Strategi Menghafal Al Qur’an pada Mahasiswa: Pendekatan Metode Talqin
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i1.1622Keywords:
Menghafal, Al Qur’an, Metode TalqinAbstract
Pondok Tahfidz Putra Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) merupakan pondok pesantren yang memiliki mahasiswa dengan latar belakang program studi yang beragam di UNIMUS. Pondok Tahfidz Putra UNIMUS dibentuk sebagai upaya penanamkan nilai-nilai Islam berkelanjutan dan menghafal Al Qur’an dalam setiap kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi menghafal Al Quran dengan pendekatan metode talqin yang digunakan di Pondok Tahfidz Putra UNIMUS dalam menghafal Al-Qur'an. Jenis penilitian yang digunakan ialah penilitian lapangan (field reaserch), dan jenis pendekatan penelitian yang dipakai ialah deskrptif kualitif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melalui pengumpulan data-data akan dianalisi menggunakan metode analisis datanya ialah deskriptif kualitatif didukung dengan analisis induktif. Subjek penilitian berasal dari seluruh Mahasantri yang bermukim di pondok sekaligus menjadi mahasiswa aktif pada masing-masing Program studi di Universitas Muhammadiyah Semarang. Sumber lain dari penelitian ini adalah dokumen-dokumen dan jurnal-jurnal kegiatan Mahasantri yang laksanakan oleh Pondok Tahfid Putra UNIMUS. Dalam penelitian Metode Tahfidz Al-Quran di Pondok Tahfidz Putra UNIMUS, talqin terbukti sebagai metode utama yang efektif dalam menghafal Al-Quran. Aktivitas talqin dilaksanakan secara komunal setelah shalat Subuh dan Isya, diikuti dengan pembagian Mahasantri ke dalam kelompok Halaqah sesuai dengan kemampuan mereka. Ustadz tahfidz dari masing-masing kelompok membacakan ayat yang akan dihafalkan, dan Mahasantri merespon dengan menirukan secara berulang-ulang. Hasilnya, proses belajar-mengajar tahfidz Al-Quran di Pondok Tahfidz Putra UNIMUS terbukti sangat efisien, terlihat dari prestasi Mahasantri yang berhasil menghafal 4-6 juz, sesuai dengan target Pondok. Meskipun terdapat variasi nilai jumlah hafalan di antara Mahasantri, namun nilai tersebut telah memenuhi kriteria kelulusan tahfidz yang ditetapkan. Dengan demikian, metode talqin menjadi landasan yang efisien dalam membimbing Mahasantri mencapai prestasi tahfidz Al-Quran yang diinginkan.
References
Abdullah, Karimuddin dkk. 2021. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan penerbit Muhammad Zaini.
Al-Dausary, Mahmud.2016 Keutamaan Al Qur'an. E-Book Islam, Jakarta: Alukah.
Anggaraini, Selvi. 2020, Kendala Penerapan Tahfidz dengan Metode Talqin dan Talaqqi di SD El-Haqqa Qur'anic Schoo Suka Karya Panam. (Pekan Baru : UIN Suska Riau)
Arini, Junita, and Winda Wahyu Widawarsih. 2021. “Strategi Dan Metode Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Tahfidz Darul Itqon Lombok Timur.” Jurnal Penelitian Keislaman 17 (2): 170–90. https://doi.org/10.20414/jpk.v17i2.4578.
Baihaqi, and Agus Setiawan. 2021. “Metode Menghafal Alqur’an Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfizh Siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Hamid Kota Banjarmasin.” AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, June, 56–67.
Candra, Wiwin Sutarto, Sutarto and Bin Ridwan, Rifanto. 2021. Penerapan Metode Talqin dengan Menggunakan Media Audio dalam Program Tahfidz Al-Qur'an. Muaddib:Islamic Education Journal, 4 (1). Febrisia, Fadillah. 2019. “Paradigma Al-Quran Dalam Tradisi Keilmuan Islam.” EL-Ghiroh 16 (01): 37–49. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.73.
Febrisia, Fadillah Tridiani. 2019. “Paradigma Al-Quran Dalam Tradisi Keilmuan Islam.” EL-Ghiroh 16 (01): 37–49. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.73.
Masdudi. 2016. Studi Al-Qur'an. Cirebon: Nurjati Press.
Nuryadi, Nuryadi and Astuti, Tutut Dewi and Sri Utami, Endang and Budiantara, Martinus. 2017. Dasar-Dasar Statstik Penelitan. Sibuku Media.
Sahir, Syafrida Hafni. 2021. Metodelogi Penelitian. Bantul: Penerbit KBM Indonesia.
Istiqlal.or.id. (31 Juli 2023). Kajian Zuhur Istiqlal: Membaca Al Qur'an Lebih Dalam. diakses pada 10 desember 2023. https://istiqlal.or.id/blog/detail/kajian-zuhur-istiqlal--membaca-al-quran-lebih-dalam.html
Hikmawati, Fenti. 2020. Metodelogi Penelitian. Depok: Rayawali Pers.noo
Lutfhi, Alqori and Rahmi Wiza. 2022. Implementasi Metode Talqin Dalam Program Tahfidz AlQur’an Di Sekolah Menengah Pertama 31 Padang: ISLAMIKA 4(4) https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/2067.
Noor, Iqbal Hidayatsyah, and Dartim Dartim. 2021. “Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan Islam Yang Unggul.” Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices 5 (1): 68–84. https://doi.org/10.23917/iseedu.v5i1.15993.
Noor, Iqbal Hidayatsyah, Aulia Izzati, and Mohammad Zakki Azani. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices 7 (1): 30–47. https://doi.org/10.23917/iseedu.v7i1.22539.
Ridwan, Mohammad, Hardiwinoto Hardiwinoto, Sukamto Sukamto, Sriyono Sriyono, and Prizka Rizmawati Arum. 2023. “PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS RASIO LAPORAN KEUANGAN LEMBAGA ZAKAT MELALUI PENGGUNAAN ISLAMIC FINANCIAL TECHNOLOGY (I-FINTECH) BAGI AMIL LAZISMU DI KOTA SEMARANG” RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat 7 (2): 268–75. https://doi.org/10.35906/resona.v7i2.1805.
Ridwan, Mohammad, Sukamto, and Sriyono. 2023. Pendampingan Manajemen Penghimpunan Dana ZISKA pada LAZ dan UPZ di Kabupaten Semarang. Jurnal Abdimas PHB:, Vol.6 No.2. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i2.5147
Rois, Choirur, Marisa Santi Dewi, and Nur Robaniyah. 2023. “The History of Pesantren: An Overview of Civilizational Discourse and the Religious Moderation Among Santri.” Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 12 (01): 147–60. https://doi.org/10.22219/progresiva.v12i01.24473.
Ruswandi, Agus, and Deti Juliawati. 2023. “Penerapan Metode Talqin dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Bagi Peserta Didik TKIT Tahfidz Plus Arrifa Subang.” Jurnal Raudhah 11 (2): 116–31. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.2045.
Sriyono, S., Andhim, M. and Ridwan, M. (2024) “Paradigma Ilmu Integratif Perspektif Kuntowijoyo”, Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 22(1), pp. 39 - 49. doi: https://doi.org/10.52266/kreatif.v22i1.2566.
Widiyawati, Ani, and Amanati Khairiyah. 2022. “Implementasi Metode Talqin Talaqqi Di SD Qurrota A’yun Yogyakarta.” An-Nawa: Jurnal Studi Islam 4 (2): 161–71. https://doi.org/10.37758/annawa.v4i2.542.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 iqbal Hidayatsyah Noor, Eman Suherman, Sriyono, Mohammad Ridwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.