Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Disiplin Sholat Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2413Keywords:
Agama Islam, , Disiplin, SholatAbstract
Didalam agama islam tentunya diajarkan sholat sebagai bentuk kedisiplinan seorang hamba kepada Rabbnya. Pada konteks kehidupan duniawi ini shalat adalah suatu proses terbangunya komunikasi antara seorang manusia sebagai hamba dengan penciptanya yakni Allah Azza Wajallah sebagai Sang Kholiq. Sebab shalat menjadi pemisah serta pembeda antara yang baik dan tidak baik. Sholat menjadi penyeimbang bagi dimensi kehidupan manusia, karena manusia akan mencapai dan berupaya menghadirkan Tuhan dalam proses kehidupannya. Karena sholat akan mencegah kepada kemungkaran. Dari hal tersebut menjadikan alasan dan tujuan peneliti mengambil judul “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Disiplin Sholat Siswa SMP Muhammadiyah 4 Kebomas”. Metode yang digunakan dalam Peneliti dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa pada smp muhammadiyah 4 kebomas sebanyak 114 siswa. dalam hal ini sampel yang diambil yakni model simple random sampling dengan menggunakan rumus sloving 10 % berarti sampel sebanyak 31 siswa. pengumpulan data yang digunakan pada penilitian ini yakni metode Instrumen angket, observasi, dan analisis data. Analisis data yang di gunakan yakni kuantitatif koleratif secara koefisien korelasi. pengukuran yang digunakan untuk mngetahui menggunakan software SPSS dengan Langkah Pengujian ; Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Normalitas, Uji Linieritas, dan Uji Hipotesis. -Berdasarkan nilai signifikansi Sig (2-tailed) antara variabel X dengan Variabel Y adalah sebesar 0,001 < 0,05 sehinga berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Kesimpulan yang dapat ditarik dari perhitungan di atas adalah menerima pada Hipotesis Alternatif, yang menyatakan bahwa disiplin sholat siswa SMP Muhammadiyah 4 Kebomas dipengaruhi oleh pendidikan agama Islam. Serta menolak Hipotesis Null yang menyatakan Di SMP Muhammadiyah 4 Kebomas, pendidikan agama Islam tidak berpengaruh pada disiplin sholat siswa.
References
Ilham, Y. P. (2022). PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Yulianti, Y. (2021). Pentingnya pendidikan karakter untuk membangun generasi emas indonesia. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 28-35.
Adnan, M. (2015). Paradigma Pendidikan Kritis Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 97-117.
Setiardi, D., & Mubarok, H. (2017). Keluarga sebagai sumber pendidikan karakter bagi anak. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2).
Nurohmah, A. N., Dewi, D. A., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119-128.
Harjanty, R., & Mujtahidin, S. (2022). Menanamkan disiplin pada anak usia dini. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 89-104.
Muliati, I., & Rezi, M. (2017). Tujuan pendidikan dalam lingkup kajian tafsir tematik pendidikan. ISLAM TRANSFORMATIF: Journal of Islamic Studies, 1(2), 177-190.
Adam, M. K. A. (2017). Peran Guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam Shalat Berjama’ah di Sekolah Samarddee Witya Pattani Thailand (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Situmorang, K. A., & Nugroho, R. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Biomotor Dengan Permainan Tradisional Siswa Sma Negeri 1 Belalau. Journal Of Physical Education, 3(1), 13-16.
Khotimah, A. K. (2017). Pengaruh pembiasaan sholat berjamaah terhadap kesadaran sholat lima waktu siswa MI safinda Surabaya. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).
Purwaningsih, R. (2017). Peran Guru Dalam Pembiasaan Sholat Berjamaah. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 1-10.
Jai, A. J., Rochman, C., & Nurmila, N. (2019). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur pada siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257-264.
Akko, B. T. (2018). Pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak (perilaku jujur). Iqro: Journal of Islamic Education, 1(1), 55-70.
Santosa, A. D., Yusoh, S., Subandono, A., Al Mubarok, A. A. S. A., & Surur, A. M. (2022). Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa MTs al-Amien Kota Kediri Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 6(2), 129-143.
Wulandari, S. (2020). Media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat siswa belajar matematika di smp 1 bukit sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43-48.
Anshori, I., Setiaji, H., & Anita, S. (2023). PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INOVATIF MELALUI STRATEGI EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 6(2), 224-235.
Adriani, R. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Karyawan Terhadap Kinerja Organisasi. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(7), 184-190.
Izzah, N., Nas, S., & Haryana, G. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kinerja Mengajar Mahasiswa PLP Mitra Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2800-2809.
Sugiyono, P. D. (2019). metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67.
Hikmah, N. (2022). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga dan Kedisiplinan Salat Lima Waktu Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Warungasem (Doctoral dissertation, IAIN Pekalongan).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Al-Lail Qadri, Noor Amirudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.