Analisis Kebermanfaatan Aplikasi YouTube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Milenial

Aplikasi YouTube, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam (PAI), Era Milenial

Authors

  • Inten Pawestri UIN (Universitas Islam Negeri) Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2391

Keywords:

Aplikasi YouTube, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam (PAI), Era Milenial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebermanfaatan aplikasi YouTube sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di era milenial. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei yang melibatkan 30 responden, yaitu siswa-siswa yang menggunakan YouTube sebagai media pembelajaran PAI. Survei ini dirancang untuk mengumpulkan data mengenai efektivitas, frekuensi penggunaan, dan persepsi umum siswa terhadap YouTube sebagai alat bantu belajar. Instrumen survei mencakup pertanyaan-pertanyaan terkait tingkat pemahaman materi, peningkatan motivasi belajar, serta preferensi terhadap konten YouTube dibandingkan media pembelajaran lainnya. Hasil survei dan analisis data menunjukkan bahwa YouTube secara signifikan diakui dan dihargai sebagai platform yang efektif untuk pembelajaran, khususnya dalam konteks pendidikan agama Islam dan metode pengajaran interaktif. Mayoritas responden sangat setuju bahwa YouTube menyediakan berbagai konten pendidikan yang bermanfaat, membuat pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami melalui visualisasi dan presentasi yang menarik. Secara keseluruhan, responden merasa terbantu dan puas dengan penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran, tanpa ada yang menyatakan ketidakpuasan atau ketidaksetujuan yang signifikan terhadap peran YouTube dalam pendidikan. Selain itu, analisis ANOVA menunjukkan bahwa kebermanfaatan YouTube berpengaruh positif terhadap partisipasi dalam pembelajaran, menyatakan bahwa YouTube adalah media pembelajaran yang efektif dan bermanfaat di era milenial.

References

Baihaqi, A., Mufarroha, A., & Imani, A. I. T. (2020). Youtube sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam efektif di smk nurul yaqin sampang. EDUSIANA Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(1), 74-88.

Bulele, Y. N. (2020). Analisis fenomena sosial media dan kaum milenial: studi kasus tiktok. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(1), 565–572.

Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 78–93.

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat sosial media youtube sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7

Komsiyah, I. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kalangan Milenial. Proceeding Annual Conference on Islamic Religious Education, 2(1).

Mubarok, S., Kurniawan, H., Wulandari, D. P., & Suharyat, Y. (2022). SOSIAL MEDIA SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN ISLAM. Telangke: Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4(2), 11–17.

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi media sosial dalam pembelajaran generasi z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86.

Nazib, F. M., Ainissyifa, H., & Munawaroh, N. (2023). Digitalisasi Manajemen dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA). Proceeding Annual Conference on Islamic Religious Education, 3(1).

Qodriyah, S. L. (2021). Youtube sebagai Media Dakwah di Era Milenial (Channel Nussa Official). Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 1(2).

Salsabila, U. H., Mustika, L. A., Utami, S. D., Ikhsan, M. N., & Hasibuan, N. B. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 140–146.

Nursyamsiyah, S., & Huda, H. (2023). Scientific Approach Design in PAI Learning in Building Student’ s Character. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(04).

Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30

Tinambunan, T. M. (2022). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Massa Dikalangan Pelajar. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1).

Tutiasri, R. P., Laminto, N. K., & Nazri, K. (2020). Pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa di tengah pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan, 2(2), 1-15.

Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat media pembelajaran youtube terhadap capaian kompetensi mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538-545.

Zazin, N., & Zaim, M. (2019). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial Pada Generasi-Z. Proceeding Antasari International Conference, 1(1).

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Inten Pawestri. (2024). Analisis Kebermanfaatan Aplikasi YouTube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Milenial: Aplikasi YouTube, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam (PAI), Era Milenial. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 7(2), 201–210. https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2391