Strategi Pembelajaran Agama Islam Terhadap Akhlakqul Karimah Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i1.1348Keywords:
Akhlakul Karimah, Guru PAI, Habituasi , Siswa Kelas IV, Strategi PembelajaramAbstract
Pendidikan agama Islam, dengan tidak langsungnya, mengintegrasikan prinsip-prinsip moral yang baik dalam proses pertumbuhan peserta didik.. Dalam situasi ini, diperlukan suatu metode pembelajaran yang mencakup berbagai pendekatan untuk membentuk perilaku moral. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman mengenai strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas IV. Tujuan kedua dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang lebih rinci tentang cara pembelajaran pendidikan agama Islam dapat membentuk perilaku positif siswa di kelas IV. Metode penelitian yang diterapkan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan ciri khas pendekatan deskriptif. Peserta dalam penelitian ini mencakup kepala sekolah, guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, guru pembimbing khusus, dan siswa pada tingkat kelas IV. Pokok utama dari penelitian ini adalah pada strategi pembelajaran pendidikan Islam yang bertujuan untuk mengembangkan perilaku positif siswa di kelas IV. Pemilihan subjek penelitian dilakukan secara sengaja (purposive), dengan memperhatikan bahwa subjek-subjek tersebut dianggap memiliki pengetahuan yang paling relevan dengan maksud penelitian. Informasi diperoleh melalui pengamatan yang melibatkan partisipasi, wawancara mendalam, dan pengumpulan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam untuk membentuk perilaku positif siswa telah terbukti berhasil, efektif, dan sesuai dengan beragam metode pembinaan akhlak yang diterapkan oleh guru selama proses pembelajaran. Disamping itu, model kelas IV juga dianggap memenuhi kebutuhan siswa.
References
Abdul Khadir, M Subekti. 2016. Strategi Guru Agama Islam dalam Pembiasan Akhlakul Kharimah Siswa Di SMA Negeri 4 Kediri. (Malang : Perpustakaan UIN Malang)
Alimni, Analisis Prestasi Mahasiswa PAI Angkatan 2016 FTT IAIN Bengkulu, 2021
Alimni, gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia pada SD Negeri 113 Bengkulu Selatan.
Alimni, 2021. Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas V di MI al-Muttaqin Lais Kabupaten Bengkulu Utara
Alimni, 2012. Teaching Faith in Angels For Junior Hing School. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 6(1):9-18
Alimni, 2022. Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Terpuji Melalui Vidio Kartun Nusa Dan Rara pada Mata Pelajaran PAI DiEra Normal. Jurnal Studi Islam Sosial Dan Pendidkan. Oktober: Vol 1 No 2
Dani, Ham. 2010. Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: CV Perpustakaan Aksara)
Djamarah, Syaiful Bahri. dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta)
Fathurrohman, Pupuh & Sutikno, Sobry. 2009. Strategi Belajar Mengajar Strategi mewujudkan Pembelajaran Bermakna melalui Penanaman Konsep umum dan Konsep Islami. (Bandung: PT. Refika Aditama).
Hairul Huda, Nursyamsiyah, S., & Alfan, M. (2022). The Community-based Character Education: Study of the ’Imaji Academy’ Program in Madrasa. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 5(1), 113-127. https://doi.org/10.33367/ijies.v5i1.2487
Hamzah B.Uno,2008. Model Pembelajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif, (Jakarta ; PT Bumi Aksara)
Herry Now Aly, 2013. Ilmu Pendidikan Islam, Cet1 (Jakarta: Logos Wacana ilmu), Hal.38
Kusyairy, Umy dan Sulkipli. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Reward and Punishment. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1).
Latif Abdul.2007., Pendidian Berbasis Nilai Kemasyaraktan, (Bandung :Refika Aditama)
Maulizar. (2017). ”Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa di SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Prastowo, Andi. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mustofa, Ali. (2019). Metode Keteladaan Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Cendekia, 5(1).
Rohmalia Wahab. 2015, Psikologi Belajar, (Jakarta : Rajawali Pres)
Salim dan Syahrum. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Sugiono,2015. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, (Bandung : Alfabeta)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bogi Krisnajaya, Alimni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.