Upaya Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Melalui Program Jum’at Amal
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2971Keywords:
Pendidikan Karakter, Peduli Sosial, Program Pembiasan, Jum’at AmalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya peningkatan karakter peduli sosial siswa melalui program pembiasaan Jum’at Amal di SDN 6 Panggang Jepara. Kajian ini merumuskan dua pertanyaan utama, yaitu: (1) Bagaimana upaya meningkatkan karakter peduli sosial melalui Program Jum’at Amal, dan (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat terlaksananya program tersebut. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Fokus kajian meliputi pelaksanaan program, dampaknya terhadap karakter peduli sosial siswa, serta dukungan dan tantangan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Jum’at Amal secara signifikan meningkatkan kesadaran dan sikap peduli sosial siswa melalui edukasi mengenai manfaat berbagi serta pelaksanaan tindakan nyata yang mendorong praktik kebiasaan sosial positif. Program ini dikoordinir oleh Guru Pendidikan Agama Islam dengan alokasi dana untuk berbagai kegiatan sosial dan keagamaan. Upaya yang dilakukan dalam program ini meliputi edukasi tentang pentingnya berbagi, menumbuhkan kesadaran sosial, dan melatih siswa untuk peduli terhadap sesama. Program ini berhasil meningkatkan karakter peduli sosial siswa yang terlihat dari meningkatnya empati, kesadaran sosial, dan sikap tolong menolong. Faktor pendukung pelaksanaan program meliputi antusiasme siswa, peraturan yang fleksibel, serta dukungan dari wali murid. Namun, terdapat hambatan seperti minimnya evaluasi perbaikan program dan keterbatasan tenaga pengelola.
References
Ahmad, J. M., Adrian, H., & Arif, M. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam lingkungan keluarga. Jurnal Pendias, 3(1), 1–24. https://media.neliti.com/media/publications/29315-ID-urgensi-pendidikan-agama-luar-sekolah-
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Amaniyah, I. F., & Nasith, A. (2022). Upaya Penanaman Karakter Peduli Sosial Melalui Budaya Sekolah Dan Pembelajaran Ips. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 81–95. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i2.1377
Andayani, E. (2017). Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. 4(2), 31–45.
Assidqy, H. (2015). Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Selve, Solve, Create and Share. IAIN Antasari Banjarmasin, 1.
Aswat, H., Kasih, M., Ode, L., Ayda, B., & Buton, U. M. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 6(5), 9105–9117.
Atiyah, N. (2022). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 GRATI PASURUAN (Vol. 7, Issue 1).
Bariyah, S. K. (2020). HUBUNGAN PEMBIASAAN BUDAYA ISLAMI DAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DENGAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS 6 MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANYUMAS [IAIN PURWOKERTO]. www.pps.iainpurwokerto.ac.id
Damariswara, R., Wiguna, F. A., Khunaifi, A. A., Zaman, W. I., & Nurwenda, D. D. (2021). Penyuluhan Pendidikan Karakter Adaptasi Thomas Lickona. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v1i1.16057
Dodi, I. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73
Fatmah, N. (2018). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan. Jurnal Lirboyo, 29, 369–387.
Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., Apriani, L., & Idawati, I. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 201. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1898
Hardiansyah, F., Budiyono, F., & Wahdian, A. (2021). Penerapan Nilai-nilai Ketuhanan Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6318–6329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1762
Hutabarat, F. N. (2024). Implementasi Program Jum’at Amal Dalam Pembentukan Karakter Kepedulian Sosial Peserta Didik di SMA Negeri 1 Tukka. Kuttab, 08(02), 454–466.
Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239. https://doi.org/10.21093/di.v14i2.15
Mulyana, D. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Omeri, N. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Neliti Media Publication, 8(2), 1278–1285.
Qonita, M., Artati, K. B., Musyarofah, A., Wahyuni, F., & Tjalla, A. (2022). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Guidance, 19(02), 106–120. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.2211
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rofina, A., Ilmi, M. N. A. H., Nursyamsiyah, S., & Huda, H. (2024). Konsep Ilmu dan Pendidikan dalam Perspektif Surat Al-Mujadalah Ayat 11. TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 107-119.
Septianasari, H., & Yusuf, S. M. (2023). Internalisasi Peduli Sosial Melalui Program Jumat Beramal pada Siswa SMP Negeri 1 Sawoo Ponorogo. JIIPSI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(3), 155–169.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yati, R. (2015). Guru Efektif Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. Permasalahan Krisis Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Perpektif Psikologi Pendidikan, 2504, 1–9. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73
Yuliah, E. (2019). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir, 11(1), 1–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ninuk Noorhanah , Amir Gufron

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.