Implementasi Nilai Agama Islam Bagi Santri Usia Dini di TAUD Saqu Jember
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i1.1607Keywords:
Nilai Agama Islam, Anak Usia Dini, TAUDAbstract
Masa emas (golden age) anak usia dini merupakan masa terpenting bagi pendidik dalam rangka menanamkan nilai-nilai baik bagi mereka. Dengan berbagai tantangannya, di usia ini anak akan mendapatkan landasan pertama bagi kehidupan selanjutnya kelak. Islam pun memandang masa ini penting, dilihat dari bagaimana Rasulullah saw mencontohkan secara langsung pendidikan anak usia dini tersebut. Sekolah TAUD Sahabat Qur’an Jember turut serta mengusahakan penanaman nilai baik dari agama Islam pada diri anak sejak dini, khususnya melalui program tahfidz. Penelitian ini merupakan field research yang berusaha menguak langsung implementasi pendidikan agama Islam bagi santri TAUD SAQU Jember. Data dari penelitian didapatkan melalui dokumen, observasi dan wawancara bersama Mudirah TAUD SAQU Jember. Dalam prosesnya, penulis menggunakan teknik Miles and Huberman untuk menganalisis data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini terangkum dalam beberapa kegiatan di dalam kelas dan juga luar kelas sebagai bentuk implementasi pendidikan agama Islam bagi santri usia dini TAUD, khususnya dari program tahfidz. Implementasi tersebut sebagai usaha pihak sekolah demi mewujudkan visi TAUD SAQU yakni membumikan al Qur’an di Jember yang mana tidak hanya dengan menghafalnya saja, namun juga mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
References
Agustina, W., Hamengkubuwono, & Syahindra, W. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(02), 112–126.
Anwar, S. (2014). Desain Pendidikan Agama Islam: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di Sekolah. Idea Press Yogyakarta.
Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926
Attas, S. N. Al. (1997). Aims and Objectivies of Islamic Education. King Abdul Aziz University.
Bakr, A. (2017). At Tibyan Fii Ta’limi Qira’ati wa Tajwid Al Qur’an. Islamic Center Wadi Mubarak.
Basruddin. (2020). Model pendidikan islam pada anak dalam studi pada orang tua siswa sekolah islam terpadu ( sit ) insan madani palopo model pendidikan islam pada anak dalam keluarga muslim di era revolusi industri 4 . 0 : studi pada orang tua siswa sekolah islam terpadu ( . IAIN Palopo.
Dardum, A., & Sa’adah, N. (2021). Metode Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Tahfidz Anak Usia Dini Sahabat Qur ’ An (Taud Saqu) Jember : Kajian Living Qur ’ An. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 14(1), 58–73.
Dr Yuliani Nurani Sujiono, M. P. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (8th ed.). PT Indeks.
Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Dalam Perspektif Islam. 1(September).
Jalal, A. F. (1977). Azaz-Azaz Pendidikan Islam, terj. Heri Noor. Diponegoro.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, 2025 (2014).
Madkur, A. A. (1987). Manahiju at Tarbiyah wa Asasuha wa Thabaqatuha. Dar al Fikr al Arabiyyah al Islamiyyah.
Mardyawati Yunus. (2016). PAUD Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam (B. Kaddas (ed.); 1st ed.). Orbit Publishing.
Mayesty, M. (1990). Creative Activities for Young Children 4th Ed: Play, Development and Creativity. Delmar Publishers Inc.
Mubarak, W. (n.d.). TAUD SAQU. https://wadimubarak.com/about-icwm/taud-saqu/
Muhaimin, & Mujib, A. (1993). Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam. Trigenda Karya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.
Team, K. D. (2023). Daftar PAUD di Kab. Jember Beserta Alamatnya. https://datapendidikan.com/paud/kab/jember
Yusuf, A. (2021). Konseptualisasi Model Pendidikan Islam Integratif di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Indonesia. Dayah: Journal of Islamic Education, 4(2), 233–254. https://doi.org/10.22373/jie.v4i2.10065
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hasna' Huwaida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.