Moderasi Beragama sebagai Pendekatan dalam Pendidikan Islam Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v7i2.2464Keywords:
Moderasi Beragama, Pendekatan, Pendidikan IslamAbstract
Pendidikan Islam di Indonesia memiliki peran yang sangat strategis dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama. Moderasi beragama merupakan pendekatan yang menekankan keseimbangan, toleransi, dan kasih sayang dalam beragama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi moderasi beragama dalam pendidikan Islam di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam jurnal ini adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya moderasi beragama dapat diterapkan dalam dunia pendidikan Islam melalui beberapa aspek, yaitu: 1) kurikulum yang menekankan pemahaman agama secara komprehensif dan kontekstual; 2) proses pembelajaran yang mendorong sikap saling menghargai perbedaan; dan 3) penciptaan lingkungan sekolah yang kondusif bagi praktik moderasi beragama. Implementasi moderasi beragama dalam pendidikan Islam diharapkan dapat mencetak generasi muda yang memiliki pemahaman agama yang moderat, toleran, dan mampu berkontribusi dalam menjaga keharmonisan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan juga bernegara.
References
Al-Attas, S.M.N. (1979). Aims and Objectives of Islamic Education. Jeddah: King Abdul Aziz University.
Arifin, Z. (2020). Peran Al-Quran dalam Mewujudkan Moderasi Beragama di Indonesia. Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 5(1), 1-12.
Azra, Azyumardi. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu
Al-Abrasyi, M. A. (1980). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Hasan, N. (2018). Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 27-45.
Huda, H., Nursyamsiyah, S., & Alfan, M. (2022). The Community-based Character Education: Study of the'Imaji Academy'Program in Madrasa. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 5(1), 113-127.
Huda, H., & Nursyamsiyah, S. (2024). Al Islam and Kemuhammadiyahan as Driving Force for Lecturer Performance at Universitas Muhammadiyah Jember. American Journal of Science and Learning for Development, 3(7), 25-36.
Huda, H., Utomo, A. P., & Nursyamsiyah, S. (2023). Epistemologi sekolah muhammadiyah dalam membangun budaya islam ditengah masyarakat non-muslim. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2), 268-281.
Kementerian Agama RI. (2015). Standar Kompetensi Lulusan Madrasah. Jakarta: Kementerian Agama RI.
Langgulung, H. (1980). Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma'arif.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2012). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Naim, N., & Sauqi, A. (2011). Pendidikan Multikultural: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Nur, A., & Lubis, M. (2015). Konsep Wasathiyah Dalam Al-Qur’an. 4(2), 209.
Quthb, Muhammad. (1980). Sistem Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma'arif.
Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Samani, M., & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Shihab, M. Q. (2007). Wawasan Al-Quran: Tafsir Maudhu'i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.
Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tafsir, Ahmad. (2014). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yuliati, Y. (2016). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Potret dari Kampung Buku Tuban. Jurnal Edueka: Kependidikan, Sosial, dan Keagamaan, 3(2), 123-138.
Zainuddin, M. (2016). Radikalisme Agama dan Upaya Deradikalisasi Paham Keagamaan. Jurnal Walisongo, 20(1), 79-100.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Badrul Arifin, Hairul Huda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.