Diseminasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Film Animasi Nussa Rara The Movie Dalam Membentuk Karakter Solidaritas

Authors

  • Firmansyah Muhammaddin Universitas Muhammadiyah Malang
  • Hadi Nur Taufiq Universitas Muhammadiyah Malang
  • Mohammad Kamaluddin Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v6i2.714

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Nussa Rara The Movie, Solidaritas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis cara film animasi Nussa Rara the Movie menyampaikan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang berperan dalam membentuk karakter solidaritas. Penelitian ini menggunakan teori Humanisme yang fokus pada nilai-nilai seperti keadilan, empati, dan kebaikan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman yang tepat dan mendalam tentang objek atau fenomena yang sedang diteliti. Hasil penelitian menjelaskan bahwa film animasi Nussa Rara the Movie berhasil menyampaikan nilai-nilai pendidikan agama Islam dan membentuk karakter solidaritas. Film ini menggambarkan konsep-konsep penting dalam agama Islam, seperti kasih sayang, tolong-menolong, kerja sama, kejujuran, dan kedermawanan, yang membentuk karakter solidaritas. Melalui adegan-adegan yang menggambarkan sikap empati, kepedulian, dan kebaikan hati, film ini dapat memotivasi penonton untuk menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam aktivitas sehari-hari.

References

Amin, A, S Zulkarnain, And S. Astuti. 2019. “Implementasi Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup Dan Budaya Di Sekolah Menengah Pertama.” . Indonesian Journal Of Social Science Education (Ijsse), 1(1): 96–113. Https://Core.Ac.Uk/Reader/229578980.

Anggy Widia Ramadanti, And Padilah. 2022. “Pengaruh Film Animasi Nussa Dan Rara Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini.” Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(03): 95–102. Https://Journal.Unilak.Ac.Id/Index.Php/Paud-Lectura/Article/View/10696/4345.

Aziz, Zuhdan. 2019. “Fluxus Animasi Dan Komunikasi Di Era Media Baru Digital.” Channel Jurnal Komunikasi 7(1): 49–58. Http://Journal.Uad.Ac.Id/Index.Php/Channel/Article/View/13017/6559.

Bafadhol, Ibrahim. 2017. “Pendidikan Akhlak Dalam Persfektif Islam.” Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 06(12): 45–61. Https://Journal.Uniga.Ac.Id/Index.Php/Jp/Article/View/73.

Candra Dwipa Artha. 2019. “Peran Pengurus Organisasi Asrama Dalam Melaksanakan Solidaritas Organik Antatr Mahasiswa Di Asrama.” Jurnal Keperawatan (99): 479–86. Https://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Jpdpb/Article/View/37240.

Cholik, Mochamad, And Susi Tri Umaroh. 2019. “Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Di Era Pandemi.” Sustainability (Switzerland) 11(1): 1–14. Http://Scioteca.Caf.Com/Bitstream/Handle/123456789/1091/Red2017-Eng-8ene.Pdf?

Sequence=12&Isallowed=Y%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Regsciurbeco.2008.06.005%0ahttps://Www.Researchgate.Net/Publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari.

Djayadin, Chairunnisa, And Fathurrahman Fathurrahman. 2020. “Teori Humanisme Sebagai Dasar Etika Religius (Perspektif Ibnu Athā’illah Al-Sakandarī).” Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian 15(1): 28. Http://Ejournal.Iainkendari.Ac.Id/Al-Izzah/Article/View/1788.

Elihami, Elihami. 2022. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Kasta : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan 2(3): 148–59. Https://Ummaspul.E-Journal.Id/Maspuljr/Article/View/17/15.

Firmansyah, Iman, Mokh. 2019. “Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 17(2): 79–90. Http://Jurnal.Upi.Edu/File/01_Pendidikan_Agama_Islam,_Pengertian,_Tujuan,_Dasar,_Dan_Fungsi.Pdf.

Hanyfah, Siti, Gilang Ryan Fernandes, And Iwan Budarso. 2022. “Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash.” Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi) 6(1): 339–44. Https://Proceeding.Unindra.Ac.Id/Index.Php/Semnasristek/Article/View/5697/1350.

Hidayat, Arief. 2019. “Reposisi Tujuan Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwah 1(2): 93–100. Http://Journal.Staislantaboer.Ac.Id/Index.Php/Medikom/Article/View/7.

Husna, Fathayatul, And Ratna Sari Dewi. 2021. “Islamic Education Movie: Character Learning Through Nussa-Rara Movie.” International Journal Of Islamic Educational Psychology 2(1): 36–52. Https://Journal.Umy.Ac.Id/Index.Php/Ijiep/Article/View/11209/6423.

Ikhwantoro, Moch Eko, Abd Jalil, And Ach Faisol. 2019. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Animasi Nussa Dan Rara Karya Aditya Triantoro.” Vicratina Jurnal Pendidikan Islam 4(2): 65–71. Http://Jim.Unisma.Ac.Id/Index.Php/Fai/Article/View/3195/2901.

