Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2966Keywords:
Penerapan, Project Based Learning (PjBL), Pelajaran PAIAbstract
Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proyek nyata untuk menyelidiki, merancang, dan mengevaluasi suatu konsep. Pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, PjBl mendorong siswa untuk memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai Islam melalui pengalaman langsung untuk meningkatkan motivasi belajar, pemahaman mendalam, serta pola pikir kritis dan kreatif. Tujuan penelitian adalah mengkaji tentang penerapan model Project Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Palangka Raya. Riset ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Subjek penelitian terdiri dari satu guru PAI serta dua orang siswa sebagai informan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa telah diterapkannya enam tahapan model Project Based Learning yaitu: (1) penyampaian pertanyaan mendasar oleh guru yang ditunjukkan dengan guru memberikan pertanyaan di awal pembelajaran, (2) mendesain perencanaan proyek yang ditunjukkan dengan guru menentukan jenis proyek dan siswa berdiskusi mengenai rancangan proyek, (3) penyusunan jadwal pembuatan proyek yang ditunjukkan dengan guru dan siswa membuat kesepakatan mengenai tenggat waktu pengerjaan proyek, (4) monitoring keaktifan dan perkembangan proyek yang ditunjukkan dengan guru aktif memantau proyek siswa dengan cara berkomunikasi langsung dengan siswa, (5) pengujian hasil proyek yang dilakukan melalui presentasi kelompok, dan (6) evaluasi pengalaman belajar siswa yang ditunjukkan dengan guru melakukan refleksi bersama siswa.
References
Abdullah, E., Nur, M., Samputri, S., Sumarni, S., Herlina, B., & Sulfiani, B. (2025). Pemberdayaan Guru Melalui Project-Based Learning untuk Mendukung Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 48–56. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41123
Abrori, F. M. (2021). Ketika Komikus Bertemu Etnobotanis: Cross-Project Pengembangan Komik Etnobiologi. Journal of Tropical Ethnobiology, 71–77.
Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Aminah, I. A. N., & Sya’bani, M. A. Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2804
Arta, G. Y. (2024). Asesmen dalam Pendidikan: Konsep, Pendekatan, Prinsip, Jenis, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 170–190. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3925
Astuti, F. R., Sahara, I. R., & Gusmaneli, G. (2025). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3390
Chatra, M. A., Achjar, K. A. H., Ningsi, Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Fajarini, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Upaya Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Mahasiswa dalam Mata Kuliah Penulisan Kreatif. Jurnal Samudra Bahasa, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.33059/jsb.v5i2.6406
Halimah, L., & Marwati, I. (2022). Project base learning untuk pembelajaran abad 21. PT. Refika Aditama. https://perpustakaan.jakarta.go.id/book/detail?cn=INLIS000000000840769
Harefa, M., Harefa, J. E., Harefa, A., & Harefa, H. O. N. (2023). Kajian Analisis Pendekatan Teori Konstruktivisme Dalam Proses Belajar Mengajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.150
Huda, H. H., & Nursyamsiyah, S. (2023). Membangun Konsep Mengajar Berbasis Keilmuan Pendidikan Islam. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.32528/tarlim.v6i2.997
Hujjatusnaini, N., Corebima, A. D., Prawiro, S. R., & Gofur, A. (2022). The Effect of Blended Project-based Learning Integrated with 21st-Century Skills on Pre-Service Biology Teachers’ Higher-order Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i1.27148
Hunain, I., Maghfiroh, M., Qomariyah, N., & Fahmi, A. S. (2023). Implementasi Strategi Pembelajaran PBL (Project Based Learning) dalam Pembelajaran PAI di SDN Pandan Kecamatan Galis Pamekasan. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.19105/rjpai.v4i1.8219
Istiqomah, F., Firdaus, A., & Dewi, R. S. (2023). Analisis Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Problem Based Learning dan Project Based Learning. Journal on Education, 6(1), Article 1.
Nasir, M., Fakhrunnisa, R., & Nastiti, L. R. (2019). The Implementation of Project-based Learning and Guided Inquiry to Improve Science Process Skills and Student Cognitive Learning Outcomes.
Nurjan, S. (2019). Perkembangan Peserta Didik Perspektif Islam. Penerbit Titah Surga. http://eprints.umpo.ac.id/4898/
Nursyamsiyah, S., & Huda, H. (2024). Optimizing the Duties and Functions of Educators in the Islamic Education Environment from the Al-Qur'an Perspective. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 7(1), 31-44.
Samsiadi, S., & Romelah, R. (2022). Model Project Based Leaning (PjBL) dalam Pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Berau Kaltim. Research and Development Journal of Education, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12993
Saputra, H. (2023). Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Abshar: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam Dan Humaniora, 2(1), 17–26.
Suprihatin, E., & Rosita, D. (2020). Penerapan Teknik Scaffolding Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kristen Kadasituru Terpadu. Edulead: Journal of Christian Education and Leadership, 1(1), 34–55. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i1.17
Wahyuni, E., & Fitriana, F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4262
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236
Yemmardotillah, M., Simargolang, Z., & Purwaningtyas, D. A. (2024). Studi Literatur Pendekatan Holistik dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Allama: Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(1), Article 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Latiana Safitri, Triwid Syafarotun Najah, Noorazmah Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.