Pemanfaatan Digitalisasi Pesantren Melalui Sistem Administrasi dan Pelaporan Pendidikan Berbasis Aplikasi Santri App
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2967Keywords:
Digitalisasi, Administrasi, PesantrenAbstract
Era digital membawa dampak signifikan pada sistem administrasi dan pelaporan pendidikan termasuk pesantren. Sistem administrasi dan pelaporan digital berbasis internet secara bertahap menggeser posisi sistem konvensional lembaga pendidikan. Berbagai teknologi digital dikembangkan dalam upaya memberikan kemudahan pada sistem administrasi dan pelaporan pendidikan pesantren dengan menjalin kerjasama antara penyelenggara pendidikan pesantren, alumni, masyarakat hingga Kementrian Agama Republik Indonesia. Santri App ialah aplikasi yang berfungsi untuk mengelola administrasi kelembagaan dan kesantrian serta pelaporan akademik. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dikembangkan pada lembaga pendidikan pesantren dengan menawarkan layanan dan fitur komprehensif pada sistem administrasi dan pelaporan pesantren. Akses aplikasi Santri App terintegrasi dengan wali santri, sehingga memudahkan untuk memantau kegiatan santri melalui aplikasi. Fokus kajian penelitian ini tidak hanya mengkaji dan mendeskripsikan secara mendalam mengenai sistem administrasi dan pelaporan pendidikan, namun juga pemanfaatan aplikasi Santri App pada sistem administrasi dan pelaporan pendidikan pesantren dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian menemukan bahwa Aplikasi Santri App merupakan salah satu aplikasi berbasis website yang dapat digunakan oleh guru dan tenaga kependidikan lainnya yang terintegerasi dengan wali santri. Aplikasi ini menawarkan akurasi, transparansi, efisiensi, serta efektivitas pada administrasi dan pelaporan pendidikan. aplikasi ini dapat memberikan informasi komprehensif sebagai bahan penentuan keputusan atau kebijakan pendidikan pesantren berikutnya.
References
Aceng. (2020). Terhadap Kinerja Pengelolaan Emis Pesantren Dalam Mewujudkan Efektivitas Pencapaian Program Indonesia Pintar Pesantren (Studi Pada Pesantren – Pesantren Dibawah Binaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Garut). Jurnal Publik, 14(02), 27–37. https://doi.org/https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.31
Aedi, U., & Amaludin, A. (2022). Modernisasi Sistem Manajemen Pesantren Dengan SIAP (Sistem Informasi Administrasi Pesantren) Pada Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin. Jurnal Of Islamic Management, 2(2), 96–106. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jim.v2i2.830
Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah dalam Menghdapi Revolusi 5.0. Jurnal Sustainable, 5(2), 172–182. https://doi.org/https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2509
Amrullah, A. M. K. (2022). Quality Assurance (QA) Becoming Quality Enterpreneur (QE): Mutu, Inovasi dan Kemandirian Lembaga Pendidikan Lahir dari Kepemimpinan yang Kuat. Inara Publisher.
AR, S., Sugianto, H., & Sulhan. (2023). The Role Of Santri To Against Hoaxes : The Study on the Role of Santries in spreading of Islam Rahmatan Lil Alamin on Social Media. AL-IRFAN: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 6(2), 243–258.
Arif, M. T. (2019). Penelitian Evaluasi Pendidikan. ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 66–75. https://doi.org/https://doi.org/10.47732/adb.v2i2.122
Bhato, S. I., Hikmah, N., & Noor, S. (2024). Implementasi Penggunaan Aplikasi Education Management Information System (Emis) di PD Pontren Kementerian Agama Kota Palangka Raya. Switch: Jurnal Sains Dan Teknologi Informasi, 2(5), 36–44. https://doi.org/https://doi.org/10.62951/switch.v2i5.279
Chaerany, C. (2024). Literature Review Pengaruh Kelengkapan Administrasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru di Madrasah. Journal Education and Government Wiyata, 2(November), 38395.
Choironi, M. A., Haq, R. R., Faini, M. B. A. Al, Wahyudin, A., & Zuhriyah, I. A. (2024). Utilizing The Edu-Panda Application To Improve Personnel And Academic Administration Services. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 9(April), 157–171. https://doi.org/https://doi.org/10.58788/alwijdn.v9i2.4109
Eliana, E., & Rahmatya, M. D. (2019). Perancangan Sistem Informasi Administrasi pada Pondok Pesantren Pembangunan Sumur Bandung. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 9(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.34010/jati.v9i1.1330
Hantoro, R. R., Hasibuan, L., & Anwar, K. (2021). Administrasi Pendidikan: Unsur dan Bidang Garapan Administrasi pada Sekolah. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 20–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v10i1.241
Hasanah, U., Verawati, H., Hasanah, I. F., Febriani, E., & Selvia, D. S. E. (2023). Pendidikan Tauhid Solusi Penguatan Online Resilience Peserta Didik di Era Digital. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(1), 58–66. https://doi.org/10.31764
Hasbiyallah, & Ihsan, M. N. (2022). Administrasi Pendidikan dalam Merdeka Belajar Perspektif Islam. LovRinz.
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2014). Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik terj. Educational Administration Theory, Research, and Practice (9th ed.). Pustaka Pelajar.
Idrus, M., Hamuni, T., S., & Nerlin. (2024). Administrasi Pendidikan: Konsep, Ruang Lingkup dan Aplikasi di Lembaga Pendidikan. EUREKA MEDIA AKSARA.
