Internalisasi Mujahadah An-Nafs (Pengendalian Diri) dalam Memperkuat Akhlakul Karimah Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2308Keywords:
Internalisasi, Akhlak, Mujahadah An-NafsAbstract
Penelitian ini berfokus Mujahadah An-Nafs (Pengendalian Diri) Dalam Memperkuat Akhlakul Karimah Peserta Didik Di SMA Ar-Rahman Kecamatan Medan Helvetia. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana metode Mujahadah An-Nafs, yang merupakan konsep dasar dalam Islam mengenai upaya pribadi untuk mengendalikan nafsu, dapat membantu peserta didik menginternalisasi nilai-nilai moral dan etika Islami yang luhur. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi implementasi dan efektivitas metode Mujahadah An-Nafs di SMA Ar-Rahman, yang telah mengintegrasikan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam dalam kurikulumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Mujahadah An-Nafs secara signifikan berkontribusi pada pengembangan karakter peserta didik, menciptakan individu yang tidak hanya berprestasi akademik tetapi juga berakhlak baik dan berkontribusi positif dalam masyarakat. Temuan ini memberikan wawasan penting tentang pentingnya mengintegrasikan pendidikan nilai dalam sistem pendidikan untuk membentuk karakter dan moral peserta didik yang kuat di tengah tantangan zaman.
References
Akbar, H. U. dan P. S. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.
Azizah, N., & Subaidi. (2022). Urgensi pengajaran hadits mujahadah an-nafs terhadap perkembangan sosial-emosional anak dalam perspektif Emile Durkheim. Preschool: Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 64–73. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool/index%0AUrgensi
Ependi, R. (2020). Menakar Permasalahan Pendidikan Islam dalam Presfektif Islam Transitif. Hikmah, 17(1), 34–45. https://doi.org/10.53802/hikmah.v17i1.78
Ependi, R., Rangkuti, C., & Ismaraidha. (2023). Pelaksanaan Kurikulum Islam W asathiyah Terhadap Muatan Pendidikan Moderatisme Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak MAS Tarbiyah Islamiyah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 3(2), 4875–4885.
Harmita, D., Nurbika, D., & Asiyah, A. (2022). Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Internalisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah pada Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 114–122. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3231
Huda, H., & Nursyamsiyah, S. (2024). Al Islam and Kemuhammadiyahan as Driving Force for Lecturer Performance at Universitas Muhammadiyah Jember. American Journal of Science and Learning for Development, 3(7), 25-36.
Huda, H., Utomo, A. P., & Nursyamsiyah, S. (2023). Epistemologi sekolah muhammadiyah dalam membangun budaya islam ditengah masyarakat non-muslim. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2), 268-281.
Imelda, R., & Harahap, M. Y. (2023). View of Muhasabah An-Nafs untuk Mengenali Potensi Diri Siswa di Madrasah Aliyah Swasta Miftahussalam Medan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 400–414. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.748
Ismaraidha, Asmidar Parapat, Nanda Rahayu Agustia, O. S. (2020). Internalisasi Nilai Keagamaan Dalam Keluarga Masyarakat Pesisir Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i4.2023.1589-1594
Kartono, K. (1996). Pengantar Metodologi riset Sosial. Mandar Maju.
Maulidyna, Y. (2023). Konsep Mujahadah an-Nafs dalam mengurangi Hyperfocus dan meningkatkan Kualitas Ibadah pada Penderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Gunung Djati Convference Series, 23, 854–874.
https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1430
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muhsin, A. (2020). Internalisasi Nilai Akhlakul Karimah Dalam Membentuk Karakter Anak. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 226–239. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4255
Nawawi, H. (1998). Metode Penelitian Bidang Sosial. UGM.
Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara,. Bayu Media.
Rahmaniah. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mujahadah an-Nafs, Husnuzhan Dan Ukhuwwah Kelas X Smk Miftahussalam. 2(2), 1118. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/1141/1177
Rahmawati, R. (2019). Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Alquran Hadits Materi Mujahadah An Nafs, Husnuzzan dan Ukhuwah. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.18592/ptk.v5i1.3043
Sudarto. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.
Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Yunan Harahap, Sakban Lubis, Nanda Rahayu Agustia, Rahmad Sulaiman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.