Resiliensi Jiwa dalam Pendidikan Islam: Interpretasi QS. AZ-Zumar ayat 53 pada Optimisme Harapan Hidup Penuntut Ilmu
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2965Keywords:
Mental, Quran, Resiliensi, Pendidikan, Islam.Abstract
Permasalahan kesehatan mental dalam dunia pendidikan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, karena untuk mencapai tujun pendidikan Islam yaitu membentuk insan kamil yang sehat pikirannya dan juga jiwanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih lanjut QS. Az-Zumar ayat 53 dalam kontribusinya pada kesehatan mental dalam bentuk resiliensi jiwa, sehingga dapat menjadi filosofi model pendidikan Islam dalam mengatasi masalah mental pada peserta didik terlebih khusus pada masalah bunuh diri yang dilakukan oleh penuntut ilmu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tafsir tahlili dari QS. Az-Zumar ayat 53. Peneliti melakukan analisis QS. Az-Zumar ayat 53 dengan mendatangkan pandangan para mufasir dari kitab-kitab tafsir timur tengah maupun dari Indonesia sebagai bahan kontekstualisasi dan berikutnya dianalisis dengan penedakatan tarbawiyah untuk menyesuaikan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunujukkan bahwa QS. Az-Zumar ayat 53 mengandung makna yang menunjukkan bahwa manusia tidak pernah sendirian dalam menghadapi hidup, sehingga manusia diwajibkan untuk tidak menyerah dan percaya kepada rahmat Allah yang sangat luas. Lalu dalam penanaman nilai dalam QS. Az-Zumar ayat 53 hal ini senada dalam konsep pendidikan akhlak Al-Ghazali berupa metode takhalli, tahalli, dan tajalli sebagai bentuk penyempurnaan jiwa. Sehingga QS. Az-Zumar ayat 53 dapat menjadi dorongan manusia untuk memilih bertahan hidup dalam segala kondisi masalah hidupnya.
References
Abdollahpour Ranjbar, H., Parhoon, H., Mohammadkhani, S., Munawar, K., Moradi, A., & Jobson, L. (2021). Investigating cognitive control and cognitive emotion regulation in Iranian depressed women with suicidal ideation or suicide attempts. Suicide and Life-Threatening Behavior, 51(3), 586–595. https://doi.org/10.1111/sltb.12735
Al-Abrasyi, M. A. (1993). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam (7th ed.). Bulan Bintang.
Al-Dimasqy, I. ad-D. A. A.-F. I. (2017). Tafsir Al Qur’an Al Adzim. Maktabah Al-Islamiyah.
Amrullah, A. M. K. (n.d.). Tafsir Al-Azhar. Pustaka Nasional PTE. LTD.
Anggrellla, C., Nathwa, Y. S., & Hudi, I. (2024). Pemahaman Religius untuk Menghindari Perilaku Bunuh Diri pada Remaja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8128–8136. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13610
As-Suyuthi, J. (2002). Asbabun Nuzul. Muassasah Al-Kutub Ats-Tsaqafiyah.
As-Suyuthi, J., & Al-Mahalli, J. (2015). Tafsir Al-Jalalain. Madar Al Watan.
Az-Zuhaily, W. (2009). Tafsir Al Munir. Dar Al-Fikr.
Bukhori, B., Ma’arif, S., Panatik, S. A. binti, Siaputra, I. B., & Afghani, A. A. Al. (2022). Study on Muslim University Students in Indonesia: The Mediating Role of Resilience in the Effects of Religiousity, Social Support, Self-Efficacy on Subjective Well-being. Islamic Guidance and Counseling Journal, 5(2), 152–171. https://doi.org/10.25217/igcj.v5i2.2972
Daradjat, Z. (1978). Kesehatan Mental (6th ed.). Gunung Agung.
Daradjat, Z. (2017). Ilmu Pendidikan Islam (13th ed.). Bumi Aksara.
De Luca, S. M., Franklin, C., Yueqi, Y., Johnson, S., & Brownson, C. (2016). The Relationship Between Suicide Ideation, Behavioral Health, and College Academic Performance. Community Mental Health Journal, 52(5), 534–540. https://doi.org/10.1007/s10597-016-9987-4
Grotberg, E. H. (1995). A Guide to Promoting Resilience in Children: Strengthening the Human Spirit. Bernard Van Leer Foundation.
Hakim, L. N. (2019). Metodologi Penelitian Tafsir. CV. Amanah.