Iqbal, M. A., & Yuniarti, R. (2024). Inovasi Sistem Administrasi Sekolah Berbasis Web di Lingkungan Pondok Pesantren Al Madinatul Islamiyah Rumeneng Desa Paok Motong. Jembatan Hukum: Kajian Ilmu Hukum, Sosial Dan Administrasi Negara, 1(4), 81–85. https://doi.org/https://doi.org/10.62383/jembatan.v1i3.945
Kioupi, V., & Voulvoulis, N. (2020). Sustainable Development Goals (SDGs): Assessing the Contribution of Higher Education Programmes. Sustainability.
Kontributor. (2024). Bangun Infrastruktur Digital Pesantren, Kemenag Digitalisasi Kitab Kuning. Kamis, 12 September 2024 · 15:53. https://kemenag.go.id/nasional/bangun-infrastruktur-digital-pesantren-kemenag-digitalisasi-kitab-kuning-d5UiT
Marlina, L., & Nugraha, M. S. (2024). Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di MTs PPI 50 Lembang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 128–153. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19793
Maulida, S., & Ali, M. M. (2023). Pesantren in Indonesia and Sustainable Development Issues. The Economic Review of Pesantren, 2(1).
Muid, A., Qomaruddin, U., & Gresik, B. (2024). Peluang dan Tantangan Pendidikan Pesantren di Era Digital (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islah Bungah Gresik). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 512–530. https://doi.org/https://doi.org/10.69896/modeling.v11i1.2254
Mustafa, Rohayati, Abdullah, A., Alhidayatillah, N., & Astuti, D. P. (2023). From Inequality to Digital Inclusion: Opportunities and Challenges of Digitalization among Santri in Indonesia. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 336–342.
Najar, A. M., Resnawati, Abu, M., Andri, & Gamayanti, N. F. (2024). Digitalisasi Sistem Administrasi Sebagai Upaya Peningkatan Efektivitas Pelayanan di SMPN 2 Tanantovea. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka, 2(4), 77–84. https://doi.org/https://doi.org/10.58266/jpmb.v2i4.84
Nasikin, M., & Khojir. (2021). Rekonstruksi Pendidikan Islam di Era Society 5.0. Cross Border, 4(2), 706–722.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Harfa Creative.
Nuha, M. F. lAlam U., Muklason, A., & Agustiawan, Y. (2024). Enhaching Administrative Efficiency in Pondok Pesantren: Exploring the Acceptence of E-Santren App System for Administrative Tasks. Procedia Computer Science, 234, 795–804. https://doi.org/10.1016/j.procs.2024.03.096
Nur, S., & Usnur, U. H. (2024). Prinsip-prinsip Administrasi Pendidikan. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 14–23.
Nurochim. (2016). Administrasi Pendidikan. Gramata Publishing.
Nirmalasari, I., Rofi, S., & Huda, H. (2024). Korelasi Tingkat Religiusitas Siswa dan Prokrastinasi Akademik di MBS Al Mukhtar Watukebo. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 11-11.
Pahleviannur, M. R., Grace, A. De, Saputra, D. N., Merdianto, D., Sinthania, N. D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Amruddin, Alam, M. D. S., Lisya, M., & Ahyar, D. A. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.
Putra, S., Risnita, Jailani, M. S., & Nasution, F. H. (2023). Penerapan Prinsip Dasar Etika Penelitian Ilmiah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27876–27881. https://doi.org/10.31004/jptam
Qurtubi, A. (2019). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori & Implementasi). CV. Jakad Media Publishing.
Rahayu, M. S., & Sirozi, M. (2024). Unsus-unsur Politik dalam Proses Administrasi dan Manajemen Pendidikan Sekolah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(September), 514–523. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15323
Rahmadani, A., Tanjung, R. R., & Melisa, W. (2024). Konsep Administrasi Pendidikan. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 79–86. https://doi.org/https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2848
Ramli, F. R. J. A., & Sudadi. (2023). Konsep Dasar Administrasi Pendidikan, Fungsi dan Ruang Lingkupnya. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(1), 53–62. https://doi.org/https://doi.org/10.56630/jti.v5i1.360
Ridwan, M., Fitriani, I., Ilyas, & Wahyudin. (2023). Perancangan Aplikasi Sistem E-Presensi Guru dan Siswa Berbasis Android sebagai Sarana Digitalisasi Sekolah di SMPN 3 Monta. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran (JUNDIKMA), 02(02), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.59584/jundikma.v2i2.22
Rifa’i, M., Ananda, R., & Syahputra, M. R. (2023). Administrasi Pendidikan dan Perspektif Islam dan Sains. UMSU Press.
Rohmat, I. N., Nur, M., Setyawan, K., & Salsabila, I. A. (2023). Teknik Evaluasi Pembelajaran PAI. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(1), 157–177. https://doi.org/https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i1.102
Rosyada, A., Syahada, P., & Chanifudin. (2024). Kurikulum Merdeka: Dampak Peningkatan Beban Administrasi Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 238–244. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.491
Soleh, M. I. (2024). Transformasi Administrasi Pondok Pesantren Modern di Indonesia. Journal of Education and Religious Studies (JERS), 04(02), 50–59. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.57060/jers.v4i02.128
Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. CV ALFABETA.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif). CV ALFABETA.
Sururin, Nawawi, M., Subchi, I., & Amyn, I. M. (2021). The Portrait of Social Media on Students ’ Lifestyle and Education Culture. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 6(2), 287–295. https://doi.org/10.24042/tadris.v6i2.9039
Suyadnya, I. D. P. (2024). Implementasi Digitalisasi Administrasi Pendidikan di SMP Negeri 3 Bangli. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 38–54. https://doi.org/https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.2915
Yani, J., & Srimulat, F. E. (2023). Administrasi Pendidikan. CV. Tatakata Grafika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aminatul Fattachil ‘Izza , Putri Ayu Dwi Nabila, Indah Aminatuz Zuhriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.