Memberdayakan Perempuan Melalui Pendidikan Islam : Perspektiif dan Tantangan Kontemporer
Konsep Pendidikan Perempuan dalam islam, Orientasi Pendidikan Perempuan di Era Kontemporer
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.1865Keywords:
Wanita, Pendidikan, KontemporerAbstract
Isu-isu kontemporer mengenai pendidikan bagi perempuan ternyata masih problem dalam realitas kehidupan. Islam nyatanya menanggapi hal tersebut dan membantah isu atau realitas yang tidak benar mengenai perempuan yang dianggap termarginalkan oleh islam. Artikel ini mengeksplorasi perspektif kontemporer dan tantangan problematika kontemporer dalam upaya pemberdayaan perempuan Muslim melalui pendidikan. Penulisan dalam jurnal ini menggunakan metode kualitatif sebagai paradigma penelitiannya yang mana penelitian ini mengumpulkan data-data dengan menganalisis, menafsirkan suatu fakta, gejala-gejala dan peristiwa yang terjadi dan menarik kesimpulan dari data-data tanpa menggunakan angka maupun simbol-simbol. Dengan lebih memahami perspektif dan tantangan kontemporer mengenai isu-isu keperempuanan, artikel ini diharapkan dapat menambah informasi dan referensi berharga bagi pembaca untuk mengembangkan strategi dan kebijakan pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan bagi perempuan. Hal ini lah yang ditekankan dalam islam kewajiban akan menimba ilmu pengetahuan dimana saja dan tak terbatasi oleh gender apapun, pendidikan perempuan dalam Islam itu inklusif dan memberikan peluang yang sama kepada seluruh perempuan untuk mengakses pendidikan yang berkualitas.
References
Afif, M. (2019). Peran Perempuan Dalam Pendidikan Perspektif M. Quraish Shihab. Tadris: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam, 13(2), 1-10.
Ansori, A. N. A. (2023). Kesempatan Belajar perempuan Lebih Rendah dari Laki-Laki, Bukti Nyata masalah kesetaraan gender. Retrieved from https://www.liputan6.com/health/read/5350239/kesempatan-belajar-perempuan-lebih-rendah-dari-laki-laki-bukti-nyata-masalah-kesetaraan-gender
Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir filid 1 (fuz 1 . 2); Penulis, Wahbah Az-Zuhaili; Penerjemah: Abdul Hayyie al Kattani, dkk., Penyunting Achmad Yazid lchsan, Muhammad Badri H; cet. 1 - fakarta : Gema Insani, 2013
Az-Zuhaili, Wahbah.Tafsir Al-Munir Jilid 15 Aqidah, Syariah, Manhaj (Juz 29-30 Al-Mulk – An-naas) (Depok: Gema Insani, 2021)
Alviansyah, I. F., Tamam, A. M., & Syafrin, N. (2017). Konsep Pendidikan Perempuan Menurut Hadits-Hadits Dalam Kitab Riyadhus Shalihin Karya Imam An-Nawawi. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 71-88., hal 78.
Dellawati, D., Subandi, S., & Wulandari, H. (2023). Konsep Pendidikan Perempuan Perspektif Raden Ajeng Kartini dan Rahma El-Yunusiyah Serta Relevansi dengan Pendidikan Islam Kontemporer. Hikmah, 20(2), 284-300.
Djamdjuri, D. S. (2015). Pendidikan Perempuan di Tengah Isu Kesetaraan Gender. Jurnal TAWAZUN, 8(2), 299–312.
Defiani, S., Fauzi, A., & Maghfiroh, U. L. (2024). Pendidikan Perempuan Dalam Perspektif Buya Hamka. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 7(1), 1010-1016.
Sasmita, S. K., & Prastini, E. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 1(1), 11-17.
Jum'ah, Ali. Menjawab Dakwah Kaum 'Salafi'. penerjemah, Abdul Ghafur. penyunting, Owen Putra, Lc.- jakarta: KHATULISTIWA Press, 2013.
Takunas, R. (2018). Dinamika pendidikan perempuan dalam sejarah Islam. Musawa: Journal for Gender Studies, 10(1), 23-44.
Isnaini, R. L. (2016). Ulama Perempuan dan Dedikasinya dalam Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Rahmah El-Yunusiyah). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 2-16.
Ibrahim, A., AH, M., Baharuddin, A., & MAA, D. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.
Sahed, N. (2020). Genealogi Pendidikan Perempuan dalam Islam: Mengurai Akar Sosial-Historis. El-Tarbawi, 13(1), 23-44.
Suyuti, Jamaluddin bin kamaluddin. Lubabul Hadis, (Surabaya : Toko Imam, tanpa tahun).
Thaifuri, Muhammad. Ta’lim Muta’allim Thariq at-ta’allum, (Surabaya : As-salam, tanpa tahun).
Nila Zuhriah. (2020). Beranda Islam Indonesia. Retrieved from https://www.nu.or.id/post/read/119328/ketika-cendekiawan-bincang-kedudukan-perempuan-dalam-islam
Monicha, F., & Yenti, E. (2022). Pendidikan Perempuan Menurut Rahmah El-Yunusiyah Dalam Perspektif Hadis. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 198-204.
Pasaribu, C. Priadi. (2020). Perempuan Dan Partisipasi politik. Retrieved from https://www.unja.ac.id/perempuan-dan-partisipasi-politik/
Perempuan Dalam tantangan modernitas Dan Kontribusinya Dalam Pendidikan islam. (2019). Retrieved from https://pai.ftk.uin-alauddin.ac.id/artikel-356-perempuan-dalam-tantangan-modernitas-dan-kontribusinya-dalam-pendidikan-islam
Farin, S. E. (2021). Peran Perempuan Dalam Pendidikan Di Indonesia Pada Zaman Modern. OSF Preprints. May, 1(2), 1–6. https://osf.io/preprints/jvesy/
Huda, H., & Jannah, K. (2021). Konsepsi Pendidikan Islam dalam Gagasan Pemikiran Ismail Raji al-Faruqi. Jember: CV Pustaka Abadi.
Marlina, E., Roza, E., & Dewi, E. (2024). Pendidikan Perempuan Dalam Perspektif Rahma El-Yunusiyah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 1010–1016. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/661%0Ahttps://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/download/661/738
Pane, M., & Aly, H. N. (2023). Orientasi dan Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Journal on Education, 5(3), 6165–6171. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1388
Rohendi, L., & Shamsu, L. S. B. H. (2023). Gender dalam Pendidikan Islam: Perspektif Fatima Mernissi. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 3(2), 269–278. https://doi.org/10.15575/jis.v3i2.27788
Sumaryati, S., Hidayat, M., Zuhri, Z., & ... (2023). Pendidikan Perempuan Perspektip Syekh Rifaah Al Tahtawi Relevansinya Dengan Pendidikan Perempuan Di Indonesia. Moderation| Journal …, 43–56. https://www.journal.adpetikisindo.or.id/index.php/moderation/article/download/93/46
Farin, S. E. (2021). Peran perempuan dalam pendidikan di Indonesia pada zaman modern. OSF Preprints. May, 1(2), 1-6.
Rohendi, L. (2023). Gender dalam Pendidikan Islam: Perspektif Fatima Mernissi. Jurnal Iman dan Spiritualitas, 3(2), 269-278.
Sumaryati, S., Hidayat, M., Zuhri, Z., & Riyoko, B. (2023). Pendidikan Perempuan Perspektip Syekh Rifaah Al Tahtawi Relevansinya Dengan Pendidikan Perempuan Di Indonesia. Moderation| Journal of Islamic Studies Review, 3(2), 43-56.
Rohendi, L. (2023). Gender dalam Pendidikan Islam: Perspektif Fatima Mernissi. Jurnal Iman dan Spiritualitas, 3(2), 269-278.
Muhammad, H. (2014). Islam dan Pendidikan Perempuan. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 231-244.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-misbah. Jakarta: lentera hati, 2, 52-54.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dimas Yoga Pratama, Dhekis Baskoro Aji , Ahmad Yusam Thobroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.