Pembinaan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Habituasi Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Robbani Malang
Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Robbani Malang
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v6i2.847Keywords:
Pembinaan karakter, Habituasi, Cinta tanah airAbstract
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu guna memahami serta mengetahui proses pembinaan karakter cinta tanah air dengan cara pembiasaan (habituasi). Pada penguatan karakter cintah tanah air, seluruh peserta didik harus mempunyai karakter cinta tanah air. Pembinaan karakter cinta tanah air ini bertujuan sebagai usaha dalam melakukan pencegahan dari menurunnya rasa bangga sebagai bangsa indonesia. Dalam pembinaan karakter cinta tanah air melalui habituasi dalam penelitian ini dilakukan dengan kegiatan pembiasan sehari-hari seperti: upacara bendera, menyanyikan lagu kebangsaan, jum’at bersih ekstrarikuler. Metode pendekatan kualitatif deskriptif diterapkan oleh peneliti pada penelitian ini. Data yang dilaksanakan dengan cara teknik observasi dengan melihat bagaimana kegiatan yang dilakukan di sekolah, selanjutnya melakukan wawancara di sekolah bertempatan di kantor guru, dan dokumentasi. Data yang diambil melalui wawancara berupa voice note, catatan wawancara. Hasil dari penelitian gambaran dan wawancara di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Robbani Malang yaitu bahwa program kegiatan habituasi atau bisa disebut juga pembiasaan dengan dikuatkan Teori Bandura yang dilaksanakan dalam sehari-hari sudah berjalan dengan baik, hanya terkendala 10% peserta didik yang tidak berperilaku baik dan tidak bersungguh-sungguh, hal tersebut guru tetap memantau dan memberikan arahan secara baik karena guru seseorang utama yang mengawasi dan membimbing peserta didik.
References
Desinta. 2021. “Habituasi Menyanyikan Lagu Kebangsaan Pra Pembelajaran Sebagai Upaya Pembinaan Karakter Nasionalisme,” 28–41. https://doi.org/10.33503/maharsi.v3i1.1323.
Ainiyah, Qurrotul. 2017. “Social Learning Theory Dan Perilaku Agresif Anak Dalam Keluarga.” Al-Ahkam Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum 2 (1). https://doi.org/10.22515/alahkam.v2i1.789.
Alifudin, M. 2017. “Nilai - Nilai Cinta Tanah Air Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 2: 108–14.
Alqadri, Bagdawansyah, Edy Kurniawansyah, and Ahmad Fauzan. 2021. “Habituasi Nilai-Nilai Karakter Sebagai Perilaku Anti Korupsi Pada Masyarakat Kajang.” Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman 8 (1): 10–29. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v8i1.178.
Amalia, Safa, Umniati Rofifah, and Anis Fuadah Zuhri. 2020. “Menampilkan Sikap Cinta Tanah Air.” IAIS Sambas 6 (1): 68–75.
Ardianti, S.Pd., M.Pd., Sekar Dwi, Savitri Wanabuliandari, and Moh. Kanzunnudin. 2019. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Ethno-Edutainment Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Sekolah Dasar.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 9 (2). https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3503.
Atika, Surya. 2014. “Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Religius, Cinta Tanah Air Dan Disiplin) Di SLB Al Ishlaah Padang.” E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) 3 (3): 747–55.
Bialangi, Saiful S, Sitti Roskina Mas, Mahasiswa Program, Pascasarjana Universitas, Negeri Gorontalo, Dosen Program, Pascasarjana Universitas, et al. 2023. “Program Habituasi Dalam Penguatan Karakter Siswa Di SMA Negeri 4 Gorontalo” 09 (January): 243–52.
Budimansyah, Dasim. 2010. “Tantangan Globalisasi Terhadap Pembinaan Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air Di Sekolah.” Jurnal Penelitian Pendidikan 11 (1): 7–13. http://jurnal.upi.edu/file/2_dasim.pdf.
Dr. Sunarti, M.Pd. dkk. 2021. “Jurnal Pgsd Indonesia.” Jurnal PGSD Indonesia 7 (1): 23–32.
Dr.farida Nugrahani, M.Hum. 2014. “Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.” http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org.
Haris, Sofyan, Ahmad Subekti, and Moh. Murtadlo. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dan Cinta Tanah Air Melalui Pembiasaan Di SDN Suci Gresik.” VICRATINA Jurnal Pendidikan Islam 5 (2): 17–23.
Hasanah, Aan. 2022. “Penguatan Karakter Kebangsaan Melalui Pendekatan Integratif Pada Mapel Rumpun PAI Di Madrasah,” 741–52. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1900.
