Implementasi Penilaian Otentik Sikap dalam Kurikulum Ismuba

Authors

  • Alvizar Alvizar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Maemonah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v6i2.805

Keywords:

Authentic Assessment, Attitude Assessment, Ismuba Curriculum

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang penerapan asesmen autentik ranah sikap pada kurikulum ismuba di SD Muhammadiyah Kadisoka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan asesmen autentik ranah sikap pada kurikulum ismuba sehingga mampuk membentuk karakter positif pada setiap anak didik di SD Muhammadiyah Kadisoka. Pada penlitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan melakukan berbagai analisi yang didapati di lapangan yang berhubungan dengan implementasi asesmen autentik pada ranah sikap di sekolah tersebut. Sumber data meliputi data primer dan data sekunder, yaitu koordinator ismuba, dokumen kurikulum ismuba SD Muhammadiyah Kadisoka serta dokumen-dokumen yang terkait dengan kurikulum sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan, disimpulkan bahwasanya penerapan asesmen autentik pada ranah sikap dalam kurikulum ismuba dilaksanakan secara terstruktur dan baik, bahkan pihak sekolah memberika buku kegiatan yang harus diisi oleh orang tua/wali untuk penilaian sikap anak didik ketika berada di luar lingkungan sekolah.

References

Akhwan M. (2014). Pendidkan Karakter: Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. El-Tarbawi, 7(1), 61–67.

Andriani, S., Suyitno, H., & Junaidi, I. (2019). The Application of Differential Equation of Verhulst Population Model on Estimation of Bandar Lampung Population. Journal of Physics: Conference Series, 1155, 012017.

Anisa, Alita Arifiana. (2015). Evaluasi Penerapan Penilaian Otentik dalam Kaitannya dengan Kesiapan S.M Menghadapi MEA, II 410-411.

Astuti Budi Handayani, Hendro Widodo, W. E. W. (2019). Penerapan Kurikulum Ismuba Terhadap Pembentukan Karakter Islami Anak didik SMP Muhammadiyah Banguntapan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2).

Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., &, & Umam, R. (2019). Probing-Prompting Based On Ethnomathematics Learning Model: The Effect On Mathematical Communication Skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799–814.

Hidayat, T., dan M. Syafe’i, (2018). Filsafat Perencanaan dan Implikasinya dalam Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah, ‖ Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(2), 188–205.

Iman, Nurul, (2021). et. al., ―Generosity Education for Children: Case Study At Mi Muhammadiyah Dolopo Madiun, ‖. Https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.27-10-2020.2304184.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Penerapan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 280–289.

Lund, Jacalyn. (1977). Authentic Assessment: It's Development and Applications. Journal of Physical Education, Recreation & Dance 68: 25.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penlitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, N. Suryanto. 2008. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nuriyanto, L. K. (2014). Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDIT al-Anwar dan Firdaus Mojokerto Jawa Timur. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 12(1).

Rumapea, M. E. (2014). Kurikulum 2013 yang Berkarakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2).

Siregar, Lailan Aprina. (Desember 2018). Penilaian Otentik dalam Kurikulum 2013, ‖ Al-Razi, 18(2), 1–11.

Sugiono. (2007). Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tantowi, T. R., & Widodo, H. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum Ismuba Sd Muhammadiyah Kalisoka Sentolo Kulonprogo DIY. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(1), 54–63.

Tiara, S. K. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Anak didik dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1).

Utami, R. D. (2016). Membangun Karakter Anak didik Pendidikan Dasar Muhammadiyah Melalui Identifikasi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 32–40.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Alvizar, A., & Maemonah. (2023). Implementasi Penilaian Otentik Sikap dalam Kurikulum Ismuba. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 6(2), 111–122. https://doi.org/10.32528/tarlim.v6i2.805