Peningkatan Hasil Dalam Pembelajaran Bagi Siswa PAI Dengan Menggunakan Media Powtoon
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v6i2.772Keywords:
Media Powtoon, Hasil Pembelajaran, Siswa PaiAbstract
Powtoon adalah perangkat lunak web inovatif sederhana yang bisa menciptakan animasi menarik menggunakan aplikasi tersebut Animasi ini dapat digunakan untuk penggunaan pribadi dan publik. Penggunaan Powtoon yang khas di sekolah juga digunakan dalam iklan, video penjualan dan investasi. Digunakan pada lingkungan sekolah untuk membantu guru menjelaskan materi pembelajaran pada siswa. Powtoon tersedia online atau dapat diunduh sebagai file mp4 (video) yang gambarnya berubah secara bertahap dengan kecepatan tinggi. Animasi membuat gambaran pergerakan objektif. Animasi memungkinkan objektif padat atau statis untuk bergerak dan terlihat seperti hidup.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis PowToon sebagai salah satu aplikasi multimedia yang dapat dijadikan media pembelajaran memiliki berbagai keunggulan misalnya memiliki fitur animasi yang sangat menarik diantaranya animasi tulisan tangan, animasi kartun dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan lini masa yang sangat mudah.. maka Peranan guru sangat diperlukan untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar agar materi dapat dipahami secara optimal. Dan dengan menggunakan media powtoon mempermudah peserta didik dalam memperhatikan hal seperti membuat naskah materi, menyiapkan rekaman suara, menambahkan gambar atau animasi menarik, menggunakan timeline dengan tepat, dan menyimpan scene. Dampak penggunaan powtoon sebagai media pembelajaran dapat menumbuhkan dorongan belajar siswa, potensi yang dimiliki siswa dapat berkembang metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan tindakan kelas. penelitian menunjukkan bahwa powtton akan menjadikan pembelajaran lebih menarik dan berpikir kreatif
References
Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modeling
Astutik, W., & Hermanto. (2019). pengertian powtoon. Pengembangan Rancangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Materi Teks Prosedur Kelas Vii Di Smp Negeri 3 Mlati.
Ekawati, T. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,
Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Bhakti, Y. B. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan Video Animasi Pembelajaran Interaktif dengan Powtoon. Jurnal SOLMA, 10(1). https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.6268
Januszweki, Alan dan persichitee, Kay A.A History of the Aect’s Definitions of Educational Tecnology. Dalam Januszwski, Alan Molenda, Michael. Educational Technolgy: A Definition with commentary. New York: Taylor & prancis Grup. 2008
Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powtoon pada Guru-Guru di Lingkungan Gugus I Bogor Tengah Kota Bogor. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i3.6415
Qurrotaini, L., Sari, T. W., & Sundi, V. H. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, E-ISSN: 27.
Setiyani, Dina Pratiwi Dwi Santi, F. F. (2020). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Salah Satu Alternatif Media. SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(November).
Musofa, N., & Janattaka, N. (2019). Pemanfaatan Media Powtoon Pada Materi Komik Di Sekolah Dasar. INVENTA, 3(2). https://doi.org/10.36456/inventa.3.2.a2013
Ernalida, Lidyawati, Y., Ansori, Gafur, A., Hikmah, N., & Utami, R. (2018). Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi sebagai Upayadalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia Dan Pembelajaran, 5(2).
E. Febriani Putri, “Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., no. 2, pp. 198–205, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
P. Media et al., “Pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis animasi powtoon pada pelajaran pendidikan agama islam kelas x materi dakwah rasulullah di makkah,” 2022
D. G. Ayu et al., “MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERINTEGRASI NILAI-NILAI AGAMA PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENGEMBANGKAN,” vol. 9, no. 2, pp. 65–74, 2019.
S. Azhar, “PENGARUH MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL PEKERTI KELAS VII SMPI AL-ANSHOR CIBINONG 1443 H / 2022 M,” 2022.
Laksono, H. S. Iriansyah, and E. Oktaviana, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Interakif Powtoon pada Mata Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. STKIP Kusuma Negara II, 2020.
S. Nasional et al., “Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi,” no. Prospek I, pp. 25–31, 2022.
I. Pratiwi, “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa,” vol. 6, no. 3, pp. 302–308, 2022.
J. H. Penelitian, K. Kepustakaan, and B. Pendidikan, “Jurnal Kependidikan:,” vol. 9, no. 1, pp. 258–271, 2023.
Januszweki, Alan dan persichitee, Kay A.A History of the Aect’s Definitions of Educational Tecnology. Dalam Januszwski, Alan Molenda, Michael. Educational Technolgy: A Definition with commentary. New York: Taylor & prancis Grup. 2008
M. H. Anak, “1. Pendahuluan,” vol. 6, no. 4, pp. 682–687, 2021.
P. Pembelajaran, M. Media, and P. Video, “Inovasi Kurikulum,” pp. 115–127, 1992
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 raraswari123

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.