Implementasi Hidden Curriculum Sebagai Bentuk Pengembangan Karakter Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2933Keywords:
Hidden Curriculum, Pengembangan Karakter, Kegiatan Keagamaan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan hidden curriculum di MAN 2 Jepara. Focus kajian dari penelitian ini adalah tentang bagaimana pelaksanaan hidden curriculum kegiatan membaca 1000 shalawat dalam mengembangkan karakter dan moral peserta didik di MAN 2 Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik informasi data pada penelitian ini diperoleh melalui tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi hidden curriculum (membaca 1000 shalawat) dapat berperan menjadi salah satu metode untuk mengembangkan karakter peserta didik di MAN 2 Jepara. Adapun karakter tersebut antara lain karakter religious (tawadhu’ dan mahabbah), sikap disiplin, sikap sabar, dan sikap tanggung jawab. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan tawaran model acuan perumusan hideen curriculum di Madrasah dalam membangun karakter peserta didik.
References
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Arifin, B., & Huda, H. (2024). Moderasi Beragama Sebagai Pendekatan Dalam Pendidikan Islam Indonesia. TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 143-154.
Asdiqoh, S., & Zaman, B. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Insania, 25(1), 92–102. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3510
Caswita. (2019). Kurikulum Tersembunyi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(3), 300–314. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i3.590
Fauziah, H., & Mahpudz, S. (2022). Pembentukan Karakter Rendah Hati Peserta Didik Dalam Al- Qur ’ an Surah Al -Furqan 63-64 Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Jurnal Masagi, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.37968/masagi.v1i1.226
Gunawan, M. T., Lubis, K., & Hasibuan, D. (2022). Pelaksanaan Hidden Curiculum (Kurikulum Tersembunyi) Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Mis Darul Mukhlasin Desa Sei Sijenggi. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1), 25–37. https://doi.org/10.53695/js.v3i1.664
Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057
Irodati, F., & Alfi, K. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Religius dalam Rutinan Hadroh Mashoka (Majelis Sholawat) Putri kecamatan Kuwarasan. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 8(1), 68–77. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v8i1.1268
Istighfaroh, M. N., Agustini, F., Prayito, M., Wigati, T., & Pagi, K. A. (2023). Penanaman Karakter Disiplin Dalam Kegiatan Apel Pagi Di SD Negeri Panggung Lor. Jurnal Madinah: Jurnal Studi Islam, 10(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.58518/madinah.v10i1.1485
Kusumawati, D. (2024). Ketrampilan dan Kepemimpinan Partisipatif Kiai Majlis Dzikr Ta ’ lim Sabilunnajah Kabupaten Blitar dalam Meningkatkan Ibadah Jama ’ ah. Maddah: Journal of Advanced Da’wah Management Research, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.35719/maddah.vxix.xx
Mulyadi, Inayati, M., & Maimun. (2024). Jenis-Jenis Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Telaah Tentang Written Curriculum And Hidden Curriculum). Jurnal Lentera, 23(1), 98–112. https://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/lentera/article/view/1416
Nugraheni, S. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17317
Nurhasanah. (2020). Pelaksanaan Hidden Curriculum (Kurikulum Tersembunyi) Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMP Al-Washliyah 5 Hamparan Perak. Jurnal Ansiru PAI, 4(2), 80–92. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v4i2.8127
Nursyamsiyah, S., & Huda, H. (2024). Optimizing the Duties and Functions of Educators in the Islamic Education Environment from the Al-Qur'an Perspective. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 7(1), 31-44.
Rahayu, P., Nurwahidin, M., & Sudjarwo. (2022). Problematika Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(7), 2659. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/4184
Rasmini, & Deriwanto. (2022). Implementasi Kurikulum PAI: Kurikulum Ideal, Aktual dan Kurikulum Tersembunyi di SMKs 6 Pertiwi Curup. Jurnal Literasiologi, 9(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i1.428
Rufaida, R., & Hasyim. (2020). Mahabah dan Perilaku Manusia. Al-Allam, 1(1), 1–17. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/article/view/4132
Sunengsih, S. (2020). Membaca Shalawat Dalam Perspektif Hadis. Jurnal Holistic, 6(2), 148–169. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/holistic.v6i2.5277
Umagap, S., Salamor, L., & Gaite, T. (2022). Hidden Curriculum (Kurikulum Tersembunyi) sebagai wujud pendidikan karakter (Studi pada SMK Al-Wathan Ambon). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5329–5334. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3298
Wijaya, K. C., Ihawana, A., Fatimah, S., & Jadiddah, I. T. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Religius Melalui Lima Palembang Pada Anak Usia SD Sebagai Upaya Pencegahan “Lost Generation.” Jurnal Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35–45. https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i1.18233
Yulita, A., Sukmawati, E., & Kamaruzzaman. (2021). Upaya Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Belajar Melalui Konseling Kelompok pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Subah. BIKONS: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 1–12. https://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/index.php/BK/article/view/74
Yusuf, M. (2017). Sabar dalam Perspektif Islam dan Barat. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 4(2), 233–245. https://doi.org/10.53627/jam.v4i2.3225
Zaman, B. (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa indonesia. Jurnal Al-Ghazali: Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(1), 16–31.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fathur Rohman, Sanaya Rahma Fitria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.