Implementasi Latihan Memanah Dan Berkuda Sebagai Upaya Meningkatkan Kognitif Anak Di Pusat Riadah Wadiannour
DOI:
https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2973Keywords:
Memanah,Berkuda,Perkembangan kognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami Implementasi latihan memanah dan berkuda dalam meningkatkan kognitif anak di era digital, dengan studi kasus di Pusat Riadah Wadiannour, Malaysia. . Perkembangan teknologi yang pesat menjadi tantangan bagi perkembangan kognitif anak-anak, latihan memanah dan berkuda sebagai alternatif menarik dalam perkembangan kognitif anak di era global saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan induktif, melalui wawancara mendalam dengan instruktur, orang tua, dan anak-anak, serta observasi partisipatif untuk mengamati interaksi sosial dan sikap anak-anak selama latihan . Analisis data menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan memanah dan berkuda secara rutin memberikan manfaat signifikan bagi perkembangan kognitif anak, termasuk peningkatan fokus, konsentrasi, kemampuan berpikir kritis, pengendalian emosi, dan interaksi social. Implementasi latihan yang terstruktur, variasi bentuk latihan, dan keterlibatan orang tua terbukti efektif dalam mendukung perkembangan anak. Penelitian ini menyoroti pentingnya olahraga tradisional sebagai alternatif untuk mengurangi dampak negatif penggunaan gadget berlebihan pada anak-anak. Integrasi nilai-nilai Islam dalam latihan, seperti adab dan akhlak, juga memberikan manfaat tambahan bagi perkembangan karakter anak. Temuan ini mendukung pentingnya pengalaman aktif dalam membangun pengetahuan dan pemahaman, sejalan dengan teori perkembangan kognitif Piaget. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi orang tua, guru, dan praktisi pendidikan dalam merancang program latihan yang efektif untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak di era digital.
References
Abd. Hadi, A. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Banyumas : CV.Pena Persada.
Akmal, M. (2022). Pengaruh latihan memanah terhadap konsentrasi belajar siswa di Dayah Darul Ihsan. Universitas Negri Ar-Raniry, 1-69.
As-Suyuthi, I. (2015). Berenang, Memanah Dan Berkuda. Solo: Penerbit Zam-Zam.
Desmita. (2013). Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Huda, H., Utomo, A. P., & Nursyamsiyah, S. (2023). Epistemologi sekolah muhammadiyah dalam membangun budaya islam ditengah masyarakat non-muslim. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2), 268-281.
Imran, A. W. (2023). Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dan Daya Tahan Otot Lengan Terhadap Akurasi Tembakan Pada Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Panahan Universitas Hasanuddin. Universitas Hasanuddin Makasar, 1-62.
Istiqomah, N. (2020). Pengaruh aktivitas fisik terhadap kognitif pada anak usia sekolah dasar ditinjau dengan metode narrative revie. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, 5.
Mappaseng, Irvan Setiawan. (2019). Seni Memanah. Jakarta: Republika.
Mavianti, R. H. (2020). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus : SlB ‘Aisyiyah Tembung). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 93-103.
Mei Sandi Pasaribu, Z. S. (2024). Analisis dan Strategi Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kepatuhan Peserta Didik pada Nilai-Nilai Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 4471-447.
Nabila, M. (2022). Upaya meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini melalui permainan memanah di ra awirrasyidin medan sunggal. Universitas Pembangunan Panca Budi.
Nirmalasari, I., Rofi, S., & Huda, H. (2024). Korelasi Tingkat Religiusitas Siswa dan Prokrastinasi Akademik di MBS Al Mukhtar Watukebo. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 11-11.
Oktafiranda, R. P. (2017). Teknik Dasar Olahraga Panahan. Depok : Raja Grapindo.
Pradipta, V. R. (2024). Analisis Penerapan Konsep Keselamatan Dalam Kegiatan Berkuda Di Fasilitas Kuda Kota Palembang. Universitas Sriwijaya, 1-28.
Ramdan Pelana, N. D. (2017). Teknik Dasar Olahraga Panahan. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Resty Gustiawati, R. R. (2018). Pengaruh Model Pendidikan Gerak (Movement Education) Terhadap Hasil Penilaian Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Siswa SDN Pinayungan V Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Jurnal Speed, 2(1), 44-51.
Rukin, S. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar : Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia .
Salahudin, R. (2020). Olahraga Menurut Pandangan Agama Islam. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3), 457-464.
Santrock, J. w. (2002). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Selamat Pohan, M. H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Bergambar dan Power Point Pada Mata Pelajaran Fiqih. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 779-788.
Siti Nurul Aprida, H. Y. (2022). Pandangan Guru Terhadap Program Berkuda Bagi Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5145-5153.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif . Bandung : Alfabeta.
Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suharto, I. A. S., Rofi, S., & Huda, H. (2024). Nilai Nilai Pendidikan Karakter Kh. Ahmad Dahlan dalam Mening-katkan Kecerdasan Spiritual dan Sosialsiswa Di SMK Muhammadiyah Jember. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta, 3(2), 111-116.
Syachrofi, M. (2018). Singnifikasi Hadist-hadist Memanah Dalam Tinjauan Teori Ma’na Cum Magza. Jurnal: Living Hadist, Vol.3 No.2.
Styawan, Y., Rofi, S., & Huda, H. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 15-15.
Tiffany Lim, N. A. (2023). Analisis Pengambilan Keputusan Strategis & Pemecahan Masalah di Perusahaan Perbankan. Jurnal Mirai Management, 8(2), 310 - 318.
Wilda, D. A., Nursyamsiyah, S., & Huda, H. (2024). Implementasi Metode Diskusi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fiqih. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 10-10.
Yudik prasetyo, A. N. (2018). Identifikasi Bakat Istimewa Panahan di Kabupaten Sleman. Jurnal Olahraga Prestasi, 14(2), 200.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Melandamayanti, Mavianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.