Inovasi Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka Untuk Peningkatan Soft Skill Mahasiswa

Authors

  • Sulaeman Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Wahdaniya Universitas Muhammadiyah Makasar
  • St. Mutahharah Universitas Muhammadiyah Makasar
  • Habib Saputra Universitas Muhammadiyah Makasar

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v6i2.916

Keywords:

Pembalajaran AIK, MBKM, Soft Skill

Abstract

Kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) mengharuskan perubahan kurikulum dan model pembelajaran di perguruan tinggi, termasuk inovasi pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Terdapat titik temu antara Pedoman Pendidikan AIK yang disusun Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dengan Program MBKM yang dilaksanakan oleh Kemendikbud-Ristek Republik Indonesia, yaitu keduanya menghendaki model pembelajaran yang variatif, menyenangkan, berbasis pengalaman langsung, kontekstual, dan berorientasi pada kebutuhan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Unismuh Makassar memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan berbagai soft skill seperti kedisiplinan, kejujuran, empati, kepedulian sosial, komunikasi efektif, kerjasama, dan keterampilan problem solving.

References

Asbari, Masduki., dkk (2022) Hard Skills atau Soft Skills: Manakah yang Lebih Penting Bagi Inovasi Guru, Jurnal Edumaspul, Vol 4 No. 1.

Delita, F., Elfayetti, E., & Sidauruk, T. (2016). Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Melalui Project-Based Learning pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi, 8(2), 124–135.

Giri, I. M. A., & Nova, K. A. (2021). Urgensi Hard Skills Dan Soft Skills Terhadap Competitive Advantage Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unpad (Pp. 1–8).

Hadi, Muhammad Nur., Syaifullah, Wiwin Fachrudin Yusuf, (2022). Inovasi Pendidikan Agama Islam, Jurnal Muallim Vol. 4. No. 1. https://www.jurnal.yudharta.ac.id/v2/index. php/muallim/article/view/2948/2061

Holford, W.D. (2018). The Future of Human Creative Knowledgework Within The Digital Economy, Futures. doi: 10.1016/j.futures.2018.10.002

Kemendikbud-Ristek RI, (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Edisi ke 1, Cet. 1.

Kusumaningrum, Betty. (2022). Apakah Penerapan Program MBKM dapat Meningkatkan Hard Skills Mahasiswa? Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 3.

Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah (2017). Pedoman Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Rahmawanti, M. R., & Nurzaelani, M. M. (2022). Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bagi Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa, Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 37–47, Https://Doi.Org/10.32832/Educate.V7i1.6218.

Sailah, I. (2007). Pengembangan Soft Skills Dalam Kerangka Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi. Bogor: Lppm Ipb.

Sajidan dan Mohandas. R. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada

Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Ditjend. GTK Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.

Sulistiyani, E., dkk (2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Pada Fakultas Kesehatan Dan Non Kesehatan, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (1), 686–698.

Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.1943

Published

2023-09-25

How to Cite

Sulaeman, Wahdaniya, St. Mutahharah, & Habib Saputra. (2023). Inovasi Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka Untuk Peningkatan Soft Skill Mahasiswa. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 6(2), 193 –. https://doi.org/10.32528/tarlim.v6i2.916