Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran PAI

Authors

  • Latiana Safitri Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Triwid Syafarotun Najah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Noorazmah Hidayati Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2966

Keywords:

Penerapan, Project Based Learning (PjBL), Pelajaran PAI

Abstract

Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proyek nyata untuk menyelidiki, merancang, dan mengevaluasi suatu konsep. Pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, PjBl mendorong siswa untuk memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai Islam melalui pengalaman langsung untuk meningkatkan motivasi belajar, pemahaman mendalam, serta pola pikir kritis dan kreatif. Tujuan penelitian adalah mengkaji tentang penerapan model Project Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Palangka Raya. Riset ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Subjek penelitian terdiri dari satu guru PAI serta dua orang siswa sebagai informan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa telah diterapkannya enam tahapan model Project Based Learning yaitu: (1) penyampaian pertanyaan mendasar oleh guru yang ditunjukkan dengan guru memberikan pertanyaan di awal pembelajaran, (2) mendesain perencanaan proyek yang ditunjukkan dengan guru menentukan jenis proyek dan siswa berdiskusi mengenai rancangan proyek, (3) penyusunan jadwal pembuatan proyek yang ditunjukkan dengan guru dan siswa membuat kesepakatan mengenai tenggat waktu pengerjaan proyek, (4) monitoring keaktifan dan perkembangan proyek yang ditunjukkan dengan guru aktif memantau proyek siswa dengan cara berkomunikasi langsung dengan siswa, (5) pengujian hasil proyek yang dilakukan melalui presentasi kelompok, dan (6) evaluasi pengalaman belajar siswa yang ditunjukkan dengan guru melakukan refleksi bersama siswa.

References

Abdullah, E., Nur, M., Samputri, S., Sumarni, S., Herlina, B., & Sulfiani, B. (2025). Pemberdayaan Guru Melalui Project-Based Learning untuk Mendukung Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 48–56. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41123

Abrori, F. M. (2021). Ketika Komikus Bertemu Etnobotanis: Cross-Project Pengembangan Komik Etnobiologi. Journal of Tropical Ethnobiology, 71–77.

Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415

Aminah, I. A. N., & Sya’bani, M. A. Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i2.2804

Arta, G. Y. (2024). Asesmen dalam Pendidikan: Konsep, Pendekatan, Prinsip, Jenis, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 170–190. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3925

Astuti, F. R., Sahara, I. R., & Gusmaneli, G. (2025). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3390

Chatra, M. A., Achjar, K. A. H., Ningsi, Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fajarini, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Upaya Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Mahasiswa dalam Mata Kuliah Penulisan Kreatif. Jurnal Samudra Bahasa, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.33059/jsb.v5i2.6406

Halimah, L., & Marwati, I. (2022). Project base learning untuk pembelajaran abad 21. PT. Refika Aditama. https://perpustakaan.jakarta.go.id/book/detail?cn=INLIS000000000840769

Harefa, M., Harefa, J. E., Harefa, A., & Harefa, H. O. N. (2023). Kajian Analisis Pendekatan Teori Konstruktivisme Dalam Proses Belajar Mengajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.150

Huda, H. H., & Nursyamsiyah, S. (2023). Membangun Konsep Mengajar Berbasis Keilmuan Pendidikan Islam. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.32528/tarlim.v6i2.997

Hujjatusnaini, N., Corebima, A. D., Prawiro, S. R., & Gofur, A. (2022). The Effect of Blended Project-based Learning Integrated with 21st-Century Skills on Pre-Service Biology Teachers’ Higher-order Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i1.27148

Hunain, I., Maghfiroh, M., Qomariyah, N., & Fahmi, A. S. (2023). Implementasi Strategi Pembelajaran PBL (Project Based Learning) dalam Pembelajaran PAI di SDN Pandan Kecamatan Galis Pamekasan. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.19105/rjpai.v4i1.8219

Istiqomah, F., Firdaus, A., & Dewi, R. S. (2023). Analisis Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Problem Based Learning dan Project Based Learning. Journal on Education, 6(1), Article 1.

Nasir, M., Fakhrunnisa, R., & Nastiti, L. R. (2019). The Implementation of Project-based Learning and Guided Inquiry to Improve Science Process Skills and Student Cognitive Learning Outcomes.

Nurjan, S. (2019). Perkembangan Peserta Didik Perspektif Islam. Penerbit Titah Surga. http://eprints.umpo.ac.id/4898/

Nursyamsiyah, S., & Huda, H. (2024). Optimizing the Duties and Functions of Educators in the Islamic Education Environment from the Al-Qur'an Perspective. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 7(1), 31-44.

Samsiadi, S., & Romelah, R. (2022). Model Project Based Leaning (PjBL) dalam Pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Berau Kaltim. Research and Development Journal of Education, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12993

Saputra, H. (2023). Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Abshar: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam Dan Humaniora, 2(1), 17–26.

Suprihatin, E., & Rosita, D. (2020). Penerapan Teknik Scaffolding Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kristen Kadasituru Terpadu. Edulead: Journal of Christian Education and Leadership, 1(1), 34–55. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i1.17

Wahyuni, E., & Fitriana, F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4262

Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236

Yemmardotillah, M., Simargolang, Z., & Purwaningtyas, D. A. (2024). Studi Literatur Pendekatan Holistik dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Allama: Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(1), Article 1.

Published

2025-03-04

How to Cite

Safitri, L., Najah, T. S., & Hidayati, N. (2025). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran PAI . TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 8(1), 67–82. https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2966