Implementasi Hidden Curriculum Sebagai Bentuk Pengembangan Karakter Peserta Didik

Authors

  • Sanaya Rahma Fitria Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Fathur Rohman Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2933

Keywords:

Hidden Curriculum, Pengembangan Karakter, Kegiatan Keagamaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan hidden curriculum di MAN 2 Jepara. Focus kajian dari penelitian ini adalah tentang bagaimana pelaksanaan hidden curriculum kegiatan membaca 1000 shalawat dalam mengembangkan karakter dan moral peserta didik di MAN 2 Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik informasi data pada penelitian ini diperoleh melalui tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi hidden curriculum (membaca 1000 shalawat) dapat berperan menjadi salah satu metode untuk mengembangkan karakter peserta didik di MAN 2 Jepara. Adapun karakter tersebut antara lain karakter religious (tawadhu’ dan mahabbah), sikap disiplin, sikap sabar, dan sikap tanggung jawab. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan tawaran model acuan perumusan hideen curriculum di Madrasah dalam membangun karakter peserta didik.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Arifin, B., & Huda, H. (2024). Moderasi Beragama Sebagai Pendekatan Dalam Pendidikan Islam Indonesia. TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 143-154.

Asdiqoh, S., & Zaman, B. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Insania, 25(1), 92–102. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3510

Caswita. (2019). Kurikulum Tersembunyi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(3), 300–314. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i3.590

Fauziah, H., & Mahpudz, S. (2022). Pembentukan Karakter Rendah Hati Peserta Didik Dalam Al- Qur ’ an Surah Al -Furqan 63-64 Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Jurnal Masagi, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.37968/masagi.v1i1.226

Gunawan, M. T., Lubis, K., & Hasibuan, D. (2022). Pelaksanaan Hidden Curiculum (Kurikulum Tersembunyi) Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Mis Darul Mukhlasin Desa Sei Sijenggi. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1), 25–37. https://doi.org/10.53695/js.v3i1.664

Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057

Irodati, F., & Alfi, K. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Religius dalam Rutinan Hadroh Mashoka (Majelis Sholawat) Putri kecamatan Kuwarasan. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 8(1), 68–77. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v8i1.1268

Istighfaroh, M. N., Agustini, F., Prayito, M., Wigati, T., & Pagi, K. A. (2023). Penanaman Karakter Disiplin Dalam Kegiatan Apel Pagi Di SD Negeri Panggung Lor. Jurnal Madinah: Jurnal Studi Islam, 10(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.58518/madinah.v10i1.1485

Kusumawati, D. (2024). Ketrampilan dan Kepemimpinan Partisipatif Kiai Majlis Dzikr Ta ’ lim Sabilunnajah Kabupaten Blitar dalam Meningkatkan Ibadah Jama ’ ah. Maddah: Journal of Advanced Da’wah Management Research, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.35719/maddah.vxix.xx

Mulyadi, Inayati, M., & Maimun. (2024). Jenis-Jenis Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Telaah Tentang Written Curriculum And Hidden Curriculum). Jurnal Lentera, 23(1), 98–112. https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/lentera/article/view/1416

Nugraheni, S. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17317

Nurhasanah. (2020). Pelaksanaan Hidden Curriculum (Kurikulum Tersembunyi) Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMP Al-Washliyah 5 Hamparan Perak. Jurnal Ansiru PAI, 4(2), 80–92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v4i2.8127

Nursyamsiyah, S., & Huda, H. (2024). Optimizing the Duties and Functions of Educators in the Islamic Education Environment from the Al-Qur'an Perspective. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 7(1), 31-44.

Rahayu, P., Nurwahidin, M., & Sudjarwo. (2022). Problematika Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(7), 2659. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/4184

Rasmini, & Deriwanto. (2022). Implementasi Kurikulum PAI: Kurikulum Ideal, Aktual dan Kurikulum Tersembunyi di SMKs 6 Pertiwi Curup. Jurnal Literasiologi, 9(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i1.428

Rufaida, R., & Hasyim. (2020). Mahabah dan Perilaku Manusia. Al-Allam, 1(1), 1–17. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/article/view/4132

Sunengsih, S. (2020). Membaca Shalawat Dalam Perspektif Hadis. Jurnal Holistic, 6(2), 148–169. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/holistic.v6i2.5277

Umagap, S., Salamor, L., & Gaite, T. (2022). Hidden Curriculum (Kurikulum Tersembunyi) sebagai wujud pendidikan karakter (Studi pada SMK Al-Wathan Ambon). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5329–5334. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3298

Wijaya, K. C., Ihawana, A., Fatimah, S., & Jadiddah, I. T. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Religius Melalui Lima Palembang Pada Anak Usia SD Sebagai Upaya Pencegahan “Lost Generation.” Jurnal Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35–45. https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i1.18233

Yulita, A., Sukmawati, E., & Kamaruzzaman. (2021). Upaya Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Belajar Melalui Konseling Kelompok pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Subah. BIKONS: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 1–12. https://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/index.php/BK/article/view/74

Yusuf, M. (2017). Sabar dalam Perspektif Islam dan Barat. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 4(2), 233–245. https://doi.org/10.53627/jam.v4i2.3225

Zaman, B. (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa indonesia. Jurnal Al-Ghazali: Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(1), 16–31.

Published

2025-03-04

How to Cite

Fitria , S. R., & Rohman, F. (2025). Implementasi Hidden Curriculum Sebagai Bentuk Pengembangan Karakter Peserta Didik . TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 8(1), 31–42. https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2933