Hasanah, K. N., & Wathoni, K. (2022). Problematika Kesehatan Mental dan Upaya Penanggulangannya Melalui Pendekatan Pendidikan Islam (studi kasus di rumah terapi jiwa Margo Widodo Paringan Jenangan Ponorogo). Jurnal Arsyadana: Jurnal Pendidikan Islam Aktual, 1(1), 1–15. http://etheses.iainponorogo.ac.id/5469/1/WORD JADI DONE.pdf
Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2019). Connecting Adolescent Suicide to the Severity of Bullying and Cyberbullying. Journal of School Violence, 18(3), 333–346. https://doi.org/10.1080/15388220.2018.1492417
Indrawati, T. (2019). Pengaruh Resiliensi dan Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Guru di PAUD Rawan Bencana ROB. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 71–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5226
Khaki, A., & Sadeghi Habibabad, A. (2021). Investigating the Effect of Religious and Islamic Teachings on the Calmness and Mental Health in Educational Spaces. Journal of Religion and Health, 60(4), 2632–2645. https://doi.org/10.1007/s10943-020-01022-7
Li, W., Dorstyn, D. S., & Jarmon, E. (2020). Identifying suicide risk among college students: A systematic review. Death Studies, 44(7), 450–458. https://doi.org/10.1080/07481187.2019.1578305
Makhubela, M. (2021). Suicide and depression in university students: a possible epidemic. South African Journal of Psychology, 51(1), 3–5. https://doi.org/10.1177/0081246321992179
Mughni, S., & Muhammad Marzuk. (2022). TAFSIR AYAT PSIKOLOGI, Memaknai Ayat Al-Qur’an Tentang Resiliensi Jiwa Dan Urgensinya Dalam Kehidupan Sosial. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 101–114. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.319
Muhammad, Y. (2014). Tafsir ayat-ayat Pendidikan dengan Metode Semi Tematik dan Tematik. Alauddin University Press.
Nasution, F. S. (2021). Kasus Bullying Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Dan Kesehatan Mental Anak Usia Dini. MUBTADA: Jurnal Ilmiah Dalam Pendidikan Dasar, 4(4), 57–67. https://ejournal.stitalhikmah-tt.ac.id/index.php/mubtada/article/view/96
Nata, A. (2018). Psikologi Pendidikan Islam. Rajawali Pers.
Press, O. U. (2020). Oxford Advanced Learner’s Dictionary (D. Lea & J. Bradbery (eds.); 10th ed.). Oxford University Press.
Rosdialena, & Ernadwita. (2019). Sabar sebagai Terapi Kesehatan Mental. Kajian Dan Pengembangan Umat, 3(1), 45. http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/ummatanwasathan/article/view/1914
Rofina, A., Ilmi, M. N. A. H., Nursyamsiyah, S., & Huda, H. (2024). Konsep Ilmu dan Pendidikan dalam Perspektif Surat Al-Mujadalah Ayat 11. TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 107-119.
Saichu, A. C., & Listiyandini, R. A. (2018). Pengaruh Dukungan Keluarga dan Pasangan terhadap Resiliensi Ibu yang Memiliki Anak dengan Spektrum Autisme. PSIKODIMENSIA, 17(1), 1. https://doi.org/10.24167/psidim.v17i1.1293
Saleem, T., Saleem, S., Mushtaq, R., & Gul, S. (2021). Belief Salience, Religious Activities, Frequency of Prayer Offering, Religious Offering Preference and Mental Health: A Study of Religiosity Among Muslim Students. Journal of Religion and Health, 60(2), 726–735. https://doi.org/10.1007/s10943-020-01046-z
Sani, R. A. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Kencana.
Tafsir, A. (2019). Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia (9th ed.). PT. Rosdakarya.
Ungar, M., & Theron, L. (2020). Resilience and mental health: how multisystemic processes contribute to positive outcomes. The Lancet Psychiatry, 7(5), 441–448. https://doi.org/10.1016/S2215-0366(19)30434-1
Wahyuni, E. N., & Bariyyah, K. (2019). Apakah spiritualitas berkontribusi terhadap kesehatan mental mahasiswa? Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 46. https://doi.org/10.29210/120192334
Wolke, D., & Lereya, S. T. (2015). Long-term effects of bullying. Archives of Disease in Childhood, 100(9), 879–885. https://doi.org/10.1136/archdischild-2014-306667
Yusuf, M., Rahmadani, A. L., Lestari, Y., & Kurniawan, D. S. (2022). Urgensi Pendidikan Islam dalam Menjaga Kesehatan Mental Remaja di Lingkungan Sekolah pada Era Media Sosial. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1–17. https://doi.org/10.37542/iq.v5i01.338
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dicky Setiady, Abdul Ghofur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.