Pelaksanaan Proses Tasmi' Seraya Menambah dan Menjaga Bobot Hafalan Al-Qur'an Siswa

Authors

  • Abdul Razak Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Farid Wajdi Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Muh. Nurtanzis Sutoyo Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i1.1668

Keywords:

metode tasmi', pendidikan islam

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menyelidiki efektivitas pelaksanaan proses tasmi' seraya menambah dan menjaga bobot hafalan Al-Qur'an siswa di Madrasah Islam Terpadu Darul Istiqamah Kolaka. Penelitian ini melibatkan siswa kelas satu Madrasah Ibtidaiyah sebagai sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pra-pasca uji. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes hafalan, observasi kelas, dan wawancara dengan guru dan siswa terkait. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial untuk mengevaluasi hasil eksperimen. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa penerapan metode Tasmi' mempersembahkan dampak positif terhadap bobot hafalan Al-Qur'an siswa. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan hafalan siswa setelah melibatkan mereka dalam sesi pengulangan bacaan ayat-ayat Al-Qur'an secara berulang-ulang. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam pemahaman tajwid dan pengucapan yang benar. Pengkajian ini diharapkan dapat mempersembahkan pemberian pada peningkatan proses pengkajian Al-Qur'an di lingkungan edukasi Islam, khususnya di Madrasah Islam Terpadu Darul Istiqamah Kolaka.

References

Abdurrahman, S., & Suparti, S. (2023). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Peserta Didik (Studi Kasus di SDIT Ar-Ruhul Jadid Jombang). Hamalatul Qur’an: Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’ …, 4(1), 41–52. https://www.jogoroto.org/index.php/hq/article/view/26%0Ahttps://www.jogoroto.org/index.php/hq/article/download/26/31

Afidah, S. I., & Anggraini, F. S. (2022). Implementasi Metode Muraja’Ah Dalam Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Amanatul Qur’an Pacet Mojokerto. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 7(1), 114–132. https://doi.org/10.61815/alibrah.v7i1.192

Alhamuddin, Pratikno, H., Murniati, A., & In’ami, M. (2023). The Effectiveness of Implementing the Shafi ’ i Method to Improve Quran Reading Skills for Women ’ s Recitation groups. TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 99–109. https://doi.org/10.32528/tarlim.v6i2.795

Budi, H. S., & Richana, S. A. (2022). Manajemen Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri di Pesantren. Dirasah, 5(1), 167–180.

Fitriani, D. I., & Hayati, F. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 15–31. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.227

Gunawan, H. S., & Shohib, M. W. (2023). Analisis Penerapan Metode Tasmi’ dan Juz’i dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(3), 616–631. https://doi.org/10.19109/pairf.v5i3

Huda, N., Ulya, V. F., & Akhlak, F. K. (2022). Metode Tasmi’ Dalam Membelajarkan Tahfidz Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(1), 56–68. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i1.288

Husna, R. (2021). Program Majelisan dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan (Studi Living Qur’an di Pusat Pendidikan Ilmu Al-Qur’an Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo). Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’an, 2(2), 35–45. https://doi.org/10.37985/hq.v2i2.19

Iriswan, & Syamsu, G. (2019). Implementasi Model Muraja’ah Sima’an Intensif dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an Santri. Jurnal Pendais, 1(2), 178–192.

Irsyad, M., & Qomariah, N. (2017). Strategi Menghafal Al-Quràn Sejak Usia Dini. E-Conference Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education), 135–148. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/conference/index.php/aciece/aciece2

Keswara, I. (2017). Pembelajaran Tahfidul Qu’ran (Menghafal Al-Qur’an) Di Pondok Pesantren Al Husein Magelang”. Hanata Widya, 6(2), 62–73.

Khairunnisa, C., Hermanto, E., & Jamrah, S. A. (2023). Strategi Kiai Abdullah Ma’sum dalam Meningkatkan dan Menjaga Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri. Journal of Humanities Issues, 1(2), 178–191.

Nurhidayati, L., Asiyah, A., & Zubaidah, Z. (2021). Perbedaan Hasil Hafalan Al-Qur’an Siswa Yang Menggunakan Metode Takrir Dengan Metode Kitabah. Journal of Primary Education (JPE), 1(1), 19. https://doi.org/10.29300/jpe.v1i1.4404

Rizqiyah, S. U., & Partono. (2022). Penerapan Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus. Ma’Alim: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 133–144. https://doi.org/10.21154/maalim.v3i2.4927

Romziana, L., Wilandari, Aisih, L. A., Nasihah, R. A., Sholeha, I., Haslinda, Jamilah, N., & Rahmah, K. (2021). Pelatihan Mudah Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Tikrar, Murajaah & Tasmi’ Bagi Siswi Kelas XI IPA Tahfidz Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 161–167. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.14095

Rosadi, D. I., & Gumiandari, S. (2023). Efektifitas Metode Sahal Dalam Menjaga Kualitas Hafalan al-Qur’an di STIQ al-Multazam Kuningan Jawa Barat. Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 11(1), 1–20. https://doi.org/10.15548/turast.v11i1.5887

Salo, Y. A. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Kelas Vii Smpn 6 Banda Aceh). Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 297–304. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i3.4825

Saputra, D. (2021). Implementasi Metode Tasmi’ Dan Takrir Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(4), 166–167. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/557

Siddik, H. (2022). Konsep Dasar Pendidikan Islam (Perspektif Al-Quran, Al- Hadis, Filosofis, Yuridis Formal, Psikologis, Dan Sosiologis). Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 14(1), 35–51.

Wajdi, F. (2021). Buku Ajar Perencanaan Pengajaran Panduan Di Perguruan Tinggi. Malang: Ahlimedia Press.

Wajdi, Farid. (2021). Manajemen Perkembangan Siswa SD Melalui Peran Guru dan Orang Tua Pada Masa Pandemi. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 41–50. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p41

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Razak , A., Wajdi, F., & Sutoyo , M. N. (2024). Pelaksanaan Proses Tasmi’ Seraya Menambah dan Menjaga Bobot Hafalan Al-Qur’an Siswa. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 7(1), 51 –. https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i1.1668