Inovasi Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka Untuk Peningkatan Soft Skill Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v6i2.916Keywords:
Pembalajaran AIK, MBKM, Soft SkillAbstract
Kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) mengharuskan perubahan kurikulum dan model pembelajaran di perguruan tinggi, termasuk inovasi pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Terdapat titik temu antara Pedoman Pendidikan AIK yang disusun Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dengan Program MBKM yang dilaksanakan oleh Kemendikbud-Ristek Republik Indonesia, yaitu keduanya menghendaki model pembelajaran yang variatif, menyenangkan, berbasis pengalaman langsung, kontekstual, dan berorientasi pada kebutuhan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Unismuh Makassar memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan berbagai soft skill seperti kedisiplinan, kejujuran, empati, kepedulian sosial, komunikasi efektif, kerjasama, dan keterampilan problem solving.
References
Asbari, Masduki., dkk (2022) Hard Skills atau Soft Skills: Manakah yang Lebih Penting Bagi Inovasi Guru, Jurnal Edumaspul, Vol 4 No. 1.
Delita, F., Elfayetti, E., & Sidauruk, T. (2016). Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Melalui Project-Based Learning pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi, 8(2), 124–135.
Giri, I. M. A., & Nova, K. A. (2021). Urgensi Hard Skills Dan Soft Skills Terhadap Competitive Advantage Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unpad (Pp. 1–8).
Hadi, Muhammad Nur., Syaifullah, Wiwin Fachrudin Yusuf, (2022). Inovasi Pendidikan Agama Islam, Jurnal Muallim Vol. 4. No. 1. https://www.jurnal.yudharta.ac.id/v2/index. php/muallim/article/view/2948/2061
Holford, W.D. (2018). The Future of Human Creative Knowledgework Within The Digital Economy, Futures. doi: 10.1016/j.futures.2018.10.002
Kemendikbud-Ristek RI, (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Edisi ke 1, Cet. 1.
Kusumaningrum, Betty. (2022). Apakah Penerapan Program MBKM dapat Meningkatkan Hard Skills Mahasiswa? Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 3.
Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah (2017). Pedoman Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah.
Rahmawanti, M. R., & Nurzaelani, M. M. (2022). Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bagi Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa, Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 37–47, Https://Doi.Org/10.32832/Educate.V7i1.6218.
Sailah, I. (2007). Pengembangan Soft Skills Dalam Kerangka Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi. Bogor: Lppm Ipb.
Sajidan dan Mohandas. R. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada
Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Ditjend. GTK Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.
Sulistiyani, E., dkk (2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Pada Fakultas Kesehatan Dan Non Kesehatan, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (1), 686–698.
Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.1943
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sulaeman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.