Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Kristen dalam Membentuk Sikap Toleransi
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2776Keywords:
toleransi, pendidikan agama islam, pendidikan agama kristen, keragaman agama.Abstract
Pendidikan Agama memiliki peran penting dalam membentuk sikap toleransi siswa di sekolah dengan latar belakang agama dan budaya beragam, melalui pengajaran, pembiasaan, keteladanan, dan kolaborasi antara guru, menciptakan lingkungan inklusif dan menghargai perbedaan, walaupun di SDN 1 Karanggondang terdapat keberagaman agama, akan tetapi siswa tetap rukun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Upaya guru agama untuk menananmkan sikap tolernasi kepada siswa di SDN 1 Karanggondang dan juga bagaimana peneraan toleransinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan reduksi, penyampaian, dan verifikasi menggunakan triangulasi metode, waktu, dan sumber untuk memastikan keaslian data. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Kristen Dalam Membentuk Sikap Toleransi di SDN 1 Karanggondang yaitu dengan cara Pembelajaran di Kelas, kegiatan keagamaan Bersama, pembiasaan harian, integrasi nilai toleransi dalam materi ajar dan juga evaluasi atau pemantauan berkala oleh guru.
References
Afriadi, B. (2020). A Review of Tolerance Education in The Development of Children to Adulthood Case Study: Know The Facts Objective. Educatio: Jurnal of Education, 5(1), 27–61. https://doi.org/10.29138/educatio.v5i1.229
Alfiani, I., & Ismaraidha. (2024). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Pada Siswa SMA Gajah Mada Binjai. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(2), 1470–1488. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9585
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arifin, B., & Huda, H. (2024). Moderasi Beragama Sebagai Pendekatan Dalam Pendidikan Islam Indonesia. TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 143-154.
Dewi, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penanaman Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8060–8064. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2299
Hasnawati, Ma’ruf, M. W., & Jumadi. (2023). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai Religius Pada Peserta Didik Kelas IV Di SD Inpres Pappareang Kec. Parangloe, Kab. Gowa. 1(Desember), 1–9. https://journal.pascasarjana-uim.ac.id/index.php/referensi/article/view/199
Hughes, C. (2020). Addressing Violence in Education: from Policy to Practice. Prospects, 48(1–2), 23–38. https://doi.org/10.1007/s11125-019-09445-1
Karolina, A. (2023). Upaya Guru Kristen Protestan dan Guru PAI Dalam Mengajarkan Sikap Toleransi Kepada Siswa Yang Berbeda Keyakinan Di SD Negeri 01 Sungai Benai. 1(4), 32–39. https://doi.org/10.59024/jipa.v1i4.324 Upaya
Legi, H., & Keriapy, F. (2022). Pendidikan Agama Kristen sebagai Sebuah Usaha Menumbuhkan Sikap Toleransi. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 4(2), 187–198. https://doi.org/10.47167/kharis.v4i2.127
Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Khususnya Sma/Smk Di Zaman Serba Digital. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 101–109. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.606
Meidita Arinanda. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Pada Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Musi Rawas. 7. http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1408
Nabila Cahyaningtiyas, D. N. R. (2023). MENANAMKAN SIKAP DALAM TOLERANSI BERAGAMA PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN IPS (MULTICULTURAL BASED). 6(1), 1–17. https://doi.org/10.47080/propatria.v6i1.1650
Nada Nazopah, H. (2023). THE PARTICIPATION OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS IN FORMING AN ATTITUDE OF INTER-RELIGIOUS TOLERANCE. J P 3 T Jurnal , Penelitian, Pengembangan Pembelajaran Dan Teknologi, November, 30–38. https://doi.org/10.61116/jp3t.v1i2.87
Nugroho, T., Masruri, S., & Arifi, A. (2022). Religious Tolerance Education in Al Mukmin Islamic Boarding School of Ngruki. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 27(1), 67–83. https://doi.org/10.19109/td.v27i1.12287
Prasetyo, A. (2024). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA PADA SISWA SMA NEGERI 1 SEPUTIH RAMAN. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9391
Puspitasari, C. D. I., Atok, A. R. Al, & Pudjantoro, P. (2022). Pengembangan sikap toleransi beragama siswa melalui kegiatan keagamaan di SMPK Widyatama Batu. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(9), 868–880. https://doi.org/10.17977/um063v2i9p868-880
Safitri, E. L. (2024). Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Turen. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41722%0Ahttp://etheses.uin-malang.ac.id/41722/1/07110148.pdf
Sihombing, J. M. (2023). Peran Guru dalam Menambahkan Nilai Toleransi di Sekolah Dasar 175771 Siaro. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.47709/geci.v1i1.2405
Tentiasih, S., Rizal, M., Pangeran, U., & Nganjuk, D. (2022). INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM. 4, 341–358. https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.1334
Wahyudi, A. (2023). Character Building Training on Gen-Z Tolerance for 12th Grade SMAK Santa Maria, Malang. Journal of Community Practice and Social Welfare, 3(2), 48–64. https://doi.org/10.33479/jacips.2023.3.2.48-64
Wijaya Mulya, T., Aditomo, A., & Suryani, A. (2022). On being a religiously tolerant Muslim: discursive contestations among pre-service teachers in contemporary Indonesia. British Journal of Religious Education, 44(1), 66–79. https://doi.org/10.1080/01416200.2021.1917338
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 muhammad syarif hidayatullah, Fathur Rohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.