Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence pada Pembelajaran Al-Islam di Digital Technology Class Program
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2441Keywords:
Artificial Intelligence, Al-Islam, Teknologi.Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang implementasi penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) di Digital Technology Class Program SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kelas program yang berbasis digital teknologi dan penggunaan Artificial Intelligence (AI) pada setiap pembelajarannya, terkhususnya pada mata pelajaran Al-Islam yang basicnya adalah menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi lapangan. Pengumpulan data ini melalui observasi lapangan dan wawancara kepada guru dan peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan penggunaan Artificial Inteligence (AI) dalam proses pembelajaran mata pelajaran Al-Islam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi Artificial Intelligence (AI) mempermudah guru dan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
References
Arly, A., Dwi, N., & Andini, R. (2023). Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A. Prosiding Seminar Nasional, 362–374.
Azizah, B. Y., Hermawan, I., & Farida, N. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz Paper Mode dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Islam Tarbiyyatul Falah Karawang. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 6(2), 281–300. https://doi.org/10.54396/saliha.v6i2.782
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. 5(1), 456–463.
Fauziyah, Z., Shofiyuddin, A., & Sukmawati, I. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngraho Bojonegoro. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(4), 2721–7078. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya
Fauziyat, W. R. (2023). DAMPAK PENGGUNAAN ARTIFICIAL DALAM. 6, 2180–2187.
Fikri, M. R. N., Muttaqien, F., & Noor, M. I. (2024). Strategi Implementasi Kecerdasan Buatan untuk Memperkuat Pendidikan Islam pada Generasi Z di Indonesia. Journal Islamic Education, 3(1), 132–144. https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/index
Huda, H., & Jannah, K. (2021). Konsepsi Pendidikan Islam dalam Gagasan Pemikiran Ismail Raji al-Faruqi. Jember: CV Pustaka Abadi.
Mardhiyah, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 483. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mjpai
Muchamad, M. K., Gani, T. A., & Wahyuni, P. (2020). Kampus Merdeka Seri 1 : Menilik Kesiapan Teknologi Dalam Sistem Kampus.
Rifaldin, M., H, N., Muhiddin, & Rante, P. (2024). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Educaplay untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VIII. D SMPN 20 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1623.
Saputra, M. R. (2017). Peran Guru Mata Pelajaran Al-Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X Di Sma Muhammadiyah 7 Surabaya. Tamadun Jurnal Studi Ke-Islaman, 4(1), 1–13.
Suliswiyadi. (2013). Pembelajaran Al-Islam Reflektif (Reaktualisasi Model Pengajaran Kiai Dahlan) (Issue December).
Syahraini, T. (2014). Konsep Metode Pembelajaran PAI (1st ed.). GRAHA ILMU.
Wahid, S. (2022). PEMANFAATAN CHAT GPT DALAM DUNIA PENDIDIKANt. 158–166.
Yassir, M. (2024). Pengaruh Artificial Intelligence ( AI ) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar dan Kreativitas Jambura Journal of Educational Management. 5, 45–54.
Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15–20. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022
Zulfarno, Mursal, R. S. (2019). Aktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Al- Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Sma Muhammadiyah Kota Padang. Islamic Education Journal, 1(2), 117–131.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azie Ony Sapura, Hasan Basri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.