Lisefti Fatimah, Euis, Yuyun Yulianingsih, And Syam’iyah. 2020. “Kemandirian Anak Usia Dini Dengan Penggunaan Media Film Animasi ‘Nussa Dan Rara.’” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (2): 74–83. Https://Murhum.Ppjpaud.Org/Index.Php/Murhum/Article/View/10.

M. Fathi Halimi. 2019. “Pendekatan Humanisme Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pemikiran & Pencerahan 14(1): 1–21. Https://Murhum.Ppjpaud.Org/Index.Php/Murhum/Article/View/10.

Melati, Eka Et Al. 2023. “Pemanfaatan Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.” 06(01): 732–41. Https://Www.Jonedu.Org/Index.Php/Joe/Article/View/2988/2538.

Munir, Misbahul, And Ummi Nur Rokhmah. 2020. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi Anak Channel Youtube Nussa Official.” Al-Mudarris 3(1): 66–80. Https://E-Journal.Staima-Alhikam.Ac.Id/Al-Mudarris/Article/View/389/Pdf.

Nanda, Alfin Syahri, And Alfurqan. 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Kartun Nussa & Rara.” An-Nuha 1(4): 490–99. Https://Www.Jonedu.Org/Index.Php/Joe/Article/View/2988.

Normawati. 2016. “Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Smp Di Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Karakter (1): 48–69. Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jpka/Article/View/8612/7104.

Nuha, Siti Ulin, Erik Aditia Ismaya, And Much Arsyad Fardani. 2021. “Nilai Peduli Sosial Pada Film Animasi Nussa Dan Rara.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar 03(2): 207–13. Https://Journal2.Unusa.Ac.Id/Index.Php/Cej/Article/View/2109.

Nurafifah, Erllayusi. 2021. 14 Dspace Repository “Penerapan Teori Humanistik Abraham Maslow Oleh Tokoh Sensei Dalam Anime Haikyu!! Karya Haruichi Furudate Dan Kaitannya Dengan Metode Pendidikan Agama Islam.” Universitas Islam Indonesia. Https://Dspace.Uii.Ac.Id/Handle/123456789/37007.

Purnama, Medina Nur Asyifah. 2020. “Nilai-Nilai Pendidikan Moral (Santun Dan Hormat Pada Orang Lain) Dalam Film Animasi Nussa Dan Rara (Dalam Episode Kak Nussa).” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 2(1): 38–48. Https://Ejournal.Insuriponorogo.Ac.Id/Index.Php/Scaffolding/Article/View/279/205.

Rahmadania, Sinta, Achmad Junaedi Sitika, And Astuti Darmayanti. 2021. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat.” Edumaspul 5(2): 221–26. Https://Ummaspul.E-Journal.Id/Maspuljr/Article/View/1978.

Rahmat, Andi Erlangga, And Firdaus W Suhaeb. 2023. “Perspektif Emile Durkheim Tentang Pembagian Kerja Dan Solidaritas Masyarakat Maju.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 7(3): 2138–44. Https://Ejournal.Mandalanursa.Org/Index.Php/Jisip/Article/View/5233.

Ristianto, Defa, Amalia Rosyadi Putri, And Tenika Illananingtyas. 2020. “Pesan Dakwah Akhlak Dalam Animasi Serial Nusa Dan Rara Pada Episode Toleransi Di Media Youtube; Analisa Simiotik Roland Barthes.” Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam 3(01): 28–36. Https://Ejournal.Iai-Tribakti.Ac.Id/Index.Php/Kopis/Article/View/1567.

Saidang, Saidang, And Suparman Suparman. 2019. “Pola Pembentukan Solidaritas Sosial Dalam Kelompok Sosial Antara Pelajar.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3(2): 122–26. Https://Ummaspul.E-Journal.Id/Maspuljr/Article/View/140/90.

Sayekti, Alina Ningrum, Nur Fajrie, And Much. Arsyad Fardani. 2022. “Nilai Religius Dan Toleransi Dalam Film Animasi ‘Nusa Dan Rara.’” Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan 5(1): 10–19. Https://Jurnal.Umk.Ac.Id/Index.Php/Pendas/Article/View/7455.

Septianti, Fitria, And Nur Hafidz. 2021. “Strengthening Children’s Religious And Moral Values In Shamil And Dodo Cartoon Film.” Child Education Journal 3(1): 64–77. Https://Journal2.Unusa.Ac.Id/Index.Php/Cej/Article/View/2109.

Sumantri, Budi Agus, And Nurul Ahmad. 2019. “Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Dasar 3(2): 1–18. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Fondatia/Article/View/216.

Yusuf, Muhammad Zulfikar, And Destita Mutiara. 2022. “Diseminasi Informasi Moderasi Beragama: Analisis Konten Website Kementerian Agama.” Dialog 45(1): 127–37. Https://Jurnaldialog.Kemenag.Go.Id/Index.Php/Dialog/Article/View/535/248.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Muhammaddin, F., Hadi Nur Taufiq, & Mohammad Kamaluddin. (2023). Diseminasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Film Animasi Nussa Rara The Movie Dalam Membentuk Karakter Solidaritas. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 6(2), 135 –. https://doi.org/10.32528/tarlim.v6i2.714