Pengaruh Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar Siswa, dan Media Pembelajaran terhadap Kualitas Pembelajaran Fikih
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v6i2.583Keywords:
Asesmen Autentik, Penilaian Sikap, Kurikulum Ismuba.Abstract
Peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain penerapan pengelolaan kelas yang baik, peningkatan motivasi siswa, dan pemaksimalan penggunaan media pembelajaran. Peneliti mengamati proses pembelajaran fikih di MTs Nurul Islam kota Sukabumi dan menemukan bahwa kualitas pembelajaran masih kurang baik. Hal ini terlihat dari rendahnya nilai ulangan harian mata pelajaran fiqih berdasarkan penelitian dokumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas, motivasi siswa dan media pembelajaran terhadap kualitas pembelajaran fiqh di MTs Nurul Islam kota Sukabumi. Metode penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dan metode penelitian kuantitatif korelasional berupa observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Untuk pengolahan data digunakan program SPSS Versi 24, dan hasil penelitian ini signifikan karena hasil verifikasi regresi melalui SPSS Versi 24 diketahui memiliki nilai signifikan 0,072 > 0,05, menolak H0 dan menerima H1. Pengaruh pengelolaan kelas, motivasi belajar siswa dan media pembelajaran terhadap kualitas pembelajaran Fiqh. Hasil uji determinasi sebesar 0,778 atau 77,8% yang berarti kualitas pembelajaran fiqh dipengaruhi oleh pengelolaan kelas, motivasi belajar siswa, dan media pembelajaran sebesar 77,8% dan sisanya sebesar 22,2% dipengaruhi oleh variabel lain. . 05 Maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga ada pengaruh pengelolaan kelas, motivasi siswa dan media pembelajaran terhadap kualitas pembelajaran Fiqh. Hasil uji determinasi sebesar 0,778 atau 77,8% yang berarti kualitas pembelajaran fiqh dipengaruhi oleh pengelolaan kelas, motivasi belajar siswa, dan media pembelajaran sebesar 77,8% dan sisanya sebesar 22,2% dipengaruhi oleh variabel lain. . 05 Maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga ada pengaruh pengelolaan kelas, motivasi siswa dan media pembelajaran terhadap kualitas pembelajaran Fiqh. Hasil uji determinasi sebesar 0,778 atau 77,8% yang berarti kualitas pembelajaran fiqh dipengaruhi oleh pengelolaan kelas, motivasi belajar siswa, dan media pembelajaran sebesar 77,8% dan sisanya sebesar 22,2% dipengaruhi oleh variabel lain
References
Afri. n.d. Manajemen Kelas. Pekan Baru: Kreasi edukasi.
Aslamiah, Diani Ayu Pratiwi, and Akhmad Riandy Agusta. 2022. Pengelolaan Kelas. Depok: Rajawali Pers.
Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Darul Azka, Nailul Huda, Munawwir Ridwan. 2016. Ushul Fiqh Terjemah Syarah Al-Waraqat. lirboyo: Santri Salaf Press.
Wahyudin Nur Nasution. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI. Medan: Perdana Mulya Sarana.
Fhatul, arifin toatubun, Muhammad Rijal. 2018. Profesional Dan Mutu Pembelajaran.
Gunawan, M. Asnil Aidah Ritonga. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Indudtri 4.0. Depok: Raja Grafindo Persada.
Harisudin, Noor. 2019. Pengantar Ilmu Fiqh.
Hasan, Muhammad, MPd Milawati, MPd Darodjat, and MAg DrTuti Khairani Harahap. 2021. Makna Peran Media Dalam Komunikasi Dan Pembelajaran │MEDIA PEMBELAJARAN. Klaten: Tahta Media Grup.
Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prasetyo, Hari Agus. 2013. Matematika Melalui Student Teams Achievement Division ( Stad ) Berbantuan Komputer.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitri Sulastri Fitri, Kun Nurachadijat, Endin Nasrudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.