Membangun Konsep Mengajar Berbasis Keilmuan Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v6i2.997Keywords:
Konsep Mengajar, Keilmuan Pendidikan IslamAbstract
Belajar mengajar merupakan suatu konsep yang terkait dengan pembelajaran. Salah satu upaya yang digunakan untuk memenuhi pencapaian dalam suatu tujuan guru yaitu mengajar dan juga disertai oleh beberapa serangkaian pembelajaran yang nantinya akan diberikan kepada siswa. Teori behaviorism yaitu perubahan perilaku yang timbul dari stimulus dan respons dari peserta didik. Teori kognitif yaitu belajar merupakan adanya perubahan struktur mental dan biasanya belajar juga disebut suatu kombinasi pengetahuan awal (prior knowledge) yang dipelajari saat ini dan digunakan untuk membangun suatu pengetahuan yang baru dan memiliki banyak perkembangan pengetahuan. Metode Penelitian penelitian kualitatif dengan bentuk library research (studi pustaka), memngumpulkan data berupa reverensi kepustakaan , menganalisi dengan conten analisis yaitu analisis isi. Hasil penelitian mengajar berbaris keilmuan Pendidikan islam yaitu guru merupakan sumber penting bagi peserta didik karena guru yang memberikan materi pembelajaran dan yang memberikan ilmu pengetahuan serta memotivator dan mendukung untuk peserta didik menjadi Isnsan kamil. Mengajar dengan konsep keilmuan bertujuan untuk menciptakan manusia yang utuh sesuai dengan ketentuan keislaman.
References
Amidong, H. (2019). Paradigma Pendidikan Islam Masa Kini Dan Masa Depan. https://doi.org/10.31227/osf.io/h4qgm
Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Dalyono, B., & Agustina, D. A. (2016). Guru profesional sebagai faktor penentu pendidikan bermutu. Bangun Rekaprima: Jurnal Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora., 2(2), 13–22.
https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/453.
Fita Mustafida. (2020). Integrasi Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(2), 173–185. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.191
Gunada, I. W. A. (2022). Konsep, Fungsi Dan Strategi Pembelajaran Seni Bagi Peserta Didik Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 109–123. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i2.383
Hadziq, H. A. F. (2021). Konsep Psikologi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. Dr. Zakiah Daradjat. Study Pendidikan, 7(1), 107–128.
Hairul Huda, K. J. (2021). Konsepsi Pendidikan Islam Dalam Gagasan Pemikiran Islamil Raji Al-Faruqi (Realisasi islamisasi ilmu pengetahuan dengan dunia pendidikan islam). In CV Pustaka Abadi (Vol. 1). CV Pustaka Abadi. https://books.google.co.id/books/about?id=NiglEAAAQBAJ&redir_esc=y
Ichsan, M. (2016). Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Mengajar. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 60. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.691
Kuntowijoyo. (2007). Islam Sebagai Ilmu; Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Tiara Wacana.
Lexy J Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mulkhan, A. M. (1970). Filsafat Tarbiyah berbasis kecerdasan makrifat. Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.22.219-239
Rudi Ahmad Suryadi. (2018). Ilmu Pendidikan Islam.pdf (p. 315).
Rusmin B., M. (2017). Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam. Inspiratif Pendidikan, 6(1), 72. https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.4390
Rusuli, I., Zakiul, D., & Daud, F. M. (2015). Ilmu Pengetahuan Dari John Locke Ke Al-Attas. Jurnal Pencerahan, 9(1), 12–22.
Sapriyah. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.
TAFSIR, A. (2007). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. In PT Remaja Rosdakarya. https://doi.org/10.1002/bit.260460310
Yusuf, M., & Syurgawi, A. (2020). Konsep Dasar Pembelajaran. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.55623/au.v1i1.3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hairul Huda huda, Siti Nursyamsiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.