JASMANA, JASMANA. 2021. “Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Di Sd Negeri 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.” ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar 1 (4): 164–72. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.653.
Kamalin, L. 2020. “Habituasi SalamSaling Doa Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Di SD Negeri 3 Panderejo.” Proceeding Umsurabaya, 271–83.
Keraf, Fransiskus M P, and Kokom Komalasari. 2019. “Penguatan Karakter Nasionalisme Melalui Habituasi Pada Siswa SMP Wilayah Perbatasan Indonesia - Timor Leste Strengthening the Character of Nationalism Through Habituation on Middle School Students in Border Area Indonesia - Timor Leste,” 201–11.
Kurniawaty, Imas, Purwati Purwati, and Aiman Faiz. 2022. “Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air.” Jurnal Education and Development 10 (3): 496–98. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3905.
Kusumawardani, Fitri. 2021. “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraaan 6 (1): 1–10. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10.
Liska, Liska, Ahyo Ruhyanto, and Rini Agustin Eka Yanti. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan) 2 (3): 161. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156.
Muawanah, Siti. 2015. “Nasionalisme Melalui Pendidikan Agama Pada Peserta Didik Sma/Smk/Ma Di Wilayah Perbatasan Kalimantan Barat.” Smart 1 (2): 137–50. https://doi.org/10.18784/smart.v1i2.247.
Mukrimaa, Syifa S., Nurdyansyah, Eni Fariyatul Fahyuni, ANIS YULIA CITRA, Nathaniel David Schulz, د. غسان, Tukiran Taniredja, Efi Miftah. Faridli, and Sri Harmianto. 2016. “Penanaman Cinta Tanah Air Di Sekolah.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (August): 128.
Murgiwati, Listianingsih, Mati, and Siti Rochanah. 2019. “Jurnal Tunas Bangsa.” Jurnal Tunas Bangsa 6 (2): 318–28.
Nisrina, Rona Nada, and Fatma Ulfatun Najicha. 2022. “Pengaruh Korean Wave Terhadap Ketahanan Nasionalisme Warga Negara Indonesia.” Jurnal Kewarganegaraan 6 (2): 2384–92. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3015.
Nurdian, Novi, Khalida Rozana Ulfah, and Rizki Nugerahani Ilise. 2021. “Pendidikan Muatan Lokal Sebagai Penanaman Karakter Cinta Tanah Air” 9 (2): 344–50.
Pratiwi, Sientiya, Al Ihwanah, and Ines Tasya Jadidah. 2021. “Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Maariful Ulum Talang Kelapa.” Primary Education Journal (Pej) 5 (1): 31–37. https://doi.org/10.30631/pej.v5i1.78.
Rizkya Salsabila, Shalwa, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. 2021. “Peranan Perilaku Cinta Tanah Air Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (3): 7791–7800.
Rohmawati, Evi. 2020. “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Berbasis Kearifan Lokal Reog Ponogoro Di MI Ma’arif Polorejo Babadan Ponogoro,”http://etheses.iainponorogo.ac.id/10383/%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/10383/1/e theses Evi Rohmawati PGMI 210616187.pdf.
Sari, Siska Diana. 2017. “Cinta Tanah Air Dan Salafus Shalih.” Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan 3 (November): 64–72.
Sianturi, Yohana R. U., and Dinie Anggraenie Dewi. 2021. “Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter.” Jurnal Kewarganegaraan 5 (1): 222–31. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1452.
Sofanudin, Aji. n.d. “Policy Brief ‘ Survei Karakter Peserta Didik Pada Madrasah Dan SMA ’” 46: 1-5.
Thomas Lickona. 2012. “Thomas Lickona Character Matters: Persoalan Karakter.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99.
Tondo, Fanny Henry. 2009. “Kepunahan Bahasa-Bahasa Daerah: Faktor Penyebab Dan Implikasi Etnolinguistis.” Jurnal Masyarakat & Budaya 11 (2): 277–96.
Ulifah, Desi, and I Made Suwanda. 2020. “Strategi Sekolah Dalam Menanamkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Peserta Didik Di Smpn 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikaan kewarganegaraa/article/view/36232/32224.
Wirasari, and Atno Bain. 2018. “Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Multikultural Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Sikap Pluralis Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018.” Indonesian Journal of History Education 6 (1): 76–88. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27356.
Yusliani, Hamdi. 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter : Perspektif Al-Ghazali & Thomas Lickona Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu ( MIT ) Meunara Baro Kabupaten Aceh Besar,” no. 1: 721–40. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1900.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 putri ayu dwi nabila nabila, Muhammad Nurul Humaidi, Fahrudin Mukhlis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.