penghimpunan Dana ZISKA pada LAZ dan UPZ di Kabupaten Semarang. Jurnal Abdimas PHB Vol, 6(2).

Rois, C., Dewi, M. S., & Robaniyah, N. (2023). The History of Pesantren: An Overview of Civilizational Discourse and the Religious Moderation Among Santri. Progresiva: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(01), 147-160.

Wani, A. S., Yasmin, F. A., Rizky, S., Syafira, S., & Siregar, D. Y. (2024). Penggunaan Teknik Observasi Fisik dan Observasi Intelektual Untuk Memahami Karakteristik Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3737-3743.

Suherman, E., & Ridwan, M. (2024). Strategi Menghafal Al Qur’an pada Mahasiswa Pendekatan Metode Talqin. TARLIM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 7(1), 95-105.

Muhibudin, L. W. (2016). Manajemen Public Relation: Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat.

Ifadah, L., & Utomo, S. T. (2019). Strategi pembelajaran pendidikan agama islam dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Al Ghazali, 2(2), 51-62.

Hasbullah, H., Juhji, J., & Maksum, A. (2019). Strategi belajar mengajar dalam upaya peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17-24.

Huda, H., & Nursyamsiyah, S. (2024). Al Islam and Kemuhammadiyahan as Driving Force for Lecturer Performance at Universitas Muhammadiyah Jember. American Journal of Science and Learning for Development, 3(7), 25-36.

Robani, M. E., Rachim, F. A., & Febriani, A. (2021). Metode learning by doing dalam mengoptilalisasi kualitas belajar siswa SMP. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1), 24-30.

Aslamiyah, S. S. (2020). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Penanaman Budaya Disiplin Siswa. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 183-194.

Efriyanti, S. S., Masri, D., & Siregar, R. H. (2023). Strategi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Al-Quran Dengan Kegiatan Tadarus Al-Quran Di MDA Al-Amin. LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies, 2(1), 1-8.

Fitriani, Z. (2018). Strategi guru PAI dalam meningkatkan minat membaca dan menghafal Al-Qur’an pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 31 Pagaralam. Muaddib: Islamic Education Journal, 1(1), 53-62.

Mayangsari, R., & Nisak, N. M. (2024). Penerapan Metode Tajdied pada Pembelajaran Membaca Al-Qur’an dalam Membentuk Siswa Berprestasi di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 513-524.

AN, A. N., Nurrohim, A., Ash-Shiddiqi, I. J., Azizi, M., Agus, M., Lovely, T., ... & Akhyar, S. (2023). Pelatihan Metode Tajdied Untuk Meningkatkan Membaca Al Quran Siswa SD Muhamammadiyah Program Khusus Kottabarat. Jurnal Pema Tarbiyah, 2(1), 50-68.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU==> https://journal. uny. ac. id/v3/jpa), 6(2), 203-213.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Ahmad, & Man Arfa Ladamay, O. M. (2024). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kesadaran Tadarus Al Qur’an Siswa. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 7(2), 221–230. https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2440