Self Awareness Berbasis Nilai-Nilai Religius Dalam Mengatasi Stres Akademik Mahasiswa Aktivis
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2376Keywords:
Self Awarness, Relegius, Stres AkademikAbstract
self-awareness berbasis nilai-nilai religius adalah kemampuan seseorang untuk memahami diri mereka dalam konteks nilai-nilai religius yang dianut. Hal ini mencakup pemahaman dan kekuatan, kelemahan. Dorongan, dan nilai-nilai yang sesuai dengan keyakinan agama, serta kemampuan untuk merefleksikan diri dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai tersebut. Salah satu persoalan yang menjadi hambatan prestasi mahasiswa adalah stres akademik. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah; Untuk mengetahui Faktor apa saja penyebab munculnya setres akademik mahasiswa aktivis Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Probolinggo dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At-Taqwa Bondowoso dan juga untuk memahami implementasi self awareness berbasis nilai-nilai religius dalam mengatasi stres akademik Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Probolinggo dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At-Taqwa Bondowoso. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adanya peneliti menjadi instrumen kunci, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan instrumen tambahan berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumen-dokumen berupa foto-foto kegiatan ataupun data software/hardware tentang kegiatan penelitian. Dalam prosesnya peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan kredibilitas, dependabilitas, dan kofirmabilitas.Adapun hasil penelitian yang diperoleh ialah faktor penyebab stres akademik mahasiswa aktivis Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Probolinggo dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI At-Taqwa) Bondowoso dapat dilihat dari 5 aspek dari aspek biologis, aspek psikologis, aspek kognitif, aspek sosial dan aspek lingkungan. Dan implementasi Self awareness berbasis nilai-nilai religius dalam mengatasi stres akademik mahasiswa aktivis Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Probolinggo dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI At-Taqwa) Bondowoso melalui empat dimensi yang terdiri dari empat cara yang terdiri dari faktor lingkungan,faktor psikologis, faktor faktor psikologis perilaku
References
Agung, K., Dinata, C., & Nurcahyo, F. A. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Yang Mengikuti Organisasi: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(8), 619–628.
Akhnaf, A. F., Putri, R. P., Vaca, A., Hidayat, N. P., Az-Zahra, R. I., & Rusdi, A. (2022). Self Awareness Dan Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 107. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.13201.2022
Bagas, M. A. (2020). Relevansi Teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow Terhadap Motivasi Kerja Anggota Organisasi Penyuluhan Agama Islam. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2), 100–108. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v1i2.2244
Busra, N. F., Ahyaruddin, M., & Agustiawan, A. (2019). Pengaruh Tingkat Keseriusan Kecurangan, Personal Cost, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kecenderungan Melakukan Whistleblowing. Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal, 1(1), 011–019. https://doi.org/10.37859/mrabj.v1i1.1545
Chairunnisa, A., Arum, H. S., & Salamah, P. U. (2024). Pengaruh Hubungan dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Aspek Psikologis: Sebuah Systematic Review. Jurnal Psikologi, 1(4), 14. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2717
Damayanti, E. (2019). Manajemen Diri Mahasiswa Yang Aktif Berorgansasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–18.
Djoar, R. K., & Anggarani, A. P. M. (2024). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Stress Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. Jambura Health and Sport Journal, 6(1), 52–59. https://doi.org/10.37311/jhsj.v6i1.24064
Fadilla, M., Hartantri, S., Siagian, S., Dasopang, W., & Syekh Abdul Halim Hasan Binjai, I. (2024). Analisis Faktor Penyebab Stres Pada Mahasiswa dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Mental. Jayapangus Press Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 1–11.
Fauzan, M. A., Izzata, A., & ... (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Bagi Mahasiswa Arsitektur UPN Veteran Jawa Timur. IJM: Indonesian …, 1, 136–145.
Fitri Octiarini, D., Warih Handoyo, A., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2021). Pengaruh Penguatan Positif Terhadap Self-Awareness. Sistema: Jurnal Pendidikan , 2(2), 16–21.
Fitriana, A., & Kurniasih, N. (2021). Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Mahasiswa PAI yang Aktif Berorganisasi Di IAIIG Cilacap). Jurnal Tawadhu, 5(1), 44–58.
Hafizha, R. (2022). Profil Self-awareness Remaja. Journal of Education and Counseling (JECO), 2(1), 159–166. https://doi.org/10.32627/jeco.v2i1.416
Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2019). Perkembangan Kognitif Menurut “Jean Piaget” Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 89–100. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengembangan++Kognitif+Jean+Piaget+&btnG=
Handayani, D., & Septhiani, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1352–1358.
Handayanita Saragih, J., & Debora Valentina, T. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Aktivis Organisasi. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 246–255.
Huda, H., & Jannah, K. (2021). Konsepsi Pendidikan Islam dalam Gagasan Pemikiran Ismail Raji al-Faruqi. Jember: CV Pustaka Abadi.
Lailatut Tarwiyyah, H. (2022). Pengaruh Religiusitas dalam Membangun Self-Awareness pada Remaja: Literature Review. Jurnal Psimawa, 5(2), 79–85. https://doi.org/10.36761/jp.v5i2.2112
Muthmainnah, A., Dwi Pertiwi, A., & Rustini, T. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 9(20), 41–48. https://doi.org/10.5281/zenodo.7677116
Nur, L., & Mugi, H. (2021). Tinjauan literatur mengenai stres dalam organisasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 18(1), 20–30.
Rahman, A. (2023). Strategi Self Quality Tanpa Merasa Tersaingi ala Emanuel Omedetho Jermias. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 176–183. https://doi.org/10.59000/jim.v2i2.134
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Sastria, E., Ferry, D., Fietri, W. A., Training, T., Info, A., & Plants, O. (2022). JPBIO ( Jurnal Pendidikan Biologi ). 7(2), 276–282.
Setiawan, A. H., Sastrawan, D., Khumaedi, M. W., & Hernisawati, H. (2022). Persona, Shadow dan Kepercayaan diri berhijab Remaja Putri dalam Kepribadian Jung. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 428–433. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.181
Sophianingtyas, A. N., Noviekayati, I., & Rina, A. P. (2021). Hubungan Dampak Cognitive Dissonance Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Dewasa Awal. Jurnal Fenomena, 30(1), 15–22. https://doi.org/10.30996/fn.v30i1.5401
Sulistyowati, A., Hartinah, S., & Sudibyo, H. (2023). Model Pembentukan Karakter Pelajar Pancasila dengan Pendekatan Collaborative for the Advancement of Social and Emotional learning (CASEL). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 10275–10282.
Sundari Elgy. (2024). Cendikia Pendidikan. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54.
Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2581
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hakimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.