Konsep Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap Religius Murid di Tadika Suria Edukids Center

Authors

  • Finta Ananda Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Selamat Pohan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2974

Keywords:

konsep manajemen, pendidikan karakter, sikap religius.

Abstract

Perkembangan teknologi dan budaya modern seringkali membawa tantangan dalam menjaga dan membentuk karakter yang positif pada anak, termasuk dalam aspek religius. Lembaga pendidikan di tingkat anak usia dini, seperti Tadika Suria Edukids Centre, memegang peran krusial dalam memberikan pendidikan yang tidak hanya meliputi ilmu pengetahuan umum, tetapi juga mengintegrasikan nilai moral dan agama yang mampu membentuk perilaku religius. Penelitian ini membahas tentang konsep manajemen pendidikan karakter dalam membentuk sikap religius murid di Tadika Suria Edukids Centre. Tujuan penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalahnya. Adapun tujuan tersebut untuk dapat mengetahui apa saja konsep manajemen pendidikan karakter yang diterapkan, untuk dapat menegetahui faktor pendukung dari manajemen pendidikan karakter dan untuk dapat menegtahui kendala apa saja yang terjadi dalam penerapan konsep manajemen pendidikan karakter dalam membentuk sikap religius murid. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian di lapangan. Teknik yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung di lokasi penelitian yaitu, di Tadika Suria Edukids Centre Puncak Perdana, Shah Alam, Selangor, Malaysia. Wawancara juga dilakukan dengan para tenaga pendidikan terkait, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengurangan data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diterapkan dengan metode triangulasi.Konsep pendidikan karakter yang diterapkan di Tadika tersebut memiliki dampak yang signifikan dalam menanamkan nilai-nilai religius pada murid. Dengan mengintegrasikan ajaran agama ke seluruh aspek pembelajaran dan kegiatan sehari-hari, lembaga ini berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan karakter religius. Meski terdapat beberapa kendala, upaya yang dilakukan oleh lembaga untuk menanamkan nilai-nilai religius layak mendapat pengakuan dan perlu terus ditingkatkan.

References

Adnan, A. (2018). Pendekatan Sistem Dalam Pendidikan. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 3(1), 99-108.

Amiroh, H., & Ginting, N. (2023). Implementasi Nilai Karakter Dan Budaya Di Lingkungan Ma’had An-Nikmah Al-Islamiyah Phnom Penh. Journal On Teacher Education, 4(3), 330-338.

Arifin, B.S., & H.A. Rusdiana. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Arifin, Z., & Humaedah, H. (2021). Application of Theory Operant Conditioning BF Skinner's in PAI Learning: Penerapan Teori Operant Conditioning BF Skinner Dalam Pembelajaran PAI. Journal of Contemporary Islamic Education, 1(2), 101-110.

Bahtiar, A., Mukti, A., & Arsyad, J. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Alquran & Hadis di Sekolah. umsu press.

Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34-46.

Farida, I., & Kamalia, A. A. (2020). Konsep Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Di Mts Ma’arif Nu Kemiri. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 2(1), 9-19.

Handayani, P., Astaivada, T., Aisyah, N., & Anshori, M. I. (2023). Kepemimpinan transformasional. Jurnal Manajemen Kreatif dan Inovasi, 1(3), 84-101.

Huda, H., Utomo, A. P., & Nursyamsiyah, S. (2023). Epistemologi sekolah muhammadiyah dalam membangun budaya islam ditengah masyarakat non-muslim. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2), 268-281.

Jannah, R., & Tanjung, E. F. (2024). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius di MA Swasta Al-Ulum Medan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1615-1626.

Kurniawan, E. Z. (2022). Implementasi Model Manajemen Pendidikan Karakter Religius Di SD/MI Unggulan Se-Kecamatan Mungkid (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Loloagin, G., Rantung, D. A., & Naibaho, L. (2023). Implementasi pendidikan karakter Menurut Perspektif Thomas Lickona ditinjau dari peran pendidik PAK. Journal on Education, 5(3), 6012-6022.

Nasution, E. S., & Pohan, S. (2024). Strategi Dan Upaya Guru Agama Islam Dalam Membangun Akhlak Siswa: Studi Kasus SMP Muhammadiyah 3 Medan. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(4), 4607-4615.

Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826-833.

Nursyamsiyah, S., & Huda, H. (2024). Optimizing the Duties and Functions of Educators in the Islamic Education Environment from the Al-Qur'an Perspective. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 7(1), 31-44.

Pasaribu, M. (2022). [ARTIKEL HaKI] Pendidikan Karakter Menurut QS As-Syams.

Pohan, I. S., & Pd, M. (2022). Aqidah Akhlak Pada Madrasah. umsu press.

Pohan, S., Mavianti, M., Setiawan, H. R., & Marpaung, A. H. (2022). Meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan media bergambar dan power point pada mata pelajaran fiqih. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 779-788.

Prasetia, I. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Teori dan Praktik. umsu press.

Qorib, M., Zaini, M., Etika, I., & Spirit, M. (2020). Kedudukannya dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Bildung.

Selamat, S., Arifin, S., Haris, A., Qorib, M., & Pasaribu, M. (2023). Model. Pendidikan Karakter Santri di Pesantren Modern Muhammadiyah Kwala Madu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(04).

Subekhan, S., & Annisa, S. N. (2018). Eksistensi Keteladanan Pendidikan Karakter dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 34-45.

Syukri, S., Rouf, A., Wismanto, W., Amin, K., & Qanita, R. (2023). Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pekanbaru Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital. Journal on Education, 6(1), 4639-4651.

Yanto, M. (2020). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 176-183.

Published

2025-03-04

How to Cite

Ananda, F., & Pohan, S. (2025). Konsep Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap Religius Murid di Tadika Suria Edukids Center. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 8(1), 149–159. https